Quantcast
AplikasiAksesoris GadgetAndroidiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetTips

Tips : Cara Mudah Backup Data dari Hape dengan Sandisk Extreme Portable SSD

Dengan makin banyaknya data digital yang dimiliki tiap orang, backup atau pencadangan data di smartphone menjadi masalah yang serius. Selain solusi backup berbasis Cloud, Anda juga bisa melakukan backup dengan cara yang lebih terkendali yaitu dengan menggunakan media penyimpanan seperti SSD eksternal.

Jika dulu Anda harus memindahkan data dari hape ke komputer untuk melakukan pencadangan data, kini tidak lagi. Sandisk telah menyediakan solusi gratis dalam bentuk aplikasi SanDisk Memory Zone untuk Android.

sandisk extreme portable ssd backup memory zone app

Backup data untuk Android

Dengan aplikasi Memory Zone, Anda bisa melakukan backup dan restore. Jadi misalnya ingin memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru, Anda bisa melakukannya dengan lebih cepat dibandingkan transfer melalui Wi-Fi.

Aplikasi ini juga membantu membersihkan koleksi media dari chat Whatsapp yang jika tidak diatur akan memenuhi memori internal ponsel.

Backup data untuk iPhone

Pengguna iPhone bisa melakukan pencadangan data langsung dari aplikasi Files, dengan syarat SSD yang digunakan harus kompatibel. Bahkan tidak cuma backup, Anda juga bisa merekam video langsung ke SSD sehingga tidak membuat memori internal iPhone cepat penuh.

Saat artikel ini ditulis, ada SSD eksternal yang didukung untuk backup data dari iPhone 15 yaitu SanDisk Extreme Portable SSD. SSD eksternal dengan ukuran mungil ini hadir hingga kapasitas 4TB. Dengan kompatibilitas yang terjamin dan konektivitas USB 3.2, transfer data akan bisa dilakukan dengan cepat dan aman.

Cara pakainya juga amat mudah. Anda tinggal menghubungkan SSD eksternal ke hape melalui koneksi USB C yang ada. Lalu jalankan aplikasi yang sesuai. Selain untuk hape, SanDisk Extreme Portable SSD juga bisa digunakan untuk mencadangkan data dari komputer Windows maupun Mac.

sandisk extreme portable ssd 1tb

SanDisk Extreme Portable SSD ini juga punya ukuran mungil, sehingga bisa diselipkan di saku baju atau celana jeans. SSD eksternal ini sudah tersedia resmi dengan harga 1,4 juta rupiah untuk 500GB, 1,8 juta untuk kapasitas 1TB dan 3,2 juta rupiah untuk kapaitas 2TB. Semua produk ini mendapatkan garansi hingga 5 tahun dari SanDisk Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button