Quantcast
Kelebihan KekuranganAksesoris GadgetMobile GadgetNews

Kelebihan dan Kekurangan JBL Soundgear Sense

JBL Soundgear Sense menjadi earbuds jenis open-ear pertama yang diluncurkan oleh JBL. Perangkat sudah hadir di Indonesia, dan punya keunggulan dari segi kualitas audio berkat teknologi JBL OpenSound dengan konduksi udara.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika tertarik membeli Soundgear Sense sebagai TWS open-ear pertama Anda. Agar tidak penasaran, langsung saja simak apa saja kelebihan dan kekurangan dari JBL Soundgear Sense.

Kelebihan JBL Soundgear Sense

1. Nyaman dipakai berjam-jam

JBL Soundgear Sense 6

 

Ada sensasi lega yang bakal Anda nikmati ketika menggunakan perangkat ini. Karena desainnya open-ear dan tidak ada bagian dari earbud yang masuk ke lubang teliang, artinya tidak ada tekanan eartip silikon yang biasanya berpotensi bikin telinga sakit.

Soundgear Sense sangat nyaman digunakan dalam durasi pemakaian yang lama.

2. Kualitas suara amat baik untuk ukuran open-ear

Soundgear Sense dibekali driver 16,2mm, dan didukung teknologi OpenSound JBL dengan kondusi udara. Dengan menempelkan speaker tepat di depan telinga untuk menyalurkan suara secara lepas tanpa ada peredaman apapun, karakter suara yang terdengar adalah bright, cukup wide, dan masih memiliki sensasi warm yang juga pas. Bass terasa, vocal jelas, mid-nya terdengar mulus, serta treble-nya bersih dan tidak menusuk telinga.

JBL Soundgear Sense

3. Bisa mendengar suara sekitar dengan jelas

Selain itu, desain open-ear juga membuat Anda bisa lebih waspada terhadap lingkungan sekitar. Anda dapat mendengar suara dari luar tanpa harus mengaktifkan mode khusus. Cocok dipakai olahraga di luar ruangan.

4, Neckband bisa dilepas-pasang

Kalau ingin lebih aman dan tidak khawatir lepas saat beraktivitas, Anda juga bisa memasang neckband tambahan yang tersedia di dalam kemasan. Mudah dilepas-pasang sesuai kebutuhan.

5. Earhook bisa diatur untuk menyesuaikan bentuk telinga

Earhook pada JBL Soundgear Sense tidak kaku, artinya masih bisa diatur agar menyesuaikan dengan bentuk telinga, walaupun bukan berarti sangat fleksibel.

6. IP54

Ya, sudah ada rating IP54, yang artinya tahan debu dan cipratan air atau keringat.

JBL Soundgear Sense

 

7. Aplikasi JBL punya fitur yang cukup lengkap

Soundgear Sense memiliki aplikasi pendamping untuk memudahkan pengaturan EQ. Anda juga dapat beralih dari mode audio ke mode video, tinggal pilih sesuai dengan konten yang sedang dinikmati.

8. Baterai cukup awet

JBL menjanjikan ketahanan selama 6 jam dan total 24 jam ditambah baterai dari charging case. Cukup awet tapi juga tergantung pengaturan volume Anda.

Kekurangan JBL Soundgear Sense

1. Ukuran charging case jauh lebih besar dari TWS kebanyakan

JBL Soundgear Sense juga datang bersama charging case yang jauh lebih besar dari case TWS standar. Butuh ruang ekstra untuk membawanya di tas atau saku celana.

JBL Soundgear Sense thumbnail

2. Desain tidak seramping TWS in-ear

Dari segi dimensi memang agak besar, tidak semungil dan sepraktis TWS in-ear pada umumnya.

3. Meski minim, kebocoran suara berpotensi mengganggu privasi

Masih ada kebocoran suara walaupun hanya sedikit dan sangat wajar untuk earbud tipe open-ear seperti ini. Walaupun demikian, tetap ada potensi mengganggu privasi orang sekitar misalnya saat sedang naik MRT/KRL.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari JBL Soundgear Sense. Jika berminat, perangkat ini dijual dengan harga Rp2,6 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button