Quantcast
AIKomputerLaptop

[Computex 2024] Umumkan “The PC Reborn”, Qualcomm Memperkenalkan Snapdragon X Series dan Copilot+ PC

Pada acara Computex 2024, Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, mengungkapkan apa yang dapat diharapkan oleh konsumen dan perusahaan dalam hal produktivitas, kreativitas, dan hiburan dari kategori PC baru, yaitu Copilot+ PCs, yang saat ini hanya didukung oleh Platform Snapdragon® X Elite dan Snapdragon® X Plus.

“Copilot+ PC yang didukung Snapdragon X Elite adalah PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat berkat AI yang terintegrasi ke seluruh sistem, dan dapat memberikan daya tahan baterai sampai berhari-hari,” ujar Amon.

Qualcomm Perkenalkan The PC Reborn di Computex 2024 2

NPU di Snapdragon X Series

Satu hal yang menjadi andalan Snapdragon X Series adalah kemampuan NPU yang menjadi alasan mengapa kinerja performa PC yang didukung Snapdragon X Series lebih unggul dan membuat pengalaman Copilot+ menjadi kenyataan. Dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, kinerja dapat meningkat secara signifikan dan menghasilkan penghematan daya yang sangat besar.

Menurut Amon, Qualcomm Technologies mampu mengembalikan performa terunggul ke ekosistem PC Windows dengan NPU yang memberikan kinerja NPU tertinggi per watt untuk laptop, hingga 2,6x dibandingkan M3 dan hingga 5,4x dibandingkan Core Ultra 7. Berkat CPU Qualcomm Oryon™, Snapdragon X Elite saat ini mampu memberikan kemampuan CPU hingga 51% lebih cepat pada daya ISO dan mampu menyamai performa puncak dari CPU PC pesaing dengan daya 65% lebih rendah.

Tak hanya membahas hardware, Amon juga menunjukkan alat pengembangan untuk pembuatan aplikasi AI generasi berikutnya yaitu Qualcomm® AI Hub. Alat ini memungkinkan para developer menerapkan model AI hanya dalam waktu 5 menit pada perangkat yang didukung oleh platform Snapdragon, baik itu model AI milik mereka sendiri maupun koleksi model AI yang sudah dioptimalkan dan siap pakai dari Qualcomm Technologies yang terus berkembang. Juga ada Snapdragon® Dev Kit for Windows terbaru menyediakan platform hardware yang ideal bagi para developer dengan kecepatan chipset Snapdragon X Elite yang ditingkatkan serta form factor populer yang dapat ditumpuk.

Rekanan Snapdragon juga menyambut hangat pengumumkan tersebut dan akan menawarkan portofolio PC AI berbasis Snapdragon. Misalnya, HP telah menyiapkan HP Elitebook Ultra dan OmniBook X sebagai PC AI andalannya. Demikian juga Lenovo dengan Lenovo ThinkPad T14s Gen 6 dan Yoga Slim 7x Copilot+ PC, dan ASUS dengan Vivobook S 15. Acer juga tidak ketinggalan dengan meluncurkan Acer Swift 14 AI. Bahkan Samsung juga telah menyiapkan Galaxy Book Edge untuk memberikan pengalaman Galaxy AI dan Snapdragon X Elite yang menyenangkan.

Nantikan ulasan PC AI berbasis Qualcomm Snapdragon X Series di yangcanggih.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button