KomputerLaptopNews

Qualcomm Snapdragon X Elite: Chipset Berbasis ARM untuk Laptop

Selain memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 3, Qualcomm juga mengumumkan kehadiran chipset berbasis ARM terbarunya yang ditujukan untuk laptop. Namanya Qualcomm Snapdragon X Elite dan mengusung fabrikasi 4nm.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon X Elite

Qualcomm Snapdragon X Elite

Menurut Qualcomm, Snapdragon X Elite memiliki CPU Oryon 12-core yang diklaim mampu memberikan kinerja hingga 2X lebih cepat dibandingkan kompetitornya. Yang menarik, ketika menyamai kinerja kompetitor, konsumsi dayanya hanya sepertiganya.

“Snapdragon X Elite menghadirkan lompatan besar dalam inovasi komputasi dengan menghadirkan CPU Qualcomm Oryon khusus kami yang baru untuk menghasilkan kinerja tinggi yang akan memuaskan pengguna dengan efisiensi daya luar biasa dan membawa kreativitas dan produktivitas mereka ke tingkat berikutnya,” ungkap Kedar Kondap, Senior Vice President & General Manager of Compute & Gaming, Qualcomm Technologies Inc.

CPU Oryon pada platform ini memiliki kecepatan hingga 3.8GHz dengan single atau dual-core boost hingga 4.3GHz. Dari segi grafis, GPU Adreno yang terintegrasi tampil bertenaga dengan 4.6 TFLOPS dan dukungan DirectX 12.

Qualcomm Snapdragon X Elite dapat dipasangkan dengan hingga 3 monitor UHD eksternal di 60Hz. Pengguna yang sering melakukan editing video juga bisa memanfaatkan kemampuan Video Processing Unit dari GPU Adreno ini, yang mendukung 4K60 10-bit encode dan decode untuk H.264, HEVC (H.265) dan AV1.

Qualcomm Snapdragon X Elite 2

Untuk urusan konektivitas nirkabel, chipset yang mendukung RAM LPDDR5x dan PCIe Gen4 atau UFS 4.0 storage ini dibekali FastConnect 7800 System, yang mendukug WiFi 7 dan Bluetooth 5.4. Ada pula dukungan koneksi seluler dengan modem Snapdragon X65 5G.

Jadwal ketersediaan

Perangkat PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite ditargetkan untuk meluncur pada pertengahan tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button