Quantcast
Foto & VideoCamcorderNewsProduct News

RED V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL: Kamera Sinema Pertama dengan Sensor Global Shutter Large Format

RED mengumumkan kamera sinema V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL. Keduanya menjadi yang pertama di dunia menggunakan sensor global shutter large format.

RED V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL

Spesifikasi RED V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL

Sensor global shutter di tahun 2023 lalu menjadi perhatian setelah diadopsi kamera mirrorless Sony a9 III. Untuk mengetahui lebih lanjut teknologi sensor global shutter sudah kami ulas di artikel berikut ini.

Lalu apa bedanya sensor global shutter di Sony a9 III dan di kamera RED terbaru ini? Perbedaannya ada di ukuran dan resolusi sensor gambar.

RED V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) X

Sony a9 III menggunakan sensor CMOS full frame. Dimensinya 36 x 24 mm dengan resolusi 24.6 megapixel. Nah, V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL menggunakan sensor CMOS large format. Dimensi sensornya lebih besar yakni 40.96 x 21.6 mm dengan resolusi 35.4 megapixel.

Dengan ukuran sensor yang besar dan resolusi lebih tinggi kedua kamera kelas sinema ini bisa menawarkan dynamic range hingga lebih dari 17 stop. Bahkan, diklaim bisa hingga 20 stop berkat dukungan fitur Extended Highlight.

Keunggulan lain keduanya mendukung kombinasi perekaman video di beragam format, resolusi, frame rate dan aspek rasio.

V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL bisa merekam video maksimum hingga resolusi 8K 60p di rasio 17:9. Perekaman video dengan format RAW turut didukungnya. Kedua kamera ini mendukung format RAW, REDCODE RAW Max, hingga resolusi 8K 17:9 di 120 fps. Jika kurang bisa hingga 600 fps di resolusi 2K dengan rasio 2.4:1.

Selain itu, tersedia opsi perekaman video komplit di format Apple ProRes yang mendukung hingga resolusi 4K 120p.

RED V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) X

Perbedaan V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL ada di fitur dan dimensi saja. V-Raptor (X) bodinya lebih ringkas. V-Raptor (X) XL dengan bodi lebih besar membawa beberapa fitur tambahan. Seperti misalnya punya filter ND terintegrasi, kompatibel dengan baterai V-Mount atau Gold Mount dengan kapasitas lebih besar, dan dilengkapi modul Ambient Lockit untuk sinkronisasi Timecode dan Genlock secara nirkabel.

Harga RED V-Raptor (X) dan V-Raptor (X) XL

Seperti kamera sinema RED yang lain harga jualnya tidak murah. V-Raptor (X) dijual dengan harga US$29,995 dan V-Raptor (X) XL US$44,995.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button