Quantcast
KomputerGPULaptopNewsPC DesktopProduct News

Nvidia Dukung Implementasi AI Lewat Premium AI PC dengan Kartu Grafis RTX 40 Series

Nvidia memperkenalkan solusi Premium AI PC. Ini adalah solusi dari Nvidia untuk mendukung implementasi AI, khususnya AI Generatif yang terus berkembang dan diminati di seluruh dunia.

Nvidia Dukung Implementasi AI Lewat Premium AI PC

Premium AI PC

Dengan hadirnya teknologi AI saat ini dunia PC tengah mengalami transisi. Sebelumnya PC terbagi menjadi dua jenis yakni Basic PC dan PC Gaming & Kreator.

Basic PC adalah jenis PC yang lebih terjangkau dari sisi harga untuk menyelesaikan pekerjaan harian. Kemudian, PC Gaming & Kreator adalah jenis PC paling kencang dalam 10 tahun terakhir.

Nvidia Dukung Implementasi AI Lewat Premium AI PC 3

Nah, menyambut era AI mulai hari ini dan ke depan PC akan terbagi menjadi dua kategori yakni Basic AI PC dan Premium AI PC. Kedua jenis PC ini sama-sama bisa mendukung teknologi AI. Bedanya hanya di performa saja.

Basic AI PC adalah jenis PC yang sudah menggunakan kartu grafis terintegrasi dan NPU terintegrasi dengan performa TOPS sebesar 45. Sementara, Premium AI PC adalah jenis PC yang sudah memakai kartu grafis diskrit dengan TOPS minimum 100.

Kartu grafis Nvidia RTX untuk Premium AI PC

Bukan tanpa alasan Nvidia memperkenalkan solusi Premium AI PC. Pasalnya, Nvidia menjadi pabrikan pertama di tahun 2018 lalu yang merilis kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080. Kartu grafis ini adalah yang pertama mendukung implementasi AI di PC.

Nvidia Dukung Implementasi AI Lewat Premium AI PC

NVIDIA RTX GPU memiliki kemampuan untuk menjalankan beragam aplikasi pada level performa yang tinggi. Dengan begitu akan mampu mengoptimalkan potensi dari generative AI yang tertanam di PC. Tensor Core pada perangkat GPU ini secara luar biasa mampu meningkatkan performa kecepatan AI di berbagai aplikasi yang membutuhkan spesfikasi tinggi untuk bekerja dan bermain.

Lewat solusi premium AI PC dengan kartu grafis Nvidia RTX ini pengguna kedepannya bisa memanfaatkan teknologi AI generatif yang dikembangkan Nvidia. Di antaranya:

  • Nvidia RTX Remix: platform ini bisa mengolah game klasik berbasis RTX. Mengandalkan tools generative Ai RTX Remix bisa memodernisasi tekstur dasar gim klasik, dengan resolusi 4k, menggunakan materi rendering.
  • Nvidia Ace: layanan mikro yang meliputi generative AI yang mendukung model percakapan dan animasi, yang memungkinkan developer menambahkan avatar digital yang cerdas dan dinamis ke dalam game.
  • TensorRT: Mampu mendongkrak kecepatan Stable Diffusion XL (SDXL) Turbo dan model berlatensi konsisten, dua metode popular untuk mengakselerasi Stable Diffusion. TensorRT meningkatkan performa bagi kedua metode tersebut hingga 60% dibandingkan posisi sebelumnya. Versi pembaruan dari ekstensi Stable Diffusion WebUI TensorRT telah tersedia, termasuk percepatan untuk SDXL, SDXL Turbo, LCM – LoRA dan memperkuat dukungan bagi LoRA.
  • Nvidia DLSS 3: Memanfaatkan AI untuk meningkatkan frame rate pada game hingga 4x dibandingkan waktu rendering pada umumnya. DLSS3 akan hadir pada 12 dari 14 judul game baru yang didukung RTX, seperti Horizon Forbidden West, Pax Dei, dan Dragon’s Dogma 2.
  • ChatRTX: memudahkan pegiat AI menghubungkan LLM pada PC ke data pribadi mereka menggunakan teknik terkenal di dunia AI, yakni retrieval-augmented generation (RAG). ChatRTX memungkinkan pengguna untuk cepat berinteraksi dengan catatan pribadi, dokumen kerja, dan konten pribadi lainnya. Selain itu, ChatRTX juga dapat digunakan sebagai referensi terbuka bagi suatu project, sehingga developer dapat dengan mudah mengimplementasikan kapabilitas tersebut di dalam aplikasi mereka sendiri.

Ketersediaan Premium AI PC

Untuk merasakan pengalaman AI generatif terbaik saat ini di pasaran sudah tersedia rangkaian Premium AI PC seperti laptop dan PC desktop dari beberapa pabrikan dan PC builder dengan kartu grafis Nvidia RTX 40 Series yang mendukung AI Generatif. Harga jualnya untuk laptop mulai dari 13 Jutaan Rupiah dengan RTX 4050.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button