Quantcast
Home GadgetNewsVisual

Coocaa Luncurkan Coolita OS, Sistem Operasi yang Ringan untuk TV Pintar

Coocaa hari ini, Rabu (1/9), mengumumkan kehadiran sistem operasi pertamanya yang dikembangkan sendiri, yaitu Coolita OS. Menjanjikan pengalaman penggunaan yang lebih ringan dan lancar, sistem operasi tersebut ditujukan untuk perangkat Smart TV alias TV pintar.

Lite Web OS dari Linux kernel

Coocaa Coolita OS

Menurut Coocaa, Coolita OS merupakan lite Web OS yang diciptakan dari Linux kernel. Konsep desainnya disebut “Cool & Clear” dengan menyajikan tampilan antarmuka yang sederhana dan pastinya mudah untuk digunakan.

Kehadiran Coolita OS sendiri dilandasi oleh tiga tantangan utama yang biasa dihadapi para pengguna Smart TV, antara lain kurangnya ruang memori TV karena ukuran OS itu sendiri, sistem yang sering macet atau tidak responsif, dan tampilan antarmuka yang rumit. Coolita OS mencoba memberikan solusi dari masalah tersebut.

Pada versi pertamanya, Coolita OS 1.0, sistem operasi ini menawarkan berbagai pilihan hiburan dan aplikasi, termasuk YouTube. Ada pula CC Plus, platform streaming terintegrasi yang didukung oleh Coolita OS dan menawarkan berbagai konten baik global maupun lokal.

“Sistem operasi baru yang revolusioner ini merupakan hasil dari pemahaman mendalam kami mengenai kebutuhan konsumen yang terus berkembang ditambah dengan keahlian teknik dari tim kami dan dedikasi kuat untuk membuat pengalaman smart TV yang dapat diakses dengan mudah untuk semua orang,” kata Raul Hua General Manager of Coolita Global Business Department.

Yang lebih menarik, dengan CC Cast eksklusif pengguna dapat memproyeksikan konten dari perangkat Android ke layar TV tanpa koneksi Internet atau Wi-Fi. Caranya dengan menghubungkan ke jaringan area lokal (LAN) dari TV. Banyak juga pilihan hiburan lain termasuk lite cloud games yang sudah terpasang di dalamnya, browser Internet, app store, dan sebagainya.

Selain itu Coolita OS juga memiliki fitur Data Saver yang menyediakan pengingat data real-time untuk membantu pengguna dalam mengelola penggunaan data mereka dengan mudah. Terakhir ada Mode Proteksi Mata untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman dengan tampilan low-blue-light.

Coocaa S3U: TV pertama dengan Coolita OS

coocaa S3U

Sebagai TV pertama yang mengadopsi Coolita OS 1.0, Coocaa S3U dilengkapi dengan layar Direct View LED (DLED) berukuran 32 inch 1366×768 piksel. Ada lima mode gambar yang dapat dipilih mulai dari Standard, Vivid, Game, Movie, dan Sports. Audionya didukung dua speaker 10W, teknologi Coocaa Sound AES (Audio Enhanced Surround), serta efek Dolby Audio.

Mulai hari ini, coocaa S3U tersedia di JD.ID, Lazada, dan Shopee dengan harga hanya Rp2.099.000. Sebagai bentuk apresiasi atas dukungan konsumen selama ini, Coocaa membuka program penjualan perdana khusus di JD.ID pada tanggal 9 – 11 September 2021. Selama program ini, konsumen bisa mendapatkan coocaa S3U dengan harga diskon Rp2.049.000.

Back to top button