Logitech Z906: Speaker 5.1 Channel dengan Sertifikasi THX

Produk speaker surround untuk PC sempat memuncak sekitar 10 tahun yang lalu, tapi beberapa tahun yang lalu nyaris tak terdengar. Namun hal itu tidak menyurutkan niat Logitech untuk memperkenalkan speaker 5.1 surround terbarunya, yaitu Logitech Z906.

Hadir dengan desain lebih futuristik dan pengendalian lebih mudah, Z906 dilengkapi sebuah panel navigasi dengan layar LCD LED berwarna oranye yang membuatnya mudah dibaca. Untuk urusan input,  Z906 masih tetap menggunakan 3 buah input analog dan coaxial S/PIDF, dan input S/PDIF optical cadangan dengan 2 buah konektor RCA untuk stereo. Posisi Inputnya pun juga diperbaharui, dimana lubang input kini diposisikan pada bagian belakang subwoofer.

Daya yang dihasilkan Z906 masih sama dengan seri Z-5500 yaitu sebesar 500W RMS. Hanya saja, subwoofer pada Z906 memiliki daya sebesar 165W. Ini lebih kecil dibandingkan Z-5500 dengan daya 187W, namun pada speaker satelit, dayanya ditingkatkan menjadi 67W, atau 6W lebih besar dibanding Z-5500. Untuk speaker mid, tidak ada perubahan. Sepertinya keputusan untuk mengurangi kekuatan subwoofer dan meningkatkan speaker satelitnya merupakan strategi Logitech untuk menghadirkan suara yang lebih seimbang. Dentuman bass yang berlebihan juga kurang bagus kan?

Satu set speaker Logitech Z906 5.1 ini telah mendapatkan sertifikasi THX dan dapat memproduksi suara Dolby dan DTS audio serta mendukung untuk mixing suara stereo dan surround. Harganya? Hanya sekitar US$ 399.99 dan bisa didapatkan di toko komputer terdekat.