Quantcast
NewsMobile GadgetWearable

Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 2: Platform Spatial Computing untuk XR, Dukung Resolusi 4.3K 90fps

Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang ditujukan untuk headset extended reality terbarunya yaitu Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 2. Platform yang kabarnya akan digunakan oleh Samsung dan Google ini menawarkan performa lebih kencang. Seperti apa?

Fitur Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 2

Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 2

Chipset Snapdragon XR2+ Gen 2 mendukung segala bentuk extended reality termasuk AR, MR, dan VR. Snapdragon XR2+ Gen 2 diklaim punya performa lebih bertenaga dengan GPU 15 persen lebih tinggi dan CPU 20 persen lebih tinggi dari XR2 Gen 2.

Kabarnya, hardware yang lebih kencang ini memungkinkan Foveated Rendering yang dinamis, space warp, dan game dalam grafis 4K. Ya, XR2+ Gen 2 ideal untuk dipasangkan pada headset XR dengan resolusi 4.3K 90fps pada masing-masing mata.

Yang lebih menarik, Qualcomm juga menggunakan AI on-device yang mendukung 12 atau lebih kamera, sehingga akan meningkatkan interaksi spasial termasuk pada kepala, controller, ekspresi wajah, estimasi kedalaman, hingga rekonstruksi 3 dimensi. Kerennya lagi chipset ini memungkinkan pengalaman video tembus pandang full-color dengan latensi amat rendah, 12ms.

Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2

Dibanding platform XR2 Gen 1 yang hadir sebelumnya, performa AI on-device pada Snapdragon XR2+ Gen 2 diklaim 8 kali lebih tinggi. Tidak ketinggalan Qualcomm memberi dukungan FastConnect Mobile Connectivity yang kompatibel dengan semua protokol nirkabel termasuk WiFi 7 atau WiFi 6/6E.

Headset dengan Snapdragon XR2+ Gen 2

Lewat pengumuman Snapdragon XR2+ Gen 2, Qualcomm turut memberi konfirmasi terkait kolaborasinya dengan Samsung dan Google. Samsung belakangan memang diberitakan akan masuk ranah MR/VR dengan meluncurkan headset yang didukung oleh ekosistem Android milik Google, dan chipset dari Qualcomm. Headset tersebut akan menjadi pesaing Apple Vision Pro.

Sayangnya belum ada informasi kapan headset pertama dengan chipset Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 2 akan meluncur ke pasaran. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button