Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-on] Mencoba Kamera OPPO Find N3, Smartphone Lipat dengan Lensa Periskop

Setelah memulai penjualan Find N3 Flip beberapa waktu yang lalu, OPPO tengah bersiap meluncurkan smartphone lipat mereka yang lainnya yaitu OPPO Find N3 di Indonesia. Menurut bocoran, Find N3 dijadwalkan hadir pada bulan November 2023 ini.

Menjelang hari peluncurannya, OPPO mengajak YANGCANGGIH.com dan beberapa awak media lainnya untuk mencicipi kemampuan kamera dari Find N3. Jika melihat spesifikasinya, bisa dibilang ini adalah hp lipat dengan sistem kamera paling menggiurkan.

Penasaran seperti apa pengalaman pertama kami mencoba kamera Find N3? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Spesifikasi kamera OPPO Find N3

OPPO Find N3

OPPO Find N3 memiliki tiga kamera belakang. Yang pertama adalah kamera utama 48 MP wide dengan sensor Sony LYTIA-T808. Ukuran sensornya 1/1.35″ dan memiliki lensa f/1.7 dengan focal length 24mm dan dukungan Optical Image Stabilization.

Selanjutnya ada kamera ultra-wide 48 MP dengan sensor Sony IMX581 1/2″ f/2.2. Kamera ini memiliki sudut pandang hingga 114 derajat dan focal length 13mm.

Dan yang paling menggoda adalah kamera 64 MP telefoto dengan sensor 1/2″ dan lensa f/2.6 OIS, yang memiliki focal length 70mm. Kamera telefoto ini menggunakan sistem periskop dengan 3x optical zoom dan 6x lossless zoom. Ideal untuk memotret dari jarak agak jauh.

“Secara teknis, OPPO Find N3 tiga focal-length yang menjadi favorit para fotografer profesional yaitu 14mm, 24mm, dan 70mm. Tentunya, dengan kehadiran tiga focal-length ini, OPPO Find N3 dapat diandalkan untuk menghasilkan foto yang sesuai keinginan dalam kondisi apapun. Selain itu, dengan teknologi pencitraan yang telah dikembangkan oleh OPPO dan kolaborasi dengan Hassleblad, tentunya kamera OPPO Find N3 memberikan pengalaman kelas profesional yang sesungguhnya,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

Bukan cuma ketiga kamera tersebut, Find N3 juga dibekali dengan kamera selfie yang masing-masing diletakkan di cover screen dan layar utama. Pada bagian cover screen dengan resolusi 32MP, dan layar utama berukuran 20MP.

Find N3 3

Dengan konfigurasi kamera seperti ini, OPPO percaya Find N3 mampu memberikan pengalaman fotografi yang mumpuni. Hal itu juga telah dibuktikan oleh fotografer profesional, Aries Lukman. Aries mengatakan, biasanya memotret menggunakan kamera smartphone biasanya memiliki batasan-batasan tertentu, apalagi pada tipe smartphone lipat, misalnya pada kualitas kamera telefoto. Tapi hal itu tidak dia temui pada Find N3.

“Salah satu yang menarik dari kamera smartphone ini adalah kemampuan kamera telefoto OPPO Find N3 yang memanfaatkan aperture cepat f/2.6 dan OIS yang canggih sehingga dapat menangkap gambar dengan lebih stabil. Satu-satunya yang punya hasil gambar layaknya pro, dengan menggunakan foldable,” ungkap Aries.

Hands-on kamera OPPO Find N3

Dalam acara yang digelar di Jakarta, Senin (6/11), kami diberi kesempatan mencoba kamera OPPO Find N3 untuk memotret dalam kondisi cahaya yang ideal maupun di malam hari. Berikut adalah beberapa foto yang kami abadikan menggunakan smartphone ini.

OPPO Find N3 (outdoor daylight) (4)

OPPO Find N3 (outdoor daylight) (3)

OPPO Find N3 (outdoor daylight) (2)

Dari sejumlah foto di atas terlihat, adanya lensa periskop untuk zoom amat membantu dalam mendapatkan hasil foto dengan komposisi sesuai keinginan, tanpa harus bergerak lebih mendekat ke arah subjek/objek. Pengalaman yang kurang lebih mirip dengan yang kami rasakan ketika menguji kamera OPPO Find X6 Pro beberapa bulan yang lalu.

Hasil foto dari kamera Find N3 pun tergolong istimewa untuk ukuran ponsel lipat. Perangkat ini mampu memproses apa yang ditangkap sensor kamera dengan baik, memolesnya sedemikian rupa sehingga tampak menawan, namun tetap terlihat natural.

OPPO Find N3 (Night) (2)

OPPO Find N3 (Night) (1)

Sejauh pengujian singkat kami, kualitas kamera telefoto pada Find N3 tidak kalah bagus dari kamera utamanya. Detail yang ditangkap tinggi, bahkan pada kondisi cahaya agak temaram sekalipun. Dan efek bokehnya juga bagus. Tele portrait seperti Find X6 Pro dan Reno10 Pro+ 5G? Bisa!

OPPO Find N3 (outdoor daylight) (1)

OPPO Find N3 (Night) (4)

Dari segi handling juga nyaman. Find N3 terasa pas di genggaman saat memotret, sehingga selalu stabil ketika tombol shutter ditekan. Selain itu, kemampuan processing-nya juga cepat dari mulai pengambilan gambar hingga hasil akhirnya jadi.

Kesan pertama

Sangat menarik melihat apa yang ditawarkan oleh OPPO melalui smartphone lipat terbarunya. Dengan kemampuan kamera yang menurut kami cukup memukau bahkan memiliki lensa periskop, OPPO tetap bisa mengemas Find N3 dalam ukuran bodi yang masih lumayan ramping untuk ukuran foldable.

Kami tidak sabar untuk menguji berbagai aspek lainnya yang dimiliki oleh OPPO Find N3. Tunggu saja review lengkapnya dalam waktu dekat, dan semoga harga jualnya nanti tetap kompetitif di kelasnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button