Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[MWC 2015] Samsung GALAXY S6 & S6 edge: Smartphone Super dalam Balutan Kaca dan Logam

Di tengah sengitnya persaingan, pabrikan smartphone dituntut untuk menghadirkan inovasi yang canggih namun tetap relevan bagi para penggunanya. Setelah melewati tahun 2014 yang cukup berat, Samsung kembali bangkit dengan memperkenalkan dua ponsel canggih terbarunya untuk tahun 2015.

Samsung Galaxy S6 edge_Black Sapphire

Samsung GALAXY S6 & S6 Edge
Sama seperti Galaxy Note 4, Samsung langsung mengeluarkan dua versi sekaligus yaitu Galaxy S6 dengan layar normal dan Galaxy S6 edge yang memiliki tambahan layar melengkung di samping. Berbeda dengan Galaxy Note Edge, layar melengkung Galaxy S6 Edge ada di kedua sisi bodi.

Dari sisi peningkatan teknologi, Galaxy S6 dan S6 Edge jauh lebih canggih dibandingkan pendahulunya, Galaxy S5. Inilah ponsel pertama di dunia dengan prosesor yang dibuat dengan arsitektur 14nm. Selain amat cepat, prosesor ini juga diklaim lebih irit daya. Inovasi lainnya dapat dilihat di sektor memori internal. Samsung Galaxy S6 & S6 Edge juga menjadi ponsel pertama yang dibekali flash memory UFS 2.0.

Sekilas, tidak banyak yang berubah dari spesifikasi kameranya. Kedua ponsel ini akan mengusung kamera utama 16 megapixel dan kamera depan 5 megapixel. Di ajang Samsung Galaxy Unpacked 2015, Samsung membandingkan hasil foto kamera depan S6 dengan kamera depan Apple iPhone 6 Plus. Pada demo dari Samsung tersebut, hasil foto maupun video dari kamera Samsung Galaxy S6 terlihat lebih terang dan jelas pada kondisi minim cahaya.

Samsung Galaxy S6 edge_Gold Platinum_Art

Anda juga dapat memotret dengan lebih cepat. Caranya cukup klik dua kali pada tombol Home dan aplikasi kamera akan muncul. Tombol Home ini juga dapat mengenali sidik jari saat Anda menyentuh tombolnya selama beberapa waktu.

Kualitas layar juga tidak luput dari perbaikan. Dua ponsel ini menggunakan layar Super AMOLED 5,1 inci QHD yang memiliki kerapatan pixel hingga 577 ppi dan tingkat kecerahan 600cd/mm. Ini berarti tampilannya akan tajam dan jelas di segala kondisi, bahkan di bawah pancaran sinar matahari terik sekalipun.

Konsep desain baru
Perubahan paling kentara terletak pada desain. Dengan menganut desain unibody, keduanya kini tidak dilengkapi slot microSD dan baterai yang dapat dipertukarkan. Namun Samsung telah memberikan alternatif solusi dengan menyediakan kapasitas memori yang lebih besar (mulai 32GB, 64GB hingga 128GB) serta waktu pengisian baterai yang jauh lebih singkat. Samsung mengklaim 10 menit pengisian akan membuatnya dapat dipakai hingga 4 jam untuk penggunaan normal. Pengisian baterai sendiri juga dapat dilakukan tanpa menghubungkan kabel ke Galaxy S6 yang telah dilengkapi teknologi wireless charging di dalamnya.

Samsung Galaxy S6 edge

Kekuatan juga menjadi prioritas dengan dibenamkannya Gorilla Glass 4 ke dalam Samsung GALAXY S6 dan S6 Edge. Lapisan kaca yang baru ini diklaim lebih kuat hingga 50% dibandingkan versi terdahulu. Namun, ada satu fitur yang tidak dipertahankan dari versi terdahulu. Tidak seperti Galaxy S5, Samsung Galaxy S6 tidak memiliki ketahanan terhadap air. Jadi jaga baik-baik ya nanti…

Telah diinformasikan juga bahwa Samsung Galaxy S6 dan S6 edge akan tersedia mulai 20 April 2015 di beberapa negara. Walaupun tidak disebutkan secara spesifik, tapi sepertinya Indonesia akan menjadi salah satu negara yang diperhatikan Samsung. Untuk harga, dengan kurs dollar yang cukup tinggi, saya prediksi harga Galaxy S6 akan ada di kisaran 8,5 juta rupiah.

[table]Spesifikasi;GALAXY S6;GALAXY S6 edge
Prosesor;Exynos Octa 7420 (Quad 2,1GHz + Quad 1,5GHz);Exynos Octa 7420 (Quad 2,1GHz + Quad 1,5GHz)
RAM;3GB LPDDR4;3GB LPDDR4
Memori internal; 32/64/128GB (UFS 2.0); 32/64/128GB (UFS 2.0)
Layar;Super AMOLED 5,1 inci Quad HD (2560 x 1440 pixel, 557 ppi);Super AMOLED 5,1 inci Quad HD (2560 x 1440 pixel, 557 ppi) Dual edge
OS;Android 5.0 Lollipop;Android 5.0 Lollipop
Kamera; Belakang 16 megapixel (sensor ISOCELL) dengan O.I.S, Depan 5 megapixel;Belakang 16 megapixel (sensor ISOCELL) dengan O.I.S, Depan 5 megapixel
Fitur Kamera;”Quick Launch, Tracking AF, Auto Real-time HDR(Depan & Belakang), Low Light Video (Depan & Belakang), High Clear Zoom, IR Detect White Balance, Virtual Shot, Slow Motion, Fast Motion, Pro Mode, Selective Focus”;”Quick Launch, Tracking AF, Auto Real-time HDR(Depan & Belakang), Low Light Video (Depan & Belakang), High Clear Zoom, IR Detect White Balance, Virtual Shot, Slow Motion, Fast Motion, Pro Mode, Selective Focus”
Konektivitas; Wi-Fi, Bluetooth 4.1, USB, NFC, infrared;Wi-Fi, Bluetooth 4.1, USB, NFC, infrared
Baterai;2550mAh;2600mAh
Dimensi;143.4 x 70.5 x 6.8mm;142.1 x 70.1 x 7.0mm
Bobot;138 gram; 132 gram
[/table]

4 komentar

  1. Samsung selalu memberikan specs yang spektakuler. Dimulai dari S4, S5 sampai sekarang S6. Mudah2an semua specs yang ditawarkan dapat berfungsi dengan baik. Bukan hanya memberi faktor “Wow” saja. Desain depan mewah. Tapi desain belakang tampak seadanya dengan kamera besar yang menonjol. Desain sisi2nya terlalu mirip dengan Iphone.

  2. ane tertarik yg s6 edge. designnya beda dari hp2 yg skarang ada :D emang sih agak kecewa fitur microsd dihilangin :p smoga pas muncul di Indo harganya “masuk akal”.hhe

  3. Dibandingkan iPhone 6 yang manis/feminin (sehingga cocok buat perempuan), desain Galaxy S6 terkesan lebih jantan. Mungkin Samsung sengaja merancangnya khusus untuk pria.

    1. @yeddy
      tergantung warna sih bro. yang hijau dan putih lebih cocok buat wanita IMHO

Back to top button