Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengintip Proses Pengujian OPPO A60, Smartphone Tangguh dengan Standar Militer

OPPO Indonesia meluncurkan smartphone terbarunya di keluarga A Series, yaitu OPPO A60. Satu hal yang membedakan produk kali ini dengan sebelumnya adalah sertifikasi standar militer, yang menandakan bodinya kuat dan tahan banting.

Yang menarik, OPPO Indonesia mengundang YANGCANGGIH.com dan beberapa awak media lainnya untuk berkunjung ke pabrik mereka di Tangerang, agar bisa melihat langsung seperti apa proses pengujian A60 untuk memastikan ketangguhannya.

Bodi tangguh berstandar militer

OPPO A60

OPPO A60 merupakan smartphone yang memiliki rating Militer Shock Resistance MIL-STD 810H. Artinya, perangkat ini mampu menahan berbagai benturan dan guncangan, serta memastikannya tetap aman bahkan dalam kondisi ekstrem. Cocok untuk pengguna yang sering beraktivitas di luar ruangan dan rentan terhadap kecelakaan.

Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut tentu tidak sembarang. A60 telah melalui beragam pengujian untuk menjamin konstruksinya kuat ketika terjatuh dari ketinggian tertentu, dan semua fitur pada ponsel masih tetap berfungsi normal.

OPPO A60 Uji Standar Militer 4
Uji banting 10 cm

OPPO menetapkan standar yang ketat dalam pengujian A60, antara lain uji getaran ekstrem dalam tiga dimensi (X, Y, Z), tes guncang sejauh 5.000 kilometer di dalam mobil bergelombang, sampai tes jatuh 26 kali dari ketinggian 1,22 meter di berbagai posisi.

OPPO A60 Uji Standar Militer 5
Uji banting dari ketinggian 1 meter

Dalam kunjungan YANGCANGGIH.com ke pabrik OPPO, kami diberi kesempatan untuk melihat proses pengujian seperti uji banting 10 cm yang dilakukan sebanyak 7.000 kali, dan uji banting 1 meter yang ketika ponsel selesai dijatuhkan, karyawan lab OPPO akan memeriksa apakah semua fungsinya masih berjalan normal.

OPPO A60 Uji Standar Militer 6
Uji suhu ekstrem

Ada pula pengujian bernama Rumble Test. Ditempatkan dalam semacam kotak yang diputar, pengujian ini bertujuan untuk membuat smartphone mengalami benturan dari berbagai sisi. Tidak ketinggalan tes debu, memastikan OPPO A60 tahan terhadap debu berukuran kecil dari segala arah.

OPPO A60 Uji Standar Militer 1
Tes debu

Yang tidak kalah menarik, OPPO juga mengajak awak media untuk melakukan tantangan berupa membelah buah durian menggunakan OPPO A60. Tentu games seru ini sekaligus ingin membuktikan kekuatan bodinya.

OPPO A60 belah durian

Desain tipis dan ramping

Meski dirancang sebagai smartphone tangguh yang tahan banting, A60 tetap tampil dengan desain modern layaknya smartphone pada umumnya. Artinya tidak dibuat bulky atau ditambahkan banyak material seperti rubber sebagai pelindung.

OPPO A60 Uji Standar Militer 3

Tercatat, ketebalan smartphone ini hanya 7,68mm saja dengan bobot sekitar 186 gram. Selain itu, pilihan warnanya juga kekinian yaitu Biru Ombak dan Ungu Malam.

Spesifikasi dan harga OPPO A60

OPPO A60 dipersenjatai chipset Snapdragon 680. Layarnya berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 90Hz. Untuk foto dan video, terdapat kamera utama 50 MP di belakang serta kamera 8 MP di depan. Smartphone ini punya baterai 5.000 mAh dan didukung pengisian daya 45W SUPERVOOC.

Bagi yang berminat, OPPO A60 dijual dengan harga mulai dari Rp2.599.000 untuk varian 8/128 GB mulai tanggal 17 Mei 2024 di Shopee. Konsumen OPPO A60 akan mendapatkan keuntungan eksklusif berupa gratis membership Vidio selama 1 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button