Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Reno10 5G

OPPO Reno10 5G
7.7
Cek Harga

Meski hadir sebagai varian Reno10 Series termurah, OPPO Reno10 5G tetap memberikan spesifikasi dan fitur yang menarik di kelasnya. Smartphone ini punya desain yang premium, tidak kalah dari kedua saudaranya yang dijual lebih mahal.

Dari sektor kamera pun terlihat menggiurkan. Anda masih disuguhkan konfigurasi kamera tele lengkap dengan kemampuan optical zoom. Bahkan pada sebagian besar skenario pemotretan, hasil fotonya boleh diadu dengan seri Pro.

Penasaran seperti apa pengalaman kami selama menggunakan Reno10 5G? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

 

Kelebihan OPPO Reno10 5G:

  • Desain premium
  • Layar lengkung dengan kualitas yang amat baik
  • Kamera utama bisa diandalkan di berbagai kondisi
  • Hasil foto kamera tele cukup bagus
  • Baterai awet untuk seharian
  • Performa kencang untuk beragam kebutuan
  • Charging cepat 67W SuperVOOC

Kekurangan OPPO Reno10 5G:

  • Akan lebih menarik jika kamera utama dilengkapi OIS
  • Tidak ada IP rating
  • Perekaman video kamera depan hanya 30fps

Desain menawan

Sekilas tidak ada perbedaan signifikan antara tampilan OPPO Reno10 5G dan Reno10 Pro 5G. Yang paling terlihat mungkin pilihan warnanya. Anda juga masih akan menemukan DNA desain serupa dengan anggota Reno10 Series lainnya.

OPPO Reno10 5G

Yang pasti ini adalah hp yang cukup premium, nyaman digenggam, dan menawan untuk dipamerkan. Varian warna yang ada di artikel review kami adalah Ice Blue, yang tampil mengkilap dengan finishing OPPO Glow. Bonusnya, OPPO Glow bikin bagian belakang ponsel ini tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Sama seperti kedua saudaranya, Reno10 5G juga memiliki lengkungan pada sisi kiri dan kanan layarnya. Jujur awalnya saya selaku penulis bukan penggemar layar lengkung seperti ini karena menurut saya agak kurang ‘nge-grip’. Tapi setelah sebulan menggunakannya, ternyata hanya masalah adaptasi saja.

OPPO Reno10 5G

Kembali lagi ke panel belakang, Anda bakal disuguhkan sistem kamera dengan housing yang menonjol keluar. Tidak perlu khawatir kameranya tergores, karena softcase yang diberikan di dalam kemasan bagian pinggiran lubang kameranya lebih tinggi, sehingga mampu melindungi ketika diletakkan di permukaan datar.

Sama seperti bagian depan, panel belakang ini juga mengusung desain 3D Curved. Kombinasi tersebut membuat OPPO Reno10 5G terlihat lebih tipis. Informasi dari lembar spesifikasi menyebutkan bahwa ketebalannya 7,99mm dan beratnya 185 gram.

OPPO Reno10 5G

Pada bagian bawah Anda akan menemukan port USB-C bersama dengan lubang mikrofon dan speaker. Sementara di sebelah atas terdapat mikrofon dan IR Blaster. Tombol daya dan pengaturan volume ada di kanan. Untuk sensor sidik jari, tersembunyi di balik layar.

Layar lengkung 120Hz

OPPO Reno10 5G memiliki layar 6,7 inci AMOLED 3D dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz. Penawaran yang menurut kami sudah sangat memadai untuk berbagai kebutuhan. Tingkat kecerahannya juga lumayan tinggi, tidak ada kendala berarti untuk penggunaan di bawah sinar matahari.

OPPO Reno10 5G 9

Seperti seri Pro, layar Reno10 5G bisa lebih dioptimalkan lewat fitur bernama O1 Ultra Vision Engine. Intinya, fitur ini akan meningkatkan warna dan kualitas gambar agar lebih memanjakan mata.

Soal refresh rate, Anda bisa memilih mode Standar yang akan mengunci di 60Hz maupun mode High yang akan mengunci di 120Hz. Ada pula mode Auto, yang sesuai namanya akan memilih refresh rate sesuai konten yang ditampilkan secara otomatis.

Sedikit membahas audio, OPPO Reno10 5G sudah dibekali speaker stereo dengan kualitas suara yang jernih. Tidak ada yang spesial, namun sudah mencukupi untuk sekadar menemani Anda bermain game atau menonton video di YouTube dan TikTok.

Kamera didukung lensa 2x optical zoom

Menjadi yang termurah di antara ketiga anggota Reno10 Series, smartphone ini tetap menawarkan kamera tele 32 MP dengan 2x optical zoom. Selain itu ada juga kamera utama 64 MP dan kamera ultrawide 8 MP.

OPPO Reno10 5G

Sayangnya kamera utama Reno10 5G belum dibekali OIS (Optical Image Stabilization) seperti pada seri Pro. Sensor yang dipakai untuk kamera utama adalah OmniVision ov64b. Sensor tersebut terpasang di belakang lensa f/1.7 dan memiliki dukungan Phase Detection Auto Focus (PDAF).

Fitur tele portrait yang dibanggakan OPPO juga bisa Anda temukan di sini. Kamera tele 32 MP memiliki lensa dengan kemampuan 2x optical zoom. Cocok untuk mengambil foto portrait yang lebih close-up tanpa harus mendekat ke objek foto.

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Untuk kamera utama tidak ada komplain saat digunakan memotret di kondisi cahaya yang ideal. Hasil fotonya tajam dengan saturasi warna yang cukup menggugah selera tapi tidak berlebihan.

2x Zoom (3)

2x Zoom (2)

2x Zoom (1)

IMG20230919125702

IMG20230908160908

5x Zoom

5x Zoom (2)

Hasil foto dari kamera tele sendiri juga cukup memuaskan. Memang belum bisa disandingkan dengan kemampuan Reno10 Pro+ 5G, tapi setidaknya, keberadaan lensa zoom ini memungkinkan kami lebih fleksibel dalam meracik komposisi foto.

Night Mode (7)

Night Mode (1)

IMG20230919135634

Tele Portrait Night Mode (3)

Beralih ke pemotretan low light, dengan bantuan Night Mode kamera utama masih mampu menyajikan foto yang terang dan lumayan tajam, asalkan cahayanya tidak terlalu gelap. Nuansa malamnya pun masih cukup terjaga mirip aslinya.

Sekadar informasi tambahan, OPPO Reno10 5G dapat merekam video hingga resolusi 4K di 30fps menggunakan kamera utamanya. Sedangkan untuk kamera depan sayangnya masih terbatas di 1080p 30fps saja. Akan lebih menarik jika ada opsi 60fps.

VID20230908125038

VID20230919130145

Performa mulus

Sektor performa dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 7050 dan RAM 8 GB. Memori internalnya sama besar dengan kedua saudaranya, yaitu 256 GB. Harus diakui ini memang bukan chipset paling kencang di kelas harganya. Tapi soal kinerja, bagi kami sudah lebih dari cukup.

Berbagai aktivitas bisa kami lakukan dengan lancar tanpa masalah. Semua terasa gegas, tidak ada gangguan yang mengurangi kenyamanan penggunaan. Untuk gaming pun lancar asalkan Anda menyesuaikan setting grafis pada game yang menuntut kinerja berat.

Mobile Legends jelas bisa dimainkan dengan mulus. PUBG Mobile pun demikian. Genshin Impact? Bisa asalkan memakai setting Low agar fluktuasi frame rate tidak berlebihan dan masih nyaman dimainkan dalam durasi lama.

Kapasitas baterai sedikit di atas saudaranya, yaitu 5.000 mAh namun dengan 67W SuperVOOC. Penggunaan seharian dengan gaya pemakaian standar bukan tantangan berarti bagi Reno10 5G. Mengisi daya hingga penuh 100 persen pun tidak sampai 1 jam.

Kesimpulan

OPPO Reno10 5G bisa menjadi hp all-rounder dengan sedikit bonus pada sektor fotografi yang terlihat lebih mewah berkat kamera tele portrait. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, peningkatan yang ditawarkannya memang cukup signifikan. Cocok untuk Anda yang ingin upgrade atau baru berencana beralih ke smartphone OPPO.

Bagi yang berminat, OPPO Reno10 5G dijual dengan harga Rp5.999.000.

OPPO Reno10 5G
OPPO Reno10 5G
7.7
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button