Quantcast
KomputerAksesoris KomputerNewsProduct News

Sennheiser HD 490 PRO: Headphone Open-Back untuk Kebutuhan Produksi, Mixing, dan Mastering

Sennheiser memperkenalkan perangkat audio terbarunya yang dirancang untuk mendukung kebutuhan produksi, termasuk untuk mixing dan mastering. Disebut Sennheiser HD 490 PRO, headphone ini diklaim unggul dalam reproduksi suara yang amat akurat. Seperti apa fiturnya?

Fitur Sennheiser HD 490 PRO

Sennheiser HD 490 PRO

Dalam siaran pers yang diterima YANGCANGGIH, Rabu (24/1), dijelaskan bahwa HD 490 PRO menawarkan akurasi tinggi dan jangkauan yang luas, sehingga dijanjikan dapat memberikan transparansi yang dibutuhkan oleh produser maupun engineer di bidang mixing atau mastering. Dengan headphone ini pengguna dapat menempatkan panning dengan lebih akurat.

Category Market Manager Jimmy Landry untuk MI Sennheiser menyebutkan, produksi musik hari ini dengan 10 hingga 20 tahun yang lalu sudah sangat berbeda. Terlihat peningkatan daya komputasi secara besar-besaran dan otomatisasi parameter yang kompleks telah mengubah cara pembuatan musik.

Jimmy menambahkan, para engineer dan kreator musik membuat mix yang sangat kompleks yang rentan terhadap ‘audio blind spots’. Hasil mix bisa jadi terasa ramai dan kotor, dengan terlalu banyaknya posisi instrumen yang sama dan frekuensi yang saling bersaing.

Sennheiser HD 490 PRO 2

Kondisi seperti ini dapat mempersulit engineer dan musisi dalam mendengar setiap instrumen atau suara dengan jelas. Masalah itulah yang coba dihadirkan solusinya melalui Sennheiser HD 490 PRO.

Sennheiser HD 490 PRO diklaim punya sound stage yang luas. Perangkat ini dibekali coil suara ultralight untuk reproduksi suara yang cepat dan autentik. Respons frekuensi tidak berwarna dan jujur di seluruh spektrum audio, dengan nada rendah yang penuh, akurat, dan terdefinisi dengan jelas berkat silinder frekuensi rendah khusus.

Selain itu desain open-back memperlihatkan Open-frame Architecture Sennheiser, yang meminimalkan resonansi dan distorsi. Untuk pengalaman mendengarkan yang optimal, transduser ditempatkan agak miring, sehingga dapat meniru pengaturan loudspeaker monitor pada umumnya.

“Fitur-fitur ini dikombinasikan untuk memungkinkan para profesional di bidang musik dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah penempatan panning apapun dan frekuensi low-end – memastikan mix yang jernih dan master yang sangat halus,” jelas Product Manager Sennheiser, Gunnar Dirks.

Sennheiser HD 490 PRO sudah menyertakan lisensi gratis untuk plugin dearVR MIX-SE dari Dear Reality. Plugin ini dapat mengubah DAW menjadi simulasi akustik studio mixing yang ideal. Setiap HD 490 PRO mencakup dengan dua set ear pad yang berbeda (mixing dan producing), bersama dengan kabel headphone sepanjang 1,8 meter.

Yang tidak kalah penting, headphone ini diklaim ringan dan ergonomis sehingga nyaman untuk dipakai dalam waktu yang lama.

Sennheiser HD 490 PRO 3

Harga Sennheiser HD 490 PRO

Bagi yang berminat, Sennheiser HD 490 PRO dijual dengan harga Rp8.928.000. Ada juga versi Plus seharga Rp10.720.000 yang sudah mencakup tambahan kabel sepanjang 3 m, transport case, dan tambahan fabric headband pad selain headband velour standar. Produk ini akan tersedia mulai akhir Januari 2024.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button