Quantcast
News

Sony Indonesia Gelar Workshop dan Seminar Digital Video Making

Pada tanggal 27 Januari 2011 kemarin, Sony Indonesia menggelar workshop dan seminar sehari ‘Digital Video Making: Creative Idea Creative Digital’ di Komunitas Salihara, Pasar Minggu. Acara ini ditujukan bagi mereka yang ingin mendalami teknik pembuatan film, termasuk sutradara dan juru kamera pemula. Workshop dan seminar berisi dua sesi, membahas tip-tip praktis yang akan membekali pengetahuan tentang cara membuat film dari para profesional di bidang perfilman yakni Garin Nugroho dan German Mintapraja. Selain itu, aktris cantik Agni Pratistha yang juga menyandang Putri Indonesia pada tahun 2006 turut menghadiri acara ini.

Pada sesi pertama, sutradara kenamaan Indonesia yang telah meraih berbagai penghargaan internasional Garin Nugroho, berbagi pengalaman tentang ide kreatif, mulai dari cara mendapatkan, menata dan mewujudkan ide, menyusun sinopsis hingga mewujudkannya dalam film.

Membuat film yang baik dan menarik juga tidak lepas dari penguasaan teknik pengambilan gambar. Hal ini akan dibahas pada sesi kedua dengan pembicara German Mintapraja, seorang pekerja film yang telah lama malang melintang di dunia perfilman. Kali ini German Mintapraja akan menyampaikan tips-tips teknis pengambilan gambar menggunakan camcorder. Teknologi digital imagin terkini bisa digunakan oleh para pembuat film dan juru kamera pemula untuk dapat menghasilkan film yang artistik.

“Dalam satu dekade terakhir, industri perfilman Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa. Banyak film nasional yang menjadi blockbuster di pasar domestik sekaligus meraih penghargaan internasional. Selain itu, media sosial yang menampilkan video terus bertambah dan mempunyai kekuatan amplifikasi yang luar biasa. Hal ini mendorong berkembangnya keinginan masyarakat untuk menekuni profesi sebagai pembuat film. Dengan teknologi digital imaging yang terus dikembangkan Sony bisa memfasilitasi minat masyarakat menjadi film maker berkualitas, bahkan untuk skala pemula dan amatir,” sambut Presiden Direktur Sony Indonesia Mr. Satoru Arai. Selain di Jakarta, Sony Indonesia juga akan menggelar workshop dan seminar yang sama di Surabaya pada hari Jum’at ptanggal 28 Januari, menghadirkan Monty Tiwa dan German Mintapraja sebagai pembicara.

Bersamaan dengan seminar dan workshop ini, Sony juga memperkenalkan camcorder canggih terbarunya yang ditujukan untuk para filmmaker pemula dan sineas muda dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Sony DCR-SD1000.

Back to top button