[CES 2011] Mobion Fuel Cell Generator: Charger Portable yang Belum Reliable

MTI MicroFuel Cells Inc. atau disebut juga dengan MTI Micro adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang solusi tenaga seluler. Perusahaan ini menciptakan sebuah produk charger portable yang disebut Mobion Fuel Cell Generator. Apa yang menarik dari produk ini? Tentu saja, kemampuannya untuk mencas telpon seluler kemanapun Anda pergi tanpa menggunakan stop kontak. Mobion Fuel Cell Generator menggunakan cairan kimia pada Fuel Cell untuk menghasilkan energi. Satu fuel cell engine dapat menghasilkan 1 watt, sementara ponsel seperti iPhone membutuhkan 2,5 watt untuk dicas. Hal tersebut membuatnya mustahil untuk mencas langsung dari generator. Oleh karena itu, Mobion memiliki baterai internal sebagai buffer atau penampungan energi yang dihasilkan oleh generator. Dengan kata lain Mobion tidak dapat langsung mencas ponsel Anda dari generator fuel cell-nya, namun ponsel Anda akan dicas dari baterai internalnya.

Generator engine-nya menghasilkan suara yang terdengar menganggu terutama bila digunakan pada malam hari yang sunyi dan ketika sudah selesai mencas atau tidak ada yang dicas lagi, engine-nya tidak mau berhenti sendiri dan akan tetap terus membakar bahan bakarnya. Hal tersebut merupakan ‘bug’ yang cukup serius.

Mobion Fuel Cell generator didesain hanya untuk pengujian lapangan dan generatornya masih berupa prototype. Produk ini masih butuh banyak perbaikan dan belum layak untuk digunakan oleh konsumen secara umum. Namun terlepas dari kekurangannya, teknologi dari MTI Micro ini akan mengubah cara kita mencas perangkat seluler kita, dan kita dapat menggunakan ponsel dengan lebih nyaman tanpa perlu cemas tidak menemukan stop kontak.

Verified by MonsterInsights