Quantcast

Review LG X Power

Di tahun 2016 ini, LG terlihat cukup agresif untuk bisa bersaing di ranah smartphone Android di Indonesia. Cukup banyak produk terbaru yang dirilis oleh LG, termasuk yang paling anyar dengan spesifikasi papan atas, yakni V20.

Namun kali ini, kami akan membahas smartphone LG lainnya yang mengandalkan baterai besar sebagai nilai jual utamanya. Ya, apalagi kalau bukan LG X Power. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Desain ramping, dibekali Quick Cover

Smartphone dengan baterai besar biasanya identik dengan desain yang bongsor atau tebal. Untungnya tidak semuanya demikian, dan LG X Power termasuk yang tidak. Desain smartphone ini tetap ramping dan secara keseluruhan bisa dibilang cukup cantik dengan sudut-sudut yang ergonomis.

Ketika digenggam, LG X Power cukup pas di tangan orang dewasa serta mudah dioperasikan dengan satu tangan. Smartphone ini memang lumayan tipis. Ketebalannya hanya 7,9mm dengan berat 139 gram yang menurut kami tergolong ringan untuk sebuah smartphone dengan baterai besar.

Frame dari LG X Power memiliki sentuhan seperti logam yang menawan. Back cover-nya tidak bisa dilepas karena mengusung konsep unibody. Perlu diketahui bahwa LG X Power tidak memiliki softkey di bawah layar. Fungsi Back maupun Home bisa diakses langsung dari tombol virtual di layar.

Yang menarik, dalam paket penjualannya LG menyediakan casing tambahan yang disebut Quick Cover Case. Casing ini memiliki bidang transparan untuk memudahkan memantau berbagai notifikasi, status daya baterai, jam, serta menerima dan menolak panggilan tanpa harus membuka cover.

Ketika Quick Cover Case terpasang, LG X Power masih terlihat ramping dan tetap nyaman dioperasikan. Anda bisa melipat bagian penutupnya hingga ke belakang dengan mudah sehingga tidak mengganggu jika ingin menggenggam dengan satu tangan.

Layar cukup untuk sehari-hari

LG X Power hadir dengan layar IPS berukuran 5,3 inci dengan resolusi HD (720 x 1280 pixel). Tidak ada yang spesial dari layar ini, namun sudah mencukupi untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Tampilannya lumayan tajam dan jernih dengan warna yang enak dipandang. Selain itu, layar LG X Power pun terasa responsif menanggapi sentuhan. Sayangnya, layar tersebut masih dikelilingi bezel berwarna hitam yang untungnya tidak terlalu lebar sehingga tidak terlalu mengganggu.

Untuk digunakan di bawah sinar matahari, LG X Power terasa kurang terang dan agak sulit untuk membaca tulisan di layar. Meski begitu, LG tak lupa membenamkan ambient light sensor untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis. Layarnya sendiri memang masih terasa reflektif di luar ruangan, tapi belum dalam taraf yang menjengkelkan.

Beralih ke audio, LG X Power nampaknya tidak menjadikan sektor ini sebagai andalannya. Bukan berarti buruk, tapi memang tidak ada fitur yang dikedepankan. Kualitas suara dari speaker-nya sendiri cukup jernih dan lumayan untuk mendengarkan musik atau menonton video.

LG UX 5.0, sederhana dengan fitur yang berguna

Soal sistem operasi, LG X Power mengusung Android 6.0 Marshmallow yang ditambahkan dengan user interface terbaru, LG UX 5.0. Hadir tanpa app drawer, UI ini terlihat sederhana namun tetap menarik dan cukup kaya fitur yang berguna.

Sebut saja fitur semacam quick note yang memudahkan Anda untuk mencorat-coret layar dan menyimpannya sebagai catatan atau sekadar media untuk menyalurkan ide. Selain itu, tombol-tombol virtual di bawah layar juga bisa digonta-ganti, misalnya menambahkan tombol notifikasi dan tombol capture. Total Anda bisa memasang hingga 5 tombol virtual sekaligus. Anda juga bisa mengakses beberapa aplikasi langsung dari halaman lock screen.

Seperti disebutkan di atas, ketika Quick Cover terpasang Anda bisa melihat banyak informasi langsung dari bidang transparannya. Contohnya jam dan tanggal, cuaca, notifikasi, dan yang lainnya. Bahkan, Anda bisa langsung mengangkat panggilan telepon dan menghentikan alarm dari Quick Cover.

Satu-satunya kekurangan yang kami temukan adalah soal sistem keamanan. LG X Power tidak memiliki sensor sidik jari yang belakangan ini sudah menjadi fitur standar untuk smartphone seharga 2 jutaan.

Kamera standar

Sebagai smartphone dengan banderol 2 jutaan rupiah, tak heran jika LG X Power tidak dibekali kamera papan atas. Akan tetapi dengan bekal sensor 13 megapixel di belakang lengkap dengan dukungan autofocus dan lampu flash serta 5 megapixel di depan, kami merasa apa yang ditawarkan sudah mencukupi.

UI kameranya tergolong sederhana. Tak banyak yang disediakan dari segi pengaturan maupun fitur-fitur pendukung lainnya. Meski begitu, Anda akan menemukan beragam Film Effect (filter film) yang cukup menarik untuk menciptakan foto yang kreatif. Ada pula Auto Shot untuk memudahkan selfie dengan memanfaatkan teknologi pengenalan wajah.

Soal hasil fotonya, di kondisi pemotretan dengan cahaya terang seperti outdoor pada siang hari, LG X Power tergolong standar di kelasnya. Tidak ada yang spesial, tapi masih mencukupi untuk mengabadikan momen sehari-hari. Ketajaman dan reproduksi warnanya terbilang lumayan. Hasil kamera selfie-nya pun tidak mengecewakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa foto yang kami tangkap menggunakan kamera belakang dan depan dari LG X Power. Hasil yang lebih lengkap juga bisa dilihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

LG X Power Camera Test (3)

LG X Power Camera Test (2)

LG X Power Camera Test (11)

Performa biasa saja

LG X Power dipersenjatai SoC MediaTek MT6735 Quad-core berkecepatan 1.3 GHz dengan dukungan RAM 2 GB. Tentunya akan lebih menarik jika RAM dinaikkan menjadi 3 GB. Sementara memori internalnya berkapasitas 16 GB dan bisa diperluas lewat microSD hingga 2 TB.Secara performa, LG X Power memang kurang bertenaga khususnya jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya di range harga yang sama. Contoh, Redmi Note 3 dengan Snapdragon 650.

Untuk kebutuhan standar seperti browsing, chatting, media sosial, menonton video, dan aplikasi lainnya termasuk game ringan, LG X Power masih bisa diandalkan. Untuk game 3D yang berat pun masih lumayan, walaupun pastinya bukan yang paling mulus.

Masih penasaran dengan performa dari LG X Power? Berikut kami sajikan hasil pengujian dari beberapa aplikasi benchmark:

Baterai memuaskan

Mengusung nama Power dengan menjadikan baterai sebagai penawaran utama, tak heran jika smartphone ini sukses tampil memuaskan di sektor tersebut. Berbekal baterai 4100 mAh, LG X Power terbilang memiliki penyokong daya yang memuaskan.

Untuk pemakaian standar LG X Power bisa menemani aktivitas Anda hingga seharian penuh, atau bahkan, sampai sehari setelahnya (tergantung gaya pemakaian). Hasil pengujian menggunakan PC Mark (battery test) pun menunjukkan angka yang mantap!

Yang lebih menarik, LG tak lupa membenamkan fitur Quick Charge 2.0 agar Anda tidak terlalu lama menunggu baterai penuh saat mengisi ulang daya. Ketika baterai kurang dari 10 persen, untuk mengisi hingga penuh hanya memakan waktu sekitar 2 jam.

Kesimpulan

Bermain di kelas menengah dengan memasang harga di 2 jutaan rupiah, LG X Power adalah penantang serius untuk rival-rivalnya di range yang sama. Apa yang ditawarkan smartphone ini jelas terbukti, baterai! Kategori yang banyak dicari oleh pengguna yang super mobile dan membutuhkan baterai yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas seharian.

Menariknya, dengan baterai 4100 mAh LG tetap bisa mengemas X Power dengan cantik. Anda yang tidak suka smartphone tebal dan berat bisa menjadikan LG X Power sebagai target belanja. Apalagi, LG memberikan paket penjualan yang cukup komplit termasuk Quick Cover yang menurut kami menggiurkan.

Dijual seharga Rp2.599.000, LG X Power cocok bagi Anda yang tidak mau repot membawa power bank dan mencari sumber listrik ketika bepergian, namun tetap mengharapkan smartphone dengan desain yang ramping dan bobot yang ringan.

Yang Canggih:

+ Baterai 4100 mAh yang memuaskan
+ Quick Charge 2.0 cukup cepat mengisi daya
+ Desain tetap ramping dan ringan
+ LG UX 5.0 menawarkan fitur-fitur menarik
+ Bonus Quick Cover yang berguna
+ Harga tergolong kompetitif

Yang Kurang:

– Tanpa sensor sidik jari
– Layar kurang terang untuk digunakan di bawah sinar matahari

Spesifikasi LG X Power
Prosesor Quad core 1.3 GHz
Layar IPS 5,3 inci HD
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang 13 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai 4100 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.2, A-GPS, GLONASS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, microUSB
OS Android 6.0 Marshmallow
Fitur Quick Charge 2.0
Dimensi 148.9 x 74.9 x 7.9 mm (berat 139 gram)
LG X Power
Mengedepankan baterai 4100 mAh sebagai nilai jual utama, LG X Power adalah pilihan yang menarik untuk Anda yang juga menginginkan desain ramping dan ringan

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: