Quantcast
NewsTech News

[CES 2024] Segway Xyber dan Segway Xafari : Sepeda Listrik untuk Perkotaan dan Off-Road

Teknologi baterai yang semakin canggih mendorong banyak merek untuk terjun ke dunia sepeda dan motor listrik. Termasuk Segway yang memperkenalkan dua sepeda elektrik terbarunya yang futuristik dan unik yaitu Xyber dan Xafari.

Segway Xyber

segway Xyber ces 2024

Secara visual, Xyber cukup unik, dengan rangka sebagian terbuka yang terbuat dari tabung bulat di bagian atas sepeda, dengan tabung persegi membentuk swingarm belakang dan bagian bawah rangka yang mengelilingi baterai. Dirancang sebagai melibas segala medan, termasuk off-road, Xyber memiliki suspensi 120 mm dari beberapa fork depan yang tampak cukup besar dan monoshock belakang.

Ban yang lebar dan kursi yang besar membuatnya terlihat kekar seperti motor off-road, tapi tetap dengan pedal seperti sepeda pada umumnya. Segway mengatakan bahwa karena Xyber dirancang untuk berkendara dua orang, maka lebih stabil saat melibas medan yang terjal atau menantang lainnya.

Ukuran kursi ekstra besar ini juga dirancang untuk memastikan bahwa kedua penumpang merasa nyaman saat perjalanan jauh sekalipun. Xyber (diucapkan “Cyber”) dapat menampung dua baterai 1.440Wh dalam rangka terbukanya. Dengan dua paket baterai terpasang, total jangkauannya cukup jauh yaitu mencapai hingga 95 mil. Jarak ini bisa dicapai tanpa mengayuh pedal.

Motor hub belakang Segway menghasilkan torsi 129 pound-feet. Itu cukup untuk membawanya dari 0 hingga 20 mil per jam dalam 2,5 detik, meskipun kecepatan tertinggi akan dibatasi.

Active Scene Perception adalah nama yang diberikan Segway untuk teknologi bantuan pengendara di sepeda ini. Sistem ini memantau kondisi jalan serta pengguna dan melakukan tindakan mandiri seperti menyalakan dan mematikan lampu depan, menyesuaikan output daya, dan menyalakan atau mengunci tanpa input dari pengendara.

Segway Xafari

segway xafari ces 2024

Untuk penggunaan sehari-hari, Segway Xafari terlihat lebih praktis dengan desain yang lebih minimalis, ban 26 inci serta suspensi ganda – 80 mm di depan dan 70 mm di belakang. Rangka Xafari yang tebal dan kokoh menyembunyikan baterai 913 Wh yang cukup besar yang mengumpani motor hub 750 W, 80 Nm. Segway tidak memberikan angka jangkauan untuk Xafari, tetapi mereka mengklaim kombinasi baterai dan motor akan lebih unggul dibanding kebanyakan e-bike lainnya.

Baik Xafari dan Xyber sama-sama memiliki beberapa trik pintar, seperti lampu depan yang menyala otomatis, tombol putar untuk meningkatkan output motor, dan kokpit pintar untuk menampilkan beragam informasi, mulai dari navigasi hingga tanjakan dan data perjalanan termasuk kecepatan, kalori yang terbakar, irama, dan jarak tempuh. Dua kendaraan canggih ini juga memiliki pelacakan GPS dan pelacakan Apple Find My agar penggunanya lebih tenang.

Kesan pertama kami saat melihatnya: Segway Xyber dan Xafari merupakan tambahan menarik untuk dua profile pengguna yang sama sekali berbeda.Jika Xyber lebih cocok untuk jalan tidak mulus dan off road, Xafari lebih praktis dan nyaman digunakan sehari-hari di perkotaan.

Belum ada informasi harga atau kapan produk ini akan masuk ke Indonesia, mengingat CES biasanya sering memamerkan tahap awal perancangan sebuah produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button