Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Apple iPad 2: Evolusi iPad untuk Merajai Pasar Komputer Tablet

iPad 2 tampak depan

Saat Apple meluncurkan iPad, hampir seluruh pesaingnya mencemooh dengan mengatakan bahwa iPad tidak ubahnya seperti iPod Touch dengan layar besar. Namun lucunya, rata-rata vendor yang mengejek tersebut memiliki rencana untuk meluncurkan tablet buatannya sendiri. Entah ulah media atau vendor, tiap produk andalan dijuluki sebagai “pembunuh iPad”. Dari semua vendor ternama di dunia, hanya Samsung  yang berhasil mengeluarkan produknya di tahun 2010.

Nah, selagi masih banyak vendor yang masih mempersiapkan peluncuran “tablet pembunuh iPad”, tanggal 2 Maret kemarin Apple mengumumkan kemunculan iPad 2 yang akan dapat dipesan mulai 11 Maret 2011. Kini pekerjaan rumah produsen Tablet bertambah, tidak hanya merancang “pembunuh iPad” tapi juga “pembunuh iPad 2”.

Perbedaan dibandingkan iPad orisinil
Dibandingkan iPad versi awal, sebenarnya tidak banyak perbedaan yang mencolok. Bahkan di Internet telah beredar rumor mengenai kehadiran iPad 3 yang akan dilengkapi layar Retina Display. Berikut sekilas perbedaan iPad 2 dengan iPad versi orisinil.

  • Bodi iPad 2 lebih tipis 33%  menjadi hanya 8,3mm, lebih tipis dibandingkan iPhone 4 yang tebalnya 9,3mm.
  • iPad 2 juga rajin ikut gym, sehingga bobotnya kini lebih ringan 15% menjadi 601 gram (Wi-Fi) dan 613 gram (Wi-Fi + 3G).
  • Kini ada dua kamera di depan dan belakang. Kamera belakang mampu merekam video HD 720p, sementara kamera depan lebih difungsikan untuk FaceTime, aplikasi video conference Apple.
  • Ada tambahan dua software baru di paketnya: FaceTime dan PhotoBooth.
  • Prosesor dual-core Apple A5 1GHz yang diklaim dua kali lebih cepat, serta chip graphics yang baru.
  • Mendukung SmartCovers (akan dijelaskan di artikel terpisah)
  • Pilihan warna kini menjadi dua: silver dan putih
  • iOS versi 4.3.

Yang masih dipertahankan
Walaupun ada beberapa peningkatan, tapi sebagian besar spesifikasi iPad masih bisa ditemukan di iPad 2. Inilah yang membuat iPad 2 terasa hanya sebagai update.

  • Untuk pilihan kapasitas, masih terbatas pada 16, 32, dan 64GB.
  • Ukuran dan spesifikasi layar masih sama dengan iPad
  • Daya tahan baterai (untungnya) masih 10 jam, sama dengan iPad orisinil
  • Yang paling melegakan, harganya sama persis dengan Apple iPad versi orisinil. Untuk Wi-Fi, US$499, $599, $699 (16,32, 64GB), sementara versi 3G, US$629, $729, $829 (16, 32, 64GB). Ini menguntungkan bagi Anda yang belum memiliki iPad, tapi merugikan bagi para pemilik iPad yang ingin menjual iPad-nya dalam kondisi bekas.
  • Indonesia, sekali lagi, tidak termasuk dalam daftar pre-order. Tahun lalu, Indonesia baru kebagian iPad sekitar bulan Desember. Semoga kali ini lebih cepat.

Arti iPad 2 bagi dunia komputer tablet
Sekali lagi Apple membuktikan bahwa strategi mereka amat jitu. Di saat vendor lain baru saja mengeluarkan produknya yang dilengkapi prosesor dual-core, Apple juga mampu mengikutinya bahkan dengan beberapa inovasi tersendiri. SmartCover yang pintar, misalnya, sepertinya tidak pernah terpikirkan oleh vendor lain. Persaingan komputer tablet saat ini (yang didominasi sistem operasi Android) hanya terfokus pada kemampuan prosesor, kemampuan grafis, user interface, serta ukuran layar. SmartCover merupakan bukti bahwa Apple memikirkan teknologi dari sisi pengguna, bukan hanya dari sisi spesifikasi yang pada akhirnya menimbulkan masalah konsumsi baterai.

Mungkin pertanyaan yang patut dilontarkan: Mampukah pesaingnya menggulingkan sang raja Tablet dari singgasananya?

Update: harga iPad orisinil telah diturunkan ==>
16gb 3.999.000
32gb 4.999.000
64gb 5.999.000

3g 16gb 5.299.000
3g 32gb 6.299.000
3g 64gb 7.299.000

Artikel terkait

2 komentar

  1. tolong review perbandingan antara Ipad 2 and Samsung Galaxy Tab 10.1 pleaseeee

    1. @gg lombok
      Siap pak. Nunggu barangnya mendarat, tapi lum tau kapan. :D

Back to top button