Winamp for Android: Pemutar Musik Populer di Windows Menginvasi Android

Sebagai pengguna sistem operasi Windows, sudah pasti mengenal aplikasi pemutar musik yang satu ini. Bisa dikatakan hampir semua pengguna windows pernah menggunakan atau menjadikan Winamp sebagai aplikasi pemutar musik utama mereka. Popularitas Winamp berkembang karena kemampuannya yang sangat baik, dukungan untuk hampir semua format musik digital dari .mp3 sampai .ogg, dan dukungan addon third-party yang membuat aplikasi ini menjadi lebih baik lagi. Dan bahkan winamp pun merambah menjadi aplikasi pemutar video walaupun tidak sepopuler VLC atau Media Player Classic.

Kini Winamp melebarkan sayapnya ke sistem operasi Android. Aplikasi Winamp for Android memiliki user interface yang intuitif. Warna yang disajikan pada user interface-nya didominasi dengan abu-abu yang terlihat menarik dan elegan. Tim pengembang berusaha untuk menawarkan hampir semua fitur yang bisa Anda dapatkan di versi PC-nya dan menambahkan fitur-fitur yang sekiranya bermanfaat untuk para pengguna ponsel Android. Fitur-fitur apa saja yang ditawarkan di Winamp for Android beta (0.9.2) ini?

  • Wireless Desktop Sync
    Sinkronisasi desktop secara nirkabel. Dengan fitur ini Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel untuk melakukan sinkronisasi, cukup aktifkan sinkronisasi Wi-Fi dan playlist Anda akan tersinkronisasi secara nirkabel.
  • SHOUTcast Radio
    Tingkatkan pengalaman Anda dalam mendengarkan music diluar koleksi musik Anda. Anda dapat mencari dan memutar stasiun radio internet yang berjumlah lebih dari 40.000.
  • Android Widget Players & Shortcuts
    Sekarang disamping widget standar, ada sebuah tambahan widget baru yaitu widget yang berukuran lebih kecil (4×1). Anda juga dapat menambahkan playlist favorit Anda di layar home Screen Android Anda, dan Anda juga bisa mengatur playback dari lock-screen.
  • Now Playing
    Menampilkan informasi sebuah lagu, album art dan banyak lagi. Tekan dan tahan song info untuk berinteraksi dengan aplikasi lain seperti Pandora, YouTube, dan Amazon MP3 Stire (anda juga harus menginstal aplikasi-aplikasi ini sebelumnya). Dapatkan informasi seperti biografi artis, foto-foto, dan yang lainnya dengan menekan icon info.
  • Persistent Player Controls
    Interface yang intuitif, anda dapat dengan cepat melakukan pause, mengganti track, mengatur play queue, dan melihat lagu apa yang sedang diputar dan mengakses layar Home di Winamp.
  • Play Queue Management
    Play queue adalah sebuah urutan track sementara yang memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan mudah lagu apa yang akan diputar selanjutnya, anda dapat mengatur dan mengubah urutan track pada queue Anda. Dan Anda dapat menyimpannya sebagai playlist apabila Anda menyukai daftar lagu ini.
  • Scrobbling
    Mendukung scrobbling dengan aplikasi Last.fm yang sudah terinstal pada ponsel Android Anda. Fitur ini akan mencatat history semua lagu yang pernah Anda dengarkan.

Tentunya kita berharap Winamp for Android bisa sebaik versi Windowsnya, namun saat ini Winamp for Android masih dalam kondisi beta sehingga masih banyak yang harus diperbaiki dan tentunya versi finalnya akan lebih baik. Anda dapat mendownload Winamp for Android di Google Market dengan gratis.

Verified by MonsterInsights