Quantcast
KomputerLaptopNewsPC DesktopProduct News

AMD Ryzen Pro 8000 Series: Prosesor dengan Dukungan AI untuk Desktop dan Laptop

AMD mengumumkan kehadiran seri prosesor terbarunya yang diberi nama AMD Ryzen Pro 8000 Series. Satu hal yang menarik dari prosesor untuk dekstop dan laptop ini adalah keberadaan built-in NPU yang mendukung akselerasi AI.

Fitur AMD Ryzen Pro 8000 Series

AMD Ryzen Pro 8000

Ryzen Pro 8000 Series tersedia untuk desktop, sementara Ryzen Pro 8040 untuk mobile alias laptop. Nama Pro di sini menawarkan banyak peningkatan dibanding prosesor sebelumnya, terutama untuk penggunaan profesional misalnya enkripsi dengan Microsoft Pluton, dukungan ECC yang lebih baik, Secure Encrypted Virtualization, dan sebagainya.

Selain itu, Ryzen Pro 8000 Series menghadirkan hingga 39 TOPS untuk AI processing power di dekstop, dan hingga 16 TOPS di laptop. Angka tersebut dapat disajikan dengan TDP yang rendah mulai dari 45 hingga 65W.

Ryzen Pro 8000 Series menggunakan TSMC 4nm, sehingga diklaim lebih efisien dibanding Ryzen 7000 Series yang memakai 5nm. Prosesor ini mengandalkan CPU Zen 4 dan RDNA 3 graphics. Namun perlu diketahui, tidak semuanya memiliki fitur Ryzen AI, khususnya pada seri bawah.

Keberadaan built-in NPU pada chip ini akan memudahkan pengguna dalam berbagai tugas berbasis AI, mulai dari meringkas email dan menyusun tanggapan terhadap email tersebut, dukungan voice assistant, sampai menyempurnakaan foto dan video.

Ryzen Pro 8000

Seri tertingginya adalah Ryzen 9 Pro 8945HS dengan 8-core 16-thread, kecepatan hingga 5.2 GHz (boost clock) atau 4 GHz (Base Clock) total cache 24MB. Varian ini sudah dibekali Ryzen AI. Sementara yang terendah, Ryzen 3 Pro 8300GE dengan 4-core 8-thread belum ada dukungan NPU.

Jadwal rilis AMD Ryzen Pro 8000 Series

AMD Ryzen Pro 8000 Series dijadwalkan akan meluncur ke pasaran mulai kuartal kedua 2024. Brand ternama seperti HP, Lenovo, dan yang lainnya sudah siap membenamkan prosesor ini pada produk garapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button