Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Sharp AQUOS R8s Pro

Sharp AQUOS R8s Pro
7.4

Sharp terus berupaya untuk menggaet hati para pengguna smartphone di Indonesia. Kalau untuk kategori TV dan Home Appliances, jangan ditanya. Sharp sudah berada di jajaran terpopuler. Tapi untuk smartphone, harus diakui Sharp masih butuh usaha ekstra.

Lalu, langkah apa yang dilakukan Sharp untuk mengangkat namanya di ranah smartphone Tanah Air? Brand asal Jepang ini cukup rajin meluncurkan produk baru, baik di kelas menengah maupun flagship. Salah satunya adalah Sharp AQUOS R8s Pro.

Yang langsung kami ingat ketika membahas AQUOS R8s Pro tentu sensor kameranya yang berukuran 1 inci. Memang, kualitas hardware belum pasti 100 persen menentukan hasil foto. Tapi paling tidak, Sharp punya modal yang cukup dari segi teknologi untuk bersaing di ranah flagship yang sudah diisi nama-nama besar lainnya.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh seperti apa kecanggihan dari Sharp AQUOS R8s Pro. Bukan cuma soal kamera, tapi juga dari berbagai sektor lainnya termasuk performa. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Desain sederhana

Sharp AQUOS R8s Pro 2

Biasanya smartphone flagship mengedepankan desain yang elegan dan mewah. Namun AQUOS R8s Pro beda. Arahnya lebih ke sensasi yang solid dan tangguh. Material pada back cover-nya saja polycarbonate, tidak seperti flagship lain yang lebih senang memakai lapisan kaca. Kalau untuk frame-nya memang sudah metal.

Dari segi desain nampak amat sederhana. Warnanya pun hanya full hitam, tidak ada opsi warna kekinian seperti yang ditawarkan brand lain. Jadi kesan yang kami dapat hanya kalem dan misterius. Apalagi warna hitamnya menggunakan finishing matte, sehingga tidak berkilau ketika terpapar cahaya.

Yang langsung kami sadari begitu menggenggam perangkat ini adalah tepian datar dan lekukan tegasnya yang khas ponsel Jepang. Nyaman digenggam, tidak licin, dan bobotnya pun pas.

Sharp AQUOS R8s Pro

Di bagian belakang terdapat cincin kamera yang mengemas sensor besar berukuran 1 inci.Menurut Sharp, penempatan kamera utama tepat di tengah akan memudahkan pengguna untuk memotret sejajar dengan sudut pandang. Selain kamera utama, Anda hanya akan menemukan depth sensor dan lampu flash.

Sementara di bagian depan terdapat layar IGZO OLED 6,6 inci dengan punch hole di tengah. Bezel pada sekeliling layar lumayan tipis, kecuali di bawah yang sedikit lebih tebal. Pada layar ini pula Sharp menyembunyikan sensor sidik jari.

Satu hal yang patut diacungi jempol karena cukup jarang ditemukan di produk flagship adalah ketersediaan port audio jack 3.5mm. Ya, Anda masih bisa memasang headset kabel di Sharp AQUOS R8s Pro. Bahkan, slot microSD pun tersedia! Tempatnya terpisah dari slot SIM-card.

Sharp AQUOS R8s Pro 2 1

Perlu diketahui bahwa Sharp AQUOS R8s Pro sudah mengantongi rating IP68 untuk ketahanan terhadap air (hingga 2 meter selama 30 menit) dan debu. Dalam paket penjualannya Sharp langsung memberikan kabel USB-C beserta kepala charger-nya.

Layar sedap dipandang

Seperti disebutkan di atas, Sharp AQUOS R8s Pro dibekali layar IGZO OLED 6,6 inci. Resolusinya 2.730 x 1.260 piksel sementara untuk refresh rate 1-240 Hz. Teknologi seperti Dolby Vision dan HDR10 sudah didukung.

Soal kualitas, layar IGZO OLED ini tidak perlu diragukan. Kita sama-sama tahu bagaimana canggihnya TV keluaran Sharp. Jadi Anda boleh berharap akan disuguhkan tampilan gambar yang memanjakan mata dan sedap dipandang lewat layar AQUOS R8s Pro.

Sharp AQUOS R8s Pro 3 1

Terbukti kami cukup puas menggunakan AQUOS R8s Pro di berbagai kondisi cahaya, mulai dari gelap hingga terang di bawah sinar matahari yang terik. Konten yang disajikan terlihat terang dengan warna yang kaya.

Sedikit membahas audio, AQUOS R8s Pro memiliki speaker stereo yang dilengkapi Dolby Atmos. Suara dari speaker ini terdengar jernih dan lumayan bagus untuk sekadar menemani kami ketika menonton video atau bermain games.

Kamera dengan sensor 1 inci

Sharp AQUOS R8s Pro 1 1

Sharp AQUOS R8s Pro dibekali kamera dengan sensor berukuran 1 inci yang memiliki resolusi 47 MP f/1.9. Kamera ini diklaim dapat menangkap gradasi warna, cahaya, dan lebih sedikit distorsi untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Selain kamera utama, di belakang hanya ada depth sensor dan lampu flash. Sangat disayangkan tidak ada kamera khusus dengan lensa ultrawide maupun tele. Kabar baiknya mode ultrawide masih bisa ditangani oleh kamera utama.

240123131642085

231018015923843

231017122002440

231018024344214

Hasil foto menggunakan kamera utama terbilang bagus pada sebagian besar kondisi pemotretan. Meski begitu, hasilnya masih hit & miss, alias kurang konsisten. Dari beberapa foto yang oke, ada satu atau dua yang hasilnya beda sendiri. Padahal memotretnya masih di tempat dan waktu yang sama.

231018020701178

231018025246640

 

Sharp AQUOS R8s Pro Low Light (1)

Sharp AQUOS R8s Pro Low Light (2)

Namun secara garis besar, kamera Sharp AQUOS R8s Pro bisa diandalkan untuk mengabadikan momen sehari-hari. Warnanya cenderung natural, detail yang ditangkap kaya. Untuk portrait pun kadang rapi kadang tidak. Ini sebenarnya masalah software saja yang kalau Sharp mau, bisa diperbaiki lewat update.

Hasil foto Sharp AQUOS R8s Pro (1)

Lalu, bagaimana jika kita mau memotret objek yang jaraknya agak jauh? Kamera utama AQUOS R8s Pro menyediakan pilihan zoom digital dengan cara cropping. Hasilnya tentu tidak sebaik smartphone yang memiliki kamera tele terdedikasi, tapi masih cukup oke.

231018023818444

Ketiadaan kamera dengan lensa telefoto bisa jadi deal breaker bagi calon konsumen, jika melihat hp di kelas harga AQUOS R8s Pro rata-rata sudah memiliki kamera telefoto.

Sebagai pelengkap, Sharp menyediakan aksesori berupa lensa filter tambahan yang menggunakan multi layer – coating filter, sehingga dapat menangkap cahaya menjadi lebih berkilau. Dengan filter tersebut, hasil fotonya akan seperti ini:

Hasil foto Sharp AQUOS R8s Pro (2)

Untuk video, Sharp AQUOS R8s Pro dapat merekam hingga resolusi 8K 30fps dengan kamera belakang. Sementara menggunakan kamera depan, cuma sampai 1080p 30fps saja.

231018_021850

4k slow motion

Performa kencang

Dari sektor performa, smartphone ini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan dukungan RAM 12 GB dan storage internal 256 GB UFS 4.0. Jelas performa yang ditawarkan bakal kencang dan gesit, tapi akan lebih menarik jika storage-nya sudah 512 GB.

Memang chipset yang digunakan bukan yang paling baru karena sekarang sudah ada Snapdragon 8 Gen 3. Tapi untuk kebutuhan saat ini hingga mendatang, Snapdragon 8 Gen 2 tetap dapat diandalkan. Lagian, ketika pertama kali AQUOS R8s Pro rilis di Jepang tahun lalu memang belum ada 8 Gen 3. Jadi menurut kami masih sangat wajar.

kinerjanya sudah pasti terasa bertenaga. Main game berat seperti Genshin Impact pun lancar. Tapi sayangnya hp ini masih kewalahan dalam mengatasi suhu panas. Main agak lama, frame rate bakal drop.

Sementara untuk urusan daya mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 27W. Baterainya buat kami sudah cukup untuk menemani aktivitas sejak pagi hingga sore. Yang jadi catatan adalah kecepatan pengisian dayanya. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk dapat terisi penuh. Masih kalah cepat dari beberapa flagship pesaing.

Sharp AQUOS R8s Pro PCMark battery test

Sedikit membahas antarmuka, Sharp mengadopsi sistem operasi Android 13 yang minim modifikasi UI sehingga seperti Android murni. Di satu sisi terlihat lebih bersih, namun di sisi lain agak minim fitur tambahan selain dari Android-nya sendiri.

Kesimpulan

Singkatnya AQUOS R8s Pro adalah perangkat yang bagus. Performanya ngebut, kamera 1 incinya yang jadi nilai jual utama juga cukup memuaskan. Sementara kualitas layarnya buat kami tergolong istimewa.

Sharp AQUOS R8s Pro

Bagi yang berminat, Sharp AQUOS R8s Pro dijual dengan harga Rp15.999.000. Angka yang relatif tinggi bahkan untuk ukuran produk flagship. Namun kalau Anda ingin mencoba flagship baru yang beda dari yang lain, Sharp AQUOS R8s Pro layak dipertimbangkan.

Meski masih ada kekurangan di sana-sini, menurut kami kedatangan Sharp AQUOS R8s Pro di Indonesia patut diapresiasi. Memang banyak yang perlu ditingkatkan, tapi ini merupakan sinyal bagus bagi konsumen karena pasar ponsel flagship di Indonesia bakal semakin ramai. Artinya, pilihan pun akan lebih beragam. Semoga Sharp konsisten meluncurkan flagship terbarunya di masa depan, tentunya dengan upgrade yang semakin relevan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Kelebihan Sharp AQUOS R8s Pro:

  • Desain terasa solid
  • Nyaman digenggam dan pas saat masuk kantong
  • Layar bagus dan memanjakan mata
  • Performa kencang
  • Kamera utama bagus untuk foto-foto di berbagai kondisi cahaya
  • Kemampuan perekaman video terbilang oke
  • Masih ada port audio jack 3.5mm
  • Ada slot microSD
  • Fitur dual fingerprint untuk keamanan yang lebih mantap

Kekurangan Sharp AQUOS R8s Pro:

  • Desain tidak semewah para pesaingnya di kelas harga setara
  • Tidak ada lensa tele atau ultrawide
  • Performa masih kurang stabil saat diajak gaming berat
  • Fast charging belum secepat beberapa brand lain
  • Harga relatif mahal
Sharp AQUOS R8s Pro
Sharp AQUOS R8s Pro
7.4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button