Home Gadget Guide Komputer yang layak Anda beli di Tahun 2011

Komputer yang layak Anda beli di Tahun 2011

Baik, Anda sudah memutuskan untuk membeli komputer baru untuk tahun 2011. Sebelumnya, saya ucapkan selamat. Tahun 2011 adalah tahun yang tepat untuk membeli komputer. Mengapa demikian? Di tahun ini, akan bermunculan platform-platform baru dari berbagai vendor yang menawarkan kinerja dan nilai lebih tinggi daripada platform sebelumnya. Namun, lebih penting lagi, platform baru ini sangat berbeda dengan platform sebelumnya – artinya komponen platform yang lama tidak semuanya bisa dipergunakan di platform baru.

Mungkin sebagian bertanya, “Apa yang dimaksud dengan platform?” Secara singkat, yang dimaksud dengan platform di sini adalah prosesor dan motherboard. Prosesor umumnya tersambung pada motherboard dengan sebuah soket dan tiap generasi prosesor bisa saja mempunyai soket yang berbeda. Anda hanya bisa menggunakan prosesor dan motherboard dengan soket yang sama/compatible, sehingga motherboard lama dan prosesor baru sering tidak bisa digunakan bersamaan.

Desktop dan Notebook

Bagi mereka yang ingin membeli desktop atau notebook tahun ini, kami menyarankan Anda untuk menunggu hingga kuartal kedua.

Kami menyarankan Anda menahan diri dulu jika ingin membeli desktop dan notebook saat ini, terutama yang dilengkapi prosesor Intel generasi terbaru (terkenal dengan julukan Sandy Bridge). Intel telah mengeluarkan pemberitahuan bahwa terdapat masalah dengan chipset pasangan prosesor yang dapat mengakibatkan penurunan kinerja ataupun matinya kontroler hard disk di dalam chipset tersebut. Intel bersama partner-partnernya telah menarik kembali produk-produk mereka yang terkena masalah ini. Jika Anda sudah membeli salah satu produk tersebut, kontak vendor yang menyediakan komputer Anda untuk mendapat informasi lebih lanjut. Saran ini tentunya akan berubah jika Intel telah menyelesaikan masalah tersebut.

Komputer yang layak Anda beli di Tahun 2011 1
Prosesor Intel Core generasi kedua telah diluncurkan untuk desktop dan mobile.

Bila Anda tidak mengetahui apa Sandy Bridge, lebih tepat lagi apa yang ditawarkan dan manfaatnya bagi Anda, nantikan ulasan kami mengenai Sandy Bridge. Secara singkat, Sandy Bridge atau prosesor Core Intel generasi kedua menawarkan peningkatan kinerja hingga 50% lebih tinggi dibandingkan prosesor Core Intel generasi pertama dengan spesifikasi dan seri yang sebanding. Namun, bukan itu saja. Konsumsi daya yang ditawarkan juga lebih kecil. Intel secara serentak meluncurkan keluarga prosesor terbaru ini untuk desktop dan mobile. Sayang sekali, karena masalah dengan duet chip prosesor ini, Anda baru bisa mendapatkan komputer desktop/notebook yang sudah diperbaiki di kuartal kedua tahun ini. Jadi sabar ya…

Ultraportable

Mungkin Anda saat ini lebih mencari komputer desktop/notebook kedua yang murah meriah, tetapi berkinerja cukup tinggi untuk bermain game dan menonton video high definition 720p dan 1080p dari Youtube.

Komputer yang layak Anda beli di Tahun 2011 2
Sony VAIO YB Series dengan APU Athlon E-350 menjanjikan daya tahan baterai sampai 6 jam

Bila itu kebutuhan Anda, komputer dengan prosesor keluarga APU terbaru dari AMD baru saja diluncurkan. Platform yang dinamakan Brazos ini memang khusus ditujukan untuk kebutuhan-kebutuhan seperti di atas. Berbagai vendor besar seperti Acer, HP, Lenovo, Samsung, Sony dan Toshiba sudah mengeluarkan komputer ultraportable terbaru menggunakan platform ini.

Brazos menawarkan kinerja lebih tinggi dari netbook dengan prosesor Intel Atom dan lebih dari setara dengan prosesor CULV berkat integrasi GPU ke dalam prosesor. Ini juga bukan GPU biasa, tetapi GPU generasi terbaru AMD – Radeon HD 6310 dan HD 6250 – yang mendukung penuh DirectX 11 dan hardware video decoder untuk H.264, VC1 dan DivX/XviD (intinya, semua video dengan codec yang banyak digunakan saat ini).

Selain itu, Brazos menawarkan konsumsi daya lebih hemat daripada Intel Atom generasi terbaru (dengan code name Pinetrail). Jadi, Anda tidak hanya bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan bermain game, tetapi juga bekerja dan bermain lebih lama. Penjelasan mengenai Brazos menyusul.

RAM/Memori

Pilihlah spesifikasi yang menawarkan RAM/memori dengan kapasitas paling tidak 2 GB. Bila Anda memiliki sedikit dana tambahan, pertimbangkan 4 GB. Sebagian besar komputer dengan Brazos tidak menyertakan graphics card dengan memori tambahan, jadi sebagian memori utama Anda akan dipakai untuk graphics card.

Dengan memori di atas 2 GB, komputer Anda masih mempunyai memori cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi lainnya dengan nyaman. Jangan khawatir dengan kinerja graphics Sandy Bridge dan Brazos. Graphics chip yang terintegrasi ke dalam kedua prosesor ini benar-benar sudah cukup untuk Windows Vista dan 7, bahkan dapat dipergunakan untuk bermain game seperti COD: Modern Warfare dan Battlefield: Bad Company hingga 1024×768 dengan detil rendah.

Jika Anda melakukan pekerjaan meng-edit file-file multimedia seperti photo di Photoshop dan video di Premiere, sebaiknya Anda mempertimbangkan menggunakan memori lebih besar dari 4 GB. Bila Anda memilih langkah tersebut, pastikan Anda sudah menggunakan Windows Vista atau 7 versi 64 bit dan versi 64 bit aplikasi-aplikasi tersebut. Bila Anda masih menggunakan Windows versi 32 bit, tidak ada manfaat signifikan menggunakan memori lebih dari 4 GB.

Network

Paling tidak sebagian dari Anda akan menghubungkan komputer yang Anda akan beli ke jaringan di rumah, kantor ataupun hotspot WiFi di berbagai tempat lainnya. Agar Anda tidak perlu lagi membeli peralatan tambahan, pastikan wireless network adapter yang disertakan telah mendukung standar 802.11n. Anda masih dapat tersambung ke jaringan-jaringan 802.11b/a/g yang sudah ada dan dapat memanfaatkan bandwidth tambahan yang tersedia di jaringan 802.11n.

Komputer yang layak Anda beli di Tahun 2011 3
Carilah logo ini di perangkat networking yang telah mendukung protokol WiFi 802.11n.

Tentunya, kami juga merekomendasikan Anda menggunakan router/switch yang sudah mendukung jaringan 802.11n untuk wireless atau 1 GB Ethernet untuk jaringan kabel.

Untuk mereka yang banyak menyimpan data di server atau NAS, kecepatan dan bandwith 802.11n memungkinkan Anda menyelesaikan transfer data lebih cepat dengan router/switch 802.11n. Jadi, Anda bisa menghemat ruang di hard disk dan menyimpan data langsung dari server atau NAS. Hal yang sama akan sangat berguna bila Anda menggunakan Windows Home Server untuk melakukan backup harian komputer-komputer yang tersambung di jaringan rumah.

Hard disk

Baik untuk desktop maupun notebook, hard disk single platter dengan kecepatan 7200 rpm sudah mencukupi. Single platter artinya hard disk ini hanya menggunakan satu piringan magnetic disk untuk menyimpan data. Umumnya, hard disk single platter adalah hard disk dengan kapasitas terkecil dari satu seri/keluarga. Walau lebih kecil, hard disk single platter mempunyai kelebihan lain seperti lebih dingin, lebih sunyi dan sedikit lebih cepat daripada hard disk serupa dengan beberapa platter.

Komputer yang layak Anda beli di Tahun 2011 4
Hard drive 3,5 inci seperti Seagate Barracuda ST3500641AS-RK ini mempunyai satu platter untuk menyimpan data.

Hard disk 3,5 inci generasi terbaru mempunyai kapasitas 500 GB per platter. Untuk hard disk 2,5 inci yang banyak digunakan di notebook, generasi terbaru mempunyai kapasitas 300 GB per platter. Bila Anda tidak yakin hard disk yang Anda akan beli single platter atau bukan, tanyakan pada toko tempat Anda membeli hard disk atau cek ke website vendor Anda di internet.

Bila Anda berencana menggunakan hard disk untuk NAS dan mesin Windows Home Server, sebaiknya gunakan hard disk 3,5 inci dengan kapasitas besar (seperti 2 TB). Kami belum menyarankan kapasitas di atas 2 TB karena tidak semua komputer dan NAS dapat menggunakan hard disk di atas 2 TB. Lagipula, bila membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Anda masih dapat menggabungkan 2 atau lebih hard disk.

Dengan rekomendasi di atas, kami yakin komputer baru Anda akan bertahan, setidaknya untuk 1 hingga 2 tahun mendatang jika tidak ada perubahan kebutuhan. Melihat rencana peluncuran produk baru dari berbagai vendor, platform yang baru, baik untuk desktop maupun notebook, tidak akan keluar hingga akhir tahun ini. Selamat belanja!!

Single Post Template 36 – Entertainment 5
Arnawa Widagda
Arnawa Widagda sudah cukup lama menjadi penulis maupun reviewer di Indonesia. Penggemar game first person shooter, yang menurutnya tetap merupakan keunggulan PC dibandingkan console, menghabiskan sebagian besar waktunya mengutak-atik hardware maupun software PC. Selain untuk Yangcanggih.com, dia juga menulis untuk berbagai media, baik dalam maupun luar negeri.