[CES 2011] Samsung Sliding PC 7: Tablet Hybrid dengan Sistem Operasi Windows

Kebanyakan komputer tablet yang diumumkan CES 2011 memang mengandalkan sistem operasi Android. Lain halnya dengan Samsung Sliding PC 7 berikut. Komputer tablet ini menjalankan  sistem operasi Microsoft Windows 7 Home Premium. Desainnya juga berbeda dengan kebanyakan tablet yang hanya menyediakan layar sentuh sebagai interface utama.Sekilas Samsung Sliding PC ini terlihat seperti sebuah tablet biasa, namun Anda bisa menggeser layarnya untuk menggunakan keyboard fisik layaknya pada netbook. Jadi, jika butuh  mengetik teks atau email yang panjang, Anda tinggal menggeser keyboardnya keluar dan mengetik seperti layaknya di laptop biasa.

Inovasi desain ini sepertinya patut diacungi jempol karena akan sangat membantu pengguna yang ragu menggunakan komputer yang sepenuhnya berbasis layar sentuh. Mengingat Windows 7 tidak dirancang untuk interface layar sentuh, Samsung memberikan Touch Launcher, interface yang dioptimalkan khusus untuk layar sentuh.

Spesifikasi yang disajikan adalah prosesor Intel Atom Z670 1,66Ghz, RAM 2GB DDR2, SSD drive 32Gb atau 64Gb, dan layar 10 inci dengan resolusi 1366×768, serta dengan konektivitas 3G dan WiMax. Prosesor Atom Z Series memang dirancang untuk hemat daya, jadi meskipun performa 7 akan sedikit di bawah netbook berbasis Atom dual-core atau seri non Z, baterainya mampu bertahan sampai 9 jam.

Samsung Sliding PC 7 akan tersedia mulai bulan Maret 2011 di Amerika Serikat dengan harga US$699. Harga yang cukup menarik, apalagi mengingat desain dan tambahan layar sentuhnya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Belum ada informasi kapan Sliding 7 tersedia di Indonesia, tapi semoga saja tidak lama lagi.

Verified by MonsterInsights