Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNewsProduct News

Kesan Pertama Mencoba Fujifilm X100 VI

Kamera digital yang paling dicari sepanjang tahun 2023 kini telah diperbaharui. Fujifilm X100 VI hadir sebagai penerus X100V yang telah melambung harganya akibat permintaan yang amat tinggi di seluruh dunia.

fujifilm x100v1 top

Dengan jeda waktu lima tahun, ada beberapa peningkatan yang diberikan Fujifilm, seperti sensor 40 megapixel baru (seperti pada Fujifilm X-T5), prosesor gambar baru, film simulation Reala Ace (seperti pada Fujifilm GFX 100 II), tambahan IBIS (In Body Image Stabiliser), mode video yang lebih lengkap, dan sebagainya. Sebenarnya cukup banyak peningkatan yang diberikan Fujfilm yang di kemudian hari akan kami bahas di artikel ulasannya.

Kami sempat mencoba X100 VI (unit pre-produksi) selama beberapa hari dan cukup terkesan menggunakannya.

kamera fujifilm x100 vi depan

Dari sisi desain dan lensa, hanya ada sedikit perubahan yang kentara. Lensa masih memiliki spesifikasi dan tampilan fisik yang sama, sehingga aksesori Fujifilm X100V akan bisa digunakan juga. Desain juga sedikit berubah. Bobot Fujifilm X100VI lebih berat sekitar 43 gram, hanya terasa jika Anda rutin menggunakan Fujifilm X100V. Desain grip sedikit berubah dan tetap nyaman untuk digenggam.

fujifilm x100v1 handheld top

Namun yang terasa perubahannya adalah saat memotret. Fujifilm X100VI dapat menemukan fokus dengan lebih cepat dibandingkan X100V, bahkan saat di kondisi minim cahaya. Performa AF yang cepat ini juga terasa saat menggunakan crop mode 50mm dan 70mm.

Fitur IBIS atau penyetabil gambar di bodi juga bekerja efektif, seperti saat memotret gambar berikut yang memiliki shutter speed 1/9 detik. Ini berarti pengguna bisa menggunakan ISO lebih rendah karena terbantu IBIS yang menjaga foto tetap tajam.

DSCF0080

Hasil foto di kondisi malam hari di setting ISO tinggi juga masih bisa diandalkan, seperti foto berikut.

HDR

DSCF0046

Film Simulation baru, Reala Ace, ternyata cocok untuk pemotretan sehari-hari. Simulasi film ini akan mampu menghasilkan foto dengan warna yang matang, tapi tidak berlebihan seperti pada contoh foto berikut.

DSCF0009

Foto dengan subyek manusia juga cukup cocok disandingkan dengan Reala Ace.

Reala

Masih banyak fitur baru Fujifilm X100VI yang belum kami jelajahi, tapi kesan pertama kami amat positif. Hampir tidak adanya perubahan desain dari X100V malah menjadi keunggulan mengingat desain X100V yang terbukti nyaman dan diterima pengguna di seluruh dunia. Dengan sederet fitur modern seperti AF yang lebih baik, IBIS, sensor baru resolusi tinggi, berhasil menyempurnakan kamera kecil tanpa mengorbankan identitas uniknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button