Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Windows Phone

HelpBridge Disaster Relief: Aplikasi Darurat Saat Terjadi Bencana

Jika Anda pengguna BlackBerry yang berdomisili di Jabodetabek, pasti baru-baru ini sering mendapatkan Broadcast Message atau BM terkait banjir Jakarta. Nah, sebenarnya ada aplikasi yang dirancang khusus di saat terjadinya bencana.

HelpBridge

Pengguna BlackBerry di Jakarta dan sekitarnya memang cukup tinggi, sehingga BM mungkin dapat berfungsi dengan cukup baik sebagai media penerus informasi. Namun tentu saja, kita tak boleh melupakan pengguna smartphone berbasis OS lain, seperti Android, iOS dan Windows Phone misalnya. Karena itu menarik untuk mengetahui lebih lanjut aplikasi besutan Microsoft berikut ini.

HelpBridge Disaster Relief didesain untuk 2 keadaan penggunanya, yakni membutuhkan pertolongan atau ingin memberikan bantuan. Pada kondisi yang pertama, Anda tinggal masuk ke HelpBridge, pilih opsi I Need Help, lalu masukkan pesan darurat Anda. Setelah itu, kirimkan dan pesan Anda akan langsung disalurkan lewat tiga media sekaligus: SMS, surel (email) dan Facebook.

Sementara jika Anda ingin memberikan bantuan atas bencana yang terjadi, Anda bisa masuk ke opsi Give Help, dan di sana Anda bisa memilih opsi bagaimana Anda ingin terlibat – apakah dengan menyumbang via PayPal, donasi barang, atau bahkan menjadi sukarelawan langsung di daerah bencana terdekat dengan lokasi Anda. Sayangnya, kompabilitas aplikasi ini untuk smartphone maupun tablet Android masih sangat terbatas.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa kunjungi laman ini atau saksikan video berikut.

Back to top button