Quantcast
Mobile GadgetProduct NewsWearable

[Hands-On] Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition: Jam Tangan Ramah Lingkungan untuk Penyelam

Dalam acara Beach Clean Up di Pulau Pramuka bersama Garmin, Rabu (13/12), YANGCANGGIH.com berkesempatan untuk mencoba langsung Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition. Ya, ini merupakan jam tangan ramah lingkungan yang terbuat dari material plastik daur ulang yang diperoleh dari lautan (Ocean Bound Plastic).

Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak!

Desain sporty dan tangguh

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition

Pertama kali memegang Descent G1 Solar Ocean Edition, pertanyaan yang langsung muncul di benak kami adalah apa benar jam tangan ini terbuat dari Ocean Bound Plastic? Pasalnya, kualitas terlihat amat baik dan tidak terasa berbeda dari jam tangan Garmin lainnya.

Perlu diketehui bahwa Ocean Bound Plastic ini diaplikasikan pada pembuatan case, bezel dan tombol fisik. Menurut kami, Garmin cukup sukses mengubah material plastik daur ulang menjadi sebuah jam tangan yang desainnya sporty, keren, dan juga tangguh.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 8

Untuk memastikan durablitasnya, Descent G1 Solar Ocean Edition punya sertifikasi berstandar militer yaitu MIL-STD 810 untuk ketahanan termal, guncangan, dan pastinya air. Jam tangan ini memiliki rating 10ATM yang artinya bisa diajak menyelam hingga kedalaman 100 meter.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 7

Kembali ke desainnya, Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition tampil dengan warna dominan biru muda yang cerah. Strapnya berbahan silikon dengan sistem penguncian Pin Buckle (kompatibel dengan tali quick fit 22mm), sehingga tidak akan mudah terlepas ketika diajak menyelam atau melakukan aktivitas berat lainnya. Terdapat 2 opsi tali jam: 128-224 mm dan 128-373 mm.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 5

Bagian layar mengusung desain dua jendela dan memiliki resolusi 176 x 176 piksel serta bahan lensa Power Sapphire yang kuat. Layarnya monokrom dengan transflective memori-in-pixel (MIP), sehingga lebih mudah terlihat di bawah sinar matahari yang terik.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 1

Saat dipakai, jam tangan ini terasa nyaman di pergelangan tangan. Bodinya tidak tebal meski fiturnya melimpah. Di sisi kiri dan kanannya terdapat tombol fisik untuk memudahkan kendali pada UI. Walaupun berstatus Dive Comp, bagi kami desain Descent G1 Solar Ocean Edition tidak hanya cocok digunakan untuk menyelam, tapi juga menemani olahraga lainnya maupun untuk kegiatan casual sehari-hari.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 4

Panel tenaga surya

Selain menggunakan ocean bound plastic, Descent G1 Solar Ocean Edition juga menerapkan gaya hidup keberlanjutan lain seperti penggunaan panel solar charging yang memungkinkan pengisian daya baterai dengan memanfaatkan cahaya matahari.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 6

Penyelam dapat menjelajah lebih lama dengan masa pakai baterai hingga 124 hari dalam mode smartwatch dengan bantuan pengisian tenaga surya. Sementara pada mode selam ketahanan baterainya mencapai 25 jam, cukup untuk 33 kali sesi menyelam (asumsi 45 menit untuk satu kali penyelaman).

Fitur menyelam

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition didukung fitur penyelaman yang lengkap. Dive comp ramah lingkungan ini menyediakan beragam mode selam seperti penyelaman gas tunggal dan multi-gas (termasuk nitrox dan trimix), gauge, apnea, apnea hunt, dan penyelaman rebreathe sirkuit tertutup (CCR).

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition 2

Selain itu, Descent G1 Solar Ocean Edition juga dapat melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan air dengan konektivitas satelit GNSS. Berbagai informasi bisa ditampilkan di layar, misalnya kedalaman, waktu selam, No-Decompression Limit (NDL), N2, PO2, suhu, waktu interval permukaan, dan sebagainya. Penyelam juga dapat menyimpan hingga 200 data penyelaman, lalu mengunggah dan membagikan ulasan di aplikasi Garmin Dive.

Juga ideal untuk berbagai jenis olahraga

Bukan cuma untuk menyelam, Descent G1 Solar Ocean Edition juga ideal untuk melacak aktivitas olahraga lainnya. Total ada lebih dari 30 aplikasi olahraga bawaan dan fitur latihan tingkat lanjut. Beberapa jenis olahraga yang tersedia antara lain lari trail, renang, Paddle Board , bersepeda, mendaki, mendayung, Yoga, Pilates dan Surf.

Untuk mendukung gaya hidup sehat, fitur seperti pemantau detak jantung, Pulse Ox untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah, Body battery untuk memantau energi, Sleep Score, pemantau tingkat stres, timer relaksasi pernapasan dan yang lainnya juga ada di jam tangan ini.

Harga Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition

Bagi yang berminat, Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition sudah bisa dipesan dengan harga Rp10.799.000 melalui Garmin Brand seluruh Indonesia. Selama masa pre-order hingga 20 Desember 2023, konsumen akan mendapatkan Dry Bag Special Edition Garmin dan berkesempatan memenangkan undian Freediving Certification Level 1.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button