Quantcast
ReviewAksesoris GadgetMobile Gadget

Review Samsung Galaxy Buds FE

Samsung Galaxy Buds FE
7.6
Cek Harga

Samsung Galaxy Buds FE atau Fan Edition dirilis di Indonesia sebagai salah satu TWS paling terjangkau dari Samsung. Meski harganya ramah kantong, TWS ini menawarkan beragam fitur yang cukup canggih di kelasnya, termasuk untuk menunjang kualitas audionya.

Pada artikel ini kami akan mengulas Galaxy Buds FE mulai dari desain, kualitas audio, fitur-fitur yang menarik, daya tahan baterai, hingga harganya. Penasaran seperti apa pengalaman kami? Yuk, langsung saja simak!

Desain nyaman dan fit di telinga

Samsung Galaxy Buds FE

Galaxy Buds FE menawarkan desain yang ergonomis dan nyaman digunakan. Tampilannya elegan dan modern, dengan bobot yang ringan sekitar 5,6 gram (masing-masing earbud). TWS ini terasa pas di telinga tanpa menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan bahkan setelah penggunaan berjam-jam.

Salah satu hal menarik dari desain Samsung Galaxy Buds FE adalah Wingtip, yang membantu mencegah earbud terlepas saat bergerak atau berolahraga. Bukan cuma itu, Wingtip ini turut mengoptimalkan isolasi suara. Perlu diketahui bahwa Wingtip ini bisa dilepas.

Ada dua ukuran wingtip dan tiga ukuran eartip berbeda untuk memberikan pilihan bagi Anda sesuai kondisi telinga. Selain itu, dalam paket penjualannya Samsung juga menyediakan kabel USB-C untuk kebutuhan pengisian daya.

Samsung Galaxy Buds FE 1

Seperti kebanyakan TWS masa kini, Galaxy Buds FE juga sudah mendukung kendali lewat sentuhan untuk mengakses pengaturan seperti volume. Casing-nya terbuat dari polycarbonate dan menggunakan finishing glossy di bagian luar dan matte di bagian dalam.

Galaxy Buds FE hadir dalam dua pilihan warna yaitu Graphite dan White. Sekadar informasi tambahan, TWS ini memiliki sertifikasi IPX2 yang artinya hanya tahan terhadap percikan air. Tidak disarankan menggunakannya dalam kondisi hujan yang lebat.

Samsung Galaxy Buds FE launch Indonesia 1

Dukungan ANC

Galaxy Buds FE didukung fitur ANC dan Ambient Sound memungkinkan pengguna untuk lebih banyak mendengar hal yang disukai, dan lebih sedikit mendengar hal yang kurang disukai. Terdapat 3 mikrofon pada perangkat ini, 2 outer dan 1 inner.

Ada pula teknologi penyaringan suara pribadi otomatis melalui sistem tiga mikrofon canggih, bersama dengan Deep Neural Network (DNN) yang didukung AI, memisahkan suara Anda dari suara latar belakang yang bising untuk panggilan telepon yang lebih jelas.

Anda bisa mengatur ANC pada TWS melalui aplikasi Galaxy Wearable. Bagi kami, kualitas peredam bising pada Galaxy Buds FE setara dengan beberapa TWS ber-ANC lain di harga setara yang pernah kami coba. Masih oke untuk meredam noise saat sedang naik MRT.

Samsung Galaxy Buds FE

Kualitas audio

Secara umum, kualitas suara Samsung Galaxy Buds FE cukup balanced, dengan bass yang cukup solid dan treble yang jernih. Untuk pengaturan suara, Galaxy Buds FE mendukung EQ bawaan yang dapat disesuaikan melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Kami mencoba mendengarkan lagu Wilderness dari Explosions In The Sky. Menurut kami, masing-masing instrumen baik pada frekuensi low, mid, atau high terdengar cukup seimbang. Sound stage-nya juga cukup megah di lagu ini.

Kami pun sempat mencoba mendengarkan Paper Trails dari DARKSIDE untuk menguji bagaimana kemampuan Galaxy Buds FE dalam menangani frekuensi rendah. Hasilnya ternyata lumayan dinamis dan cukup oke untuk kelas harganya. Pada lagu yang dominan bass ini, vokal masih bisa tersaji dengan baik.

Selanjutnya adalah lagu IL SOGNO dari Isyana Sarasvati feat. DeadSquad. Lagu ini memiliki tempo yang cepat dan enerjik, dengan dominasi suara gitar dan drum. Galaxy Buds FE mampu menghadirkan lagu ini dengan cukup baik. Bass yang solid dan treble yang jernih membuatnya terdengar menggelegar.

Samsung Galaxy Buds FE white

Baterai cukup awet

Baterai pada Galaxy Buds FE memungkinkan mendengarkan musik hingga 6 jam atau total 21 jam (ditambah charging case) dalam kondisi ANC aktif. Sementara tanpa ANC, daya tahannya mencapai 8,5 jam atau total hingga 30 jam. Kecepatan pengisian dayanya standar saja, dan tidak ada fungsi wireless charging.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Buds FE punya kualitas yang sesuai dengan harapan kami.Audionya mantap untuk mendengarkan berbagai genre musik, sudah ada ANC dan Ambient Mode. Untuk kebutuhan komunikasi pun cukup baik.

Bagi yang berminat, Samsung Galaxy Buds FE dijual dengan harga Rp1.399.000.

Kelebihan Samsung Galaxy Buds FE:

  • Desain bagus
  • Wingtip membuat lebih pas di telinga dan tidak mudah lepas
  • Kualitas suara oke dan seimbang
  • ANC cukup mampu meredam bising dari sekitar
  • Mikrofon jernih

Kekurangan Samsung Galaxy Buds FE:

  • Tidak ada fungsi wireless charging
  • Sertifikasi tahan air belum sebaik pesaingnya
Samsung Galaxy Buds FE
Samsung Galaxy Buds FE
7.6
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button