Quantcast
Kelebihan KekuranganMobile GadgetNewsSmartphone

Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS Sense8

Pada awal tahun 2024 lalu, Sharp AQUOS Sense8 resmi meluncur di Indonesia. Smartphone ini mengedepankan bodi yang ramping, ringan, dan tangguh sebagai nilai jual utamanya. Cocok untuk pengguna yang menginginkan perangkat ringkas untuk menemani aktivitas outdoor.

Nah, jika Anda berminat meminang AQUOS Sense8 dalam waktu dekat, ada baiknya menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Sharp AQUOS Sense8

1. Bodi ramping dan tergolong paling ringan di kelasnya

Sharp AQUOS Sense8

Dimensinya ramping karena layarnya memang hanya 6,1 inci saja. Kalau dibandingkan, ponsel ini lebih kecil dari kebanyakan Android di segmen harga setara. Mengoperasikan AQUOS Sense8 dengan satu tangan terasa nyaman dan menyenangkan. Ketebalannya pun pas, dengan bobot ringan yang hanya 159 gram saja, menjadikannya ideal dimasukkan ke saku celana.

2. Tangguh dengan standar militer

Sharp AQUOS Sense8 IP rating test
Uji ketahanan air

Di balik desainnya yang ramping, AQUOS Sense8 telah mendapatkan sertifikasi berstandar militer MIL-STD-810H. Tidak masalah jika terjatuh dari ketinggian sekitar 1 meter. Materialnya juga mampu menahan tekanan dengan berat hingga 6 kilogram! Selain bodinya kuat, smartphone ini juga didesain tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

3. Layar IGZO OLED yang sedap dipandang

Sharp AQUOS Sense8 menggunakan layar IGZO OLED berukuran 6,1 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Kualitas layarnya amat baik, meski dari segi refresh rate belum setinggi ponsel lainnya.

4. Kinerja mulus

AQUOS Sense8 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1. Lumayan kencang dan membuat smartphone terasa amat responsif.

5. UI bersih, mirip Android murni

Sharp AQUOS Sense8 mengadopsi OS Android 13 dengan antarmuka murni bawaan Google. Di satu sisi terasa lebih bersih dan minim bloatware, namun di sisi lain juga tidak banyak dibekali fitur-fitur ekstra yang bermanfaat untuk pemakaian harian.

6. Kamera oke untuk pemotretan di kondisi cahaya ideal

Sharp AQUOS Sense8 dipersenjatai kamera utama 50 MP lengkap dengan OIS dan ditemani kamera ultrawide 8 MP. Untuk selfie, ada kamera 8 MP di depan. Foto yang diberikan oleh kamera utama pada dasarnya cukup baik. Kamera menangkap dan menyajikan apa yang dilihat oleh lensa, sehingga gambar yang Anda dapat lebih natural.

240315161526765

240315161725104

Portrait (3)

7. Paket penjualan lengkap

Anda akan mendapatkan softcase, charger, dan headset

Kekurangan Sharp AQUOS Sense8

1. Bezel layar tebal dan masih berponi

Perlu diketahui pula bahwa layar ini datang dengan bezel yang agak lebar dan masih menggunakan poni bergaya tetesan air, alias belum punch hole. Terasa kurang modern.

Sharp AQUOS Sense8 2 1

2. Performa belum sekencang pesaingnya di harga setara

Kalau diadu dengan chipset pada ponsel pesaing di harga setara, performa Snapdragon 6 Gen 1 AQUOS Sense8 masih ketinggalan cukup jauh.

3. Kecepatan pengisian daya masih tertinggal dari brand lain

Butuh waktu lebih dari 2 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen, dari kondisi di bawah 10 persen. Jelas tidak sekencang sebagian besar pesaingnya.

4. Tidak ada lensa tele

Ketiadaan kamera telefoto bisa menjadi deal breaker bagi calon konsumen, mengingat fitur ini mulai banyak dicari oleh pengguna di segmen menengah.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Sharp AQUOS Sense8. Bagi yang berminat, smartphone ini dijual dengan harga Rp5.999.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button