Quantcast
Mobile GadgetNewsWearable

[MWC 2015] Vive & Grip, Dua Perangkat Wearable Pertama dari HTC

Walaupun agak terlambat jika dibandingkan pabrikan lain, HTC mengeluarkan dua perangkat wearable dengan dua konsep yang berbeda. Jika VIVE merupakan headset VR (Virtual Reality), maka Re Grip adalah gelang kebugaran untuk memantau aktivitas fisik penggunanya.

HTC Vive

htc re vive headset

Bekerjasama dengan Valve, HTC menghadirkan Vive yang akan tersedia terbatas untuk para developer game mulai pertengahan tahun ini. Vive Developer Edition menggunakan dua tampilan beresolusi 1200 x 1080 pixel dengan refresh rate 90 frame per detik. HTC mengklaim bahwa tingkat kedipan yang tinggi ini membuat Vive mampu menampilkan adegan bergerak dengan lebih halus.

Dua tampilan ini akan dapat menampilkan sudut pandang hingga 360 derajat. Jadi Anda serasa masuk ke dunia maya yang dapat dijelajahi dari berbagai sudut. Bahkan Anda juga dapat berinteraksi dengan obyek yang ada. Untuk menjelajah dunia maya tersebut, Anda dapat menggunakan HTC VR Controller.

Agar dapat melacak pergerakan kepala, Vive menggunakan sensor gyrosensor, accelerometer, dan laser. Akurasinya cukup mengagumkan, yakni mencapai 1/10 derajat.

HTC Vive_White_678x452

Selain untuk game, Vive juga dioptimalkan untuk menonton film dan keperluan lainnya. Ini terlihat dari kemitraan yang dijalin dengan HBO, Lionsgate, dan Google.

HTC Grip

htc re grip

Menjalin kerjasama dengan Under Armor, produsen aksesori dan baju untuk atlet, HTC meluncurkan Grip. Gelang canggih ini cukup identik dengan gelang kebugaran lain seperti Microsoft Band. Namun HTC menyatakan bahwa Grip akan lebih ideal bagi para olahragawan seperti pelatih atletik dan sebagainya.

Di dalam Grip, HTC telah memasukkan fungsi pelacak GPS dan pemantau detak jantung berbasis Bluetooth. Baterai 100mAh Grip juga daapt bertahan hingga 2,5 hari. Gelang ini juga mendukung aplikasi Under Armor Record dan aplikasi fitness lainnya.

htc re grip wrist

Di luar fitur kebugarannya, Grip juga dapat digunakan sebagai shutter kamera jarak jauh, pengendali musik, pemantau poala tidur, serta kompatibel dengan aplikasi untuk wearable yang sudah ada. Nantinya Grip akan dapat digunakan untuk iOS dan Android.

HTC mematok harga USD$199 atau sekitar 2,6 juta rupiah untuk Grip yang akan segera dipasarkan.

Back to top button