Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip
9
Cek Harga

Kehadiran OPPO Find N3 Flip membuktikan keseriusan OPPO untuk menggarap pasar HP lipat di Indonesia. Padahal, belum genap setahun sejak Find N2 Flip meluncur beberapa bulan yang lalu. Kini generasi terbarunya sudah dirilis dengan banyak upgrade yang menarik.

Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

 

Kelebihan OPPO Find N3 Flip:

  • Desain menawan dan premium
  • Lipatan layar hampir tidak terlihat
  • Engsel tangguh, punya sertifikasi hingga 600 ribu kali buka-tutup
  • Cover screen lega dan mendukung banyak aplikasi
  • Konfigurasi kamera paling mantap di HP Flip saat ini
  • Kualitas foto amat baik di berbagai kondisi
  • Kamera telefoto memberikan keleluasan dalam menangkap gambar
  • Performa kencang
  • Baterai cukup awet
  • Charging cepat untuk ukuran ponsel Flip
  • Speaker stereo
  • Rating IPX4
  • Jaminan update hingga 5 tahun

Kekurangan OPPO Find N3 Flip:

  • Tidak ada opsi perekaman 4K 60fps
  • Tidak ada fitur wireless charging
  • Banyak aplikasi bawaaan yang ter-install otomatis dan mungkin tidak dibutuhkan
  • Tidak bisa merekam di atas 1080p saat menggunakan cover screen sebagai viewfinder

HP lipat yang cantik

Cantik. Itulah kata pertama yang terlintas di benak kami ketika menggenggam OPPO Find N3 Flip. OPPO sendiri memang sering menyebutkan bahwa perangkat ini memang dirancang agar ideal untuk kaum wanita. Walaupun pada pilihan warna lain seperti hitam, tetap sah-sah saja dipakai oleh pria.

OPPO Find N3 Flip

Dimensinya ramping, nyaman untuk masuk ke dalam saku celana dalam keadaan tertutup. Untuk kaum wanita yang tidak suka membawa tas berukuran besar, Find N3 Flip cocok jadi pilihan karena mudah masuk ke tas yang kecil.

Sekilas dari segi desain tidak ada perubahan yang signifikan dari Find N2 Flip. Yang paling beda tentu susunan kameranya. Selain ada tiga, kamera belakang ponsel ini juga terlihat lebih eksklusif dengan logo Hasselblad dan housing berbentuk bulat. OPPO menyebutnya Cosmos Ring.

OPPO Find N3 Flip 3

Ada satu fitur yang cukup asyik. Namanya Alert Slider. Mirip switch pada iPhone lama yang berfungsi untuk mengalihkan mode antara Silent, Getar, atau Dering. Fungsinya memang sederhana, tapi menurut kami sangat bermanfaat.

OPPO Find N3 Flip 7

Dari segi fungsionalitas, OPPO Find N3 Flip menawarkan upgrade lewat fitur Invisible Crease yang mampu mengurangi lipatan layar hingga batas minimum, yang menurut OPPO kurang dari 0,15mm saja. Ketika posisi ponsel terbuka sepenuhnya bekas lipatannya tidak terlalu kentara, tapi bukan 100 persen hilang ya!

Sedangkan Engsel Dual Friction Plate Hinge juga diklaim lebih tangguh karena sudah memiliki sertifikasi TUV Rheinland Reliable Folding Certification. Engsel ini kuat untuk dibuka-tutup hingga 1 juta kali, atau 2,5 lebih tinggi ketahananannya dibanding seri sebelumnya.

OPPO Find N3 Flip 8

Peningkatan lainnya dibanding generasi sebelumnya adalah sertifikasi IPX4. Itu artinya, Find N3 Flip tahan percikan air dan pastinya bakal memberikan rasa aman yang lebih baik lagi.

OPPO Find N3 Flip 2

OPPO Find N3 Flip punya beberapa pilihan warna menarik. Mulai dari Misty Pink yang unik, Cream Gold seperti yang ada pada artikel review kami kali ini, serta Sleek Black untuk Anda yang ingin tampil lebih elegan.

Smartphone ini menempatkan sensor sidik jari pada tombol daya. Wajar, karena akan repot kalau posisinya ada di balik layar utama. Anda akan menemukan port USB Type-C, lubang speaker, dan lubang mic di sisi bawah. Sekadar informasi, speaker-nya sudah stereo.

Cover screen multifungsi

OPPO Find N3 Flip memiliki cover screen dengan panel AMOLED berukuran 3,26 inci. Tidak ada upgrade berarti dibanding seri terdahulu. Tapi tidak masalah, karena dari segi fungsi memang sudah sangat memadai.

OPPO Find N3 Flip 4

Anda bisa mengakses beragam widget dan aplikasi langsung dari layar eksternal ini. Jadi, tidak perlu sering membuka hp untuk kebutuhan seperti mengecek notifikasi, jadwal, informasi jam maupun cuaca, hingga membuka aplikasi kamera.

Smartphone dengan sistem operasi ColorOS 13.2 ini dapat menampilkan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Gmail, Telegram, TikTok, X (Twitter), dan sebagainya.

Menavigasi cover screen OPPO Find N3 Flip terasa mudah karena hampir sama seperti menggunakan smartphone konvensional pada umumnya. Notifikasi pun bisa ditampilkan secara real-time, lengkap dengan berbagai shortcut untuk menuju aplikasi yang sering digunakan.

Anda juga bisa menampilkan hewan peliharaan interaktif dalam bentuk 3D pada cover screen. Ada banyak pilihan yang lucu-lucu, seperti panda, kucing, kelinci, koala, dan sebagainya. Tapi sekadar sebagai pemanis saja ya, bukan seperti game hewan peliharaan digital.

Layar utama minim bekas lipatan

Saat lipatannya dibuka tersedia layar LTPO AMOLED berukuran 6.8 inci yang resolusinya Full HD+. Layarnya ini mendukung refresh rate adaptif hingga 120 Hz dan menawarkan kecerahan maksimum hingga 1600 nits.

OPPO Find N3 Flip 9

Seperti kami sebutkan di atas, OPPO cukup berhasil membuat lipatan layarnya menjadi amat minim. Saat tertutup tidak ada celah sama sekali, dan begitu dibuka sepenuhnya pun hampir tidak terlihat tapi tetap sedikit terasa ketika diraba.

Perlu diketahui layar ini telah dilindungi Gorilla Glass Victus yang tangguh, begitu juga pada cover screen-nya. Intinya kami puas dengan layar utama dan layar eksternal dari Find N3 Flip. Kualitasnya amat baik, gambarnya tajam, dan sajian warnanya memanjakan mata.

Konfigurasi kamera paling komplit di segmen Flip

OPPO Find N3 Flip

Inilah yang membuat OPPO Find N3 Flip paling menonjol di segmen hp Flip. Peningkatannya lumayan oke dari Find N2 Flip. Pada saat review ini dibuat, tidak ada hp Flip lain yang konfigurasi kameranya secanggih Find N3 Flip. Selain itu, OPPO kembali mengoptimalkan kolaborasinya dengan brand kamera premium, Hasselblad.

Kita bahas spesifikasinya dulu. Find N3 Flip membawa tiga modul kamera, antara lain kamera ultrawide dengan sensor 48 MP, kamera portrait dengan sensor 32 MP dengan kemampuan zoom optikal 2x, dan kamera utama dengan sensor 50 MP yang menggunakan lensa setara 24mm berdiafragma F/1.8. Kamera utamanya ini turut dilengkapi dengan dukungan OIS.

1x zoom

2x zoom

IMG20231026091659

Hasil foto OPPO Find N3 Flip (4)

IMG20231027143752

Hasil foto kamera utama 50 MP tidak perlu diragukan lagi. Kami tidak punya komplain berarti. Hasil fotonya amat baik di kondisi cahaya yang ideal, maupun pada malam hari. Detailnya tinggi, warnanya terlihat hidup tapi tidak menghilangkan kesan naturalnya, dan dynamic range-nya luas.

Hasil foto OPPO Find N3 Flip (10)

Hasil foto OPPO Find N3 Flip (11)

Hasil foto OPPO Find N3 Flip (9)

IMG20231028170807

Pada kamera telefoto, ketika dipadukan dengan Hasselblad Portrait Mode, kamera dapat menghasilkan gambar dengan tampilan yang alami dan cantik bahkan dengan zoom 2x. Bikin foto portrait dengan 2x zoom dijamin beda dan menurut kami lebih fleksibel dalam hal komposisi, dibanding Anda menggunakan kamera utama lalu bergerak mendekat ke objek.

ultrawide 0.6x

Hasil foto OPPO Find N3 Flip (14)

Hasil foto OPPO Find N3 Flip (13)

IMG20231027194437

Anda juga dapat mengaktifkan Mode FlexForm dengan menekuk layar 45 hingga 120 derajat. Dalam posisi ini, pengguna dapat meletakkan smartphone di permukaan datar dan mengambil selfie tanpa butuh perangkat tambahan seperti tripod.

Di bagian dalam ada satu kamera lagi, yaitu 32 MP dengan lensa wide. Fungsinya tidak lain adalah sebagai kamera selfie, walaupun sebenarnya Anda juga bisa selfie menggunakan kamera utama dengan bantuan cover screen.

IMG20231026210212

Sedikit membahas videografi, sayangnya sebagai hp flagship, OPPO Find N3 Flip belum menyediakan opsi perekaman 4K 60fps. Maksimal hanya 4K 30fps lagi. Selain itu, ketika Anda merekam dalam kondisi hp terlipat dan dibantu cover screen sebagai viewfinder, rekaman hanya bisa sampai 1080p saja padahal memakai kamera utama yang sama.

Performa kencang, baterai awet

Performa OPPO Find N3 Flip didukung chipset MediaTek Dimensity 9200 dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB UFS 4.0. Kinerjanya gesit, kencang untuk semua kebutuhan. Multitasking nyaman, pindah antara aplikasi maupun beralih dari cover screen ke layar utama terasa smooth.

Untuk gaming juga aman-aman saja. Dengan chipset sekencang ini, tidak ada masalah saat memainkan judul-judul populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Genshin Impact, dan sebagainya. Suhunya memang agak hangat, tapi buat kami tidak terlalu mengganggu.

Smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4300 mAh dan kemampuan charging SuperVOOC 44W. Di luar dugaan kami, ternyata baterainya cukup awet untuk menemani aktivitas kami seharian penuh. Bahkan untuk mengisi daya tidak butuh waktu yang lama. Hanya sekitar 55 menit saja sampai penuh 100 persen.

Kesimpulan

OPPO Find N3 Flip punya banyak upgrade yang menarik dari generasi sebelumnya. Yang paling signifikan ada pada sektor kamera, dan sekaligus membuatnya menjadi hp Flip dengan sistem kamera paling oke saat ini. Sesuatu yang menurut kami patut diapresiasi. Bukan cuma itu, OPPO juga menyempurnakan aspek lainnya misalnya pada bagian engsel dan lipatan layar.

Intinya, ini adalah hp flagship yang bagus. Sangat layak menjadi target belanja Anda jika punya budget sebesar Rp15.999.000. OPPO Find N3 Flip sudah bisa Anda beli di berbagai toko di Indonesia.

OPPO Find N3 Flip
OPPO Find N3 Flip
9
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button