Benchmark Ponsel Android Anda dengan Quadrant

svg%3EUkur kemampuan ponsel Anda dengan aplikasi Quadrant dari pengembang Aurora Softworks. Quadrant memiliki tiga versi yang berbeda Standard, Advanced, dan professional. Quadrant Standard merupakan versi yang gratis, dan yang kedua lainnya merupakan versi berbayar. Aplikasi ini dapat mengukur seberapa cepat ponsel Android Anda dalam melakukan dan menangani komputasi yang dibebankan oleh Quadrant Standar dari proses kalkulasi aritmatika untuk prosesor sampai kemampuan penanganan grafis baik 2 dimensi atau 3 dimensi. Semua proses evaluasi kemampuan akan bermuara kepada sebuah nilai akhir yang berkisar ratusan hingga ribuan tergantung dari kemampuan hardware ponsel Anda.

Pada menu utama aplikasi Quadrant Standard, terdapat lima pilihan yang terdiri:

1. Run full benchmark
Pada pilihan ini, Quadrant Standar akan menjalankan prosedur benchmark yang terdiri dari lima tahap secara otomatis. CPU, Memory, I/O (input/output), 2d graphics, dan 3d graphics.

Setelah kelima prosedur ini telah dijalankan Anda akan diberikan konfirmasi untuk mengirim hasil benchmark ke database server Quadrant, lalu Anda akan memperoleh hasil benchmark yang berupa diagram yang membandingkan ponsel Anda dengan ponsel Android pada umumnya.

2. Run custom benchmark
Pada pilihan ini, Anda dapat melakukan prosedur benchmark secara manual yang berarti Anda dapat memilih prosedur benchmark apa yang ingin Anda jalankan pada ponsel Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa pilihan ini hanya tersedia untuk Quadrant versi Advanced dan Professional, pilihan ini tidak tersedia untuk versi Quadrant Standard.

svg%3E

3. Result browser
Anda dapat mencari nilai-nilai yang diperoleh Quadrant untuk ponsel Android pada umumnya. Produsen yang tersedia di daftar saat ini adalah HTC, Motorola, Samsung, dan Sony Ericsson.

4. System information
Disini Anda dapat mengetahui detil informasi tentang ponsel Anda, dari firmware Android Anda sampai spesifikasi Hardware Anda.

5. About
Informasi tentang versi Quadrant dan tautan (link) yang berkaitan dengan aplikasi Quadrant.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil akhir dari nilainya adalah, tentu saja spesifikasi hardware dan versi firmware Android yang digunakan pada ponsel Anda. Semakin baik spesifikasi hardware Anda, semakin baik pula kemampuan komputasinya, dan semakin baru versi firmware Anda semakin responsif pula pengoperasian data pada ponsel Anda. Keduanya akan mempengaruhi nilai yang akan Anda peroleh. Namun nilai akhir yang diperoleh bukanlah merupakan nilai yang bersifat absolut, namun nilai tersebut dapat dijadikan standar patokan untuk membandingkan ponsel Anda dengan ponsel lain atau sekedar membandingkan peningkatan performa setelah mengupgrade firmware Android Anda dengan yang sebelumnya. Quadrant Standard dapat Anda peroleh dari Google Market secara gratis.

Verified by MonsterInsights