Quantcast
Camera RoomMobile GadgetNewsSmartphoneTips

Tips : Cara Memotret Low-Light dengan Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Kondisi minim cahaya atau low light tidak lagi menjadi halangan saat Anda ingin mengabadikan momen liburan atau merekam pagelaran budaya yang unik saat sedang liburan. Dibekali Samsung Galaxy S24 Ultra, kami mengabadikan beragam momen menarik saat menonton Kecak dan Fire Dance di Ubud.

Kondisi lokasi pagelaran termasuk gelap dengan penerangan yang cukup minim untuk sebuah tempat terbuka yang bisa menampung ratusan penonton. Untungnya, Samsung Galaxy S24 Ultra telah dilengkapi kamera telephoto dengan jangkauan zoom 3x dan 5x optikal yang ternyata bisa diandalkan di malam hari. Berikut beberapa hasil foto tanpa penyuntingan yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy S24 Ultra.

20240304_192124

20240304_191352

edited

Semua foto ini bisa diabadikan dengan mudah menggunakan kamera S24 Ultra dan beragam fitur andalannya seperti AI Nightography Zoom serta Pro Mode. Berikut tips dari kami untuk menghasilkan foto malam hari dengan mudah menggunakan kamera Samsung Galaxy S24 Ultra.

1. Manfaatkan zoom jika posisi kurang ideal

Seringkali saat menonton pagelaran yang ramai penonton, posisi kita bisa jadi kurang ideal. Bisa saja kepala atau tangan penonton lain bocor masuk ke dalam frame kita. Guna mengatasi hal itu, gunakan zoom 3x dan zoom 5x S24 Ultra untuk menciptakan foto malam hari yang menawan. Jika diperlukan, zoom 10x S24 Ultra juga mampu menghasilkan foto yang baik selama tangan Anda stabil.

2. Gunakan Pro Mode dan Expert RAW

Samsung Galaxy S24 Series memiliki Pro Mode. Dengan Pro Mode, Anda bisa mengatur setting kamera saat menjepret sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa mengaktifkan perekaman dalam format RAW agar foto bisa lebih mudah disunting dengan aplikasi photo editor.

Untuk foto dengan noise gambar yang minim, atur ISO serendah mungkin. Untuk membekukan aksi atau menghasilkan foto yang tajam bebas kabur, atur kecepatan rana minimum 1/60 detik (walaupun ini berarti ISO akan naik mengingat kondisi cahaya yang gelap).

3. Perhatikan pencahayaan di sekitar

Walaupun cenderung gelap, ada pencahayaan api di sekeliling arena pagelaran tari Kecak yang memberikan kesan mistis. Anda bisa menangkap momen ini seperti foto berikut.

zoom 3x

Jika cahaya api terlihat dominan dan membuat foto terlalu terang, Anda bisa mengatur exposure dengan menggeser slider di bawah kotak exposure ke arah kiri dan kanan. Seperti di foto ini, Anda bisa melihat tekstur unik dari api yang menyala. Jika diatur terlalu terang, maka api ini akan berubah menjadi gumpalan cahaya terang yang tidak berbentuk.

4. Ambil gambar sebanyak-banyaknya

Untuk aksi yang cepat, Anda bisa menekan tombol shutter atau tombol jepret agar S24 Ultra merekam banyak foto sekaligus. Tidak perlu takut kehabisan memori internal mengingat S24 Ultra tersedia dalam pilihan kapasitas 1TB yang mampu memuat banyak sekali foto.

Banyak momen memorable saat traveling terjadi pada malam hari yang biasanya kurang ideal kondisi cahayanya. Seperti saat kita melihat pertunjukan budaya, festival lampion, kemping di pegunungan, atau menikmati gemerlap kehidupan malam di destinasi yang kita datangi. Momen-momen malam hari tersebut bisa menjadi obyek yang menarik untuk konten sinematik. Dengan kemampuan Nightography Galaxy S24 Series, konten low light bisa tertangkap dengan jernih dan lebih epic, Anda juga bisa memaksimalkan permainan cahaya seperti contoh yang diberikan di atas. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button