Quantcast
AIEnterpriseKomputerMade for BusinessNewsProduct NewsStorage

Western Digital Luncurkan SSD dan HDD Kelas Enterprise untuk Keperluan AI

Western Digital memperkenalkan Siklus Data AI, yakni kerangka enam tahap yang dapat mendefinisikan gabungan kapasitas beban kerja AI berskala besar secara optimal. Kerangka ini akan membantu pengguna dalam merencanakan dan membangun infrastruktur penyimpanan canggih, guna memaksimalkan investasi AI, meningkatkan efisiensi, dan menurunkan total cost of ownership atau TCO dalam pengoperasian AI.

WDC Siklus Data AI

Kali ini, Western Digital meluncurkan SSD PCIe® Gen5 baru dengan kinerja dan performa mutakhir, untuk mendukung AI training dan inference; SSD berkapasitas 64TB* untuk AI Data Lake berkecepatan tinggi; dan HDD ePMR, UltraSMR 32TB* dengan kapasitas terbesar di dunia untuk penyimpanan berskala besar dan hemat biaya.

“Kerangka Siklus Data AI baru ini akan membantu konsumen untuk membangun infrastruktur penyimpanan yang akan berdampak pada performa, skalabilitas, serta pengoperasian AI,” jelas Rob Soderbery, Executive Vice President and General Manager Western Digital Flash Business Unit.

Solusi Penyimpanan Enterprise AI

Ultrastar DC SN861 SSD adalah solusi PCle Gen 5.0 kelas enterprise pertama dari Western Digital yang dilengkapi dengan kemampuan random read dan efisiensi daya terbaik untuk beban kerja AI. Hadir dalam kapasitas hingga 16TB, SSD ini dapat memberikan performa random read tiga kali lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan latensi yang sangat rendah dan tingkat respons luar biasa untuk training dan inference Large Language Model (LLM), serta penerapan layanan AI. SSD ini juga dilengkapi dengan low power profile yang menghasilkan IOPS/Watt yang lebih tinggi, sehingga akan menekan TCO secara keseluruhan.

WDC Lini Produk AI

Lalu ada Western Digital Ultrastar DC SN581 yang dirancang untuk beban kerja kritis serta memiliki dukungan untuk NVMe® 2.0 dan OCP 2.0, 1 dan 3 DWPD. Produk ini punya masa garansi terbatas selama 5 tahun. Ultrastar DC SN861 saat ini tengah memasuki masa sampling. Versi U.2 akan sampling bulan ini dan akan memulai pengiriman pada paruh kedua di 2024.

Western Digital juga menghadirkan lini SSD kelas Enterprise, Ultrastar DC SN655 yang dirancang untuk penggunaan penyimpanan dengan intensitas tinggi. Varian U.3 SSD akan hadir dengan kapasitas hingga 6TB untuk mendukung kinerja dan kapasitas yang dibutuhkan dalam proses Data Preparation, serta Data Lake yang lebih cepat dan luas. Saat ini, varian DCSN655 tengah memasuki masa sampling.

Ultrastar DCHC690 High-Capacity UltraSMR HDD dirancang untuk mengelola penyimpanan data hyperscale untuk pusat data cloud dan enterprise. Perangkat ini akan berperan penting dalam pengoperasian AI yang membutuhkan penyimpanan berskala besar dan TCO yang rendah. Perangkat 32TB ini dirancang berdasarkan kesuksesan generasi sebelumnya, menghadirkan kapasitas terbesar dengan kualifikasi dan integrasi mulus untuk penerapan AI yang cepat, sembari mempertahankan keandalan dan reliabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Siklus Data AI dan portfolio penyimpanan Western Digital untuk AI, silakan kunjungi Penyimpanan Data untuk AI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button