KomputerEnterpriseGadget GuideMade for Business

Laptop Kerja Terbaik 2023 untuk Pebisnis [Gadget Guide]

Inilah deretan laptop terbaik untuk pebisnis dan pekerja modern di tahun 2023

Perkembangan laptop di segmen bisnis/komersial semakin menarik menyesuaikan tren gaya kerja hibrid saat ini. Rancangan bodi yang ringkas untuk mendukung mobilitas, spesifikasi yang kencang, dan beragam fitur dengan dukungan AI menjadi unggulan di laptop kerja di tahun 2023.

Laptop terbaik untuk bisnis

 

Dengan seri artikel Gadget Guide, kami akan membantu Anda untuk memilih laptop kerja terbaik untuk pebisnis dan pekerja modern. Semua laptop yang masuk ke dalam daftar di bawah sudah memenuhi dua kriteria utama, yaitu dijual secara resmi di Indonesia dan masih dijual oleh pabrikan resminya.

Kriteria laptop terbaik untuk bisnis 2023

Laptop yang kami rekomendasikan di sini akan cocok untuk para pebisnis. Atau, bisa juga dipakai pengguna awam untuk mendukung kegiatan bisnis skala kecil hingga menengah, dan para profesional di beragam industri.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih laptop untuk pebisnis di tahun 2023:

  • Para pebisnis yang mobilitasnya cukup tinggi. Untuk mendukung tren kerja di mana saja laptop dengan rancangan bodi yang ringkas dan ringan wajib perlu diperhatikan.
  • Kinerja menjadi faktor penting bagi laptop yang digunakan untuk bisnis. Bekerja sambil konferensi video sering dilakukan para pekerja saat ini. Untuk itu, prosesor dan RAM yang mumpuni wajib dipertimbangkan untuk sebuah laptop bisnis.
  • Webcam dan mikrofon yang memadai saat ini menjadi fitur yang penting untuk mendukung kegiatan konferensi video. Untuk saat ini laptop keluaran terbaru juga telah hadir dengan fitur webcam dan audio dengan dukungan kecerdasan buatan. Jadi, bisa mendapatkan kualitas audio dan video yang lebih baik saat konferensi video.
  • Untuk melindungi data-data penting di laptop laptop bisnis umumnya dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan dan rancangan bodi tangguh dengan standar militer. Dukungan sensor sidik jari, fitur penutup webcam untuk melindungi privasi, hingga sederet fitur keamanan berbasis hardware dan software dari masing-masing pabrikan menjadi fitur yang wajib diperhatikan.
  • Harga juga menjadi faktor penting. Namun, kami akan lebih merekomendasikan produk yang memiliki keseimbangan harga dan performa.

Berikut deretan laptop terbaik untuk pebisnis di tahun 2023 versi YANGCANGGIH.COM.

ASUS ExpertBook B9

Cek harga

ASUS ExpertBook B9 (B9400) hadir sebagai laptop bisnis tercanggih ASUS di tahun ini. Laptop bisnis ekstra ringan ini bobotnya hanya 880 gram. Menjadikannya laptop bisnis 14 inci paling ringan.

asus expertbook b9 open close 2023

Untuk performanya Expertbook B9 ditenagai prosesor Intel Core i7-1255U, RAM 32GB, dan tersedia ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas 2TB. Dengan bobot yang ringan dan spesifikasinya tersebut laptop ini wajib dilirik oleh para C-level executive di perusahaan start-up sampai enterprise, di berbagai sektor industri.

Lenovo Thinkpad Z16

Cek harga

Lenovo ThinkPad Z16

ThinkPad Z16 adalah laptop bisnis 16 inci paling ramah lingkungan dari Lenovo. Laptop ini juga varian ThinkPad paling kencang. Pertama dengan prosesor dan kartu grafis diskrit dari AMD.

Tidak tanggung-tanggung prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen 6000 Pro H-Series. Opsi yang tersedia hingga AMD Ryzen 9 PRO 6950H. Sementara, sektor grafisnya dipercayakan pada kartu grafis AMD Radeon RX 6500M 4GB dengan TGP 135W. Menjadikannya laptop bisnis serba bisa untuk mendukung produktivitas, konten kreasi, hingga gaming.

Lenovo ThinkPad Z13

Cek Harga

Lenovo ThinkPad Z13 dan Z16 1

ThinkPad Z13 juga mengusung material yang ramah lingkungan seperti ThinkPad Z16. Bedanya, tampilannya lebih keren dengan material case luar berlapis kulit. Paling menarik memang rancangan bodinya yang sangat ringkas. Dengan layar OLED 13 inci, performa AMD Ryzen 7 Pro 6850U yang kencang, dan sederetan fitur laptop kelas bisnis yang komplit, ThinkPad Z13 termasuk salah satu laptop bisnis premium yang ringkas dan serbaguna.

HP ZBook Firefly 14 inch G10 A

Cek Harga

HP ZBook Firefly 14 inch G10 A

Zbook Firefly 14 G10 A dari HP ini adalah laptop terbaik untuk bisnis yang menawarkan keseimbangan antara portabilitas dan performa. Rancangan bodinya yang ringkas memiliki bobot 1,4 Kg.

Performanya juga kencang dengan prosesor AMD Ryzen 7 7840HS, RAM 16GB dan SSD dengan kapasitas 512GB. Sementara, untuk sistem keamanan Zbook Firefly 14 G10 didukung teknologi keamanan Wolf Pro Security yang menawarkan standar keamanan canggih di industri.

Apple MacBook Pro (16 inci, M2, 2023)

Cek Harga

Apple MacBook Pro 2023

MacBook Pro 2023 adalah varian MacBook paling kencang saat ini. Untuk model 16 inci dengan prosesor Apple M2 Max merupakan prosesor paling kencang di lini prosesor M2. Konfigurasi yang tersedia hingga 12 CPU core dan hingga 38 GPU core. Prosesor ini juga disokong unified memori hingga 96GB dengan bandwith memori 400GB/detik.

Spesifikasi yang memadai untuk para profesional di beragam industri. Untuk menunjang kegiatan bisnis MacBook Pro 2023 juga dilengkapi 3 port Thunderbolt 4. Di atas rata-rata laptop lain yang umumnya membawa satu atau dua port Thunderbolt.

MSI Summit E14 Flip Evo – A13M

Cek Harga

MSI Summit E14 Flip Evo - A13M

Summit E14 Flip Evo dari MSI hadir dengan desain elegan dan konsep 2-in-1 dengan engsel 360 derajat yang memanfaatkan fitur layar sentuh untuk beralih ke mode tablet.

Laptop bisnis dengan prosesor Intel Core Generasi Ke-13 ini turut didukung sistem keamanan tingkat tinggi seperti pengunci webcam dan port, dukungan TPM khusus, sidik jari atau IR webcam dengan Windowe Hello, dan dukungan Tobii Aware untuk mencegah layar bisa diintip sehingga bisa bekerja dengan aman di mana saja.

Dell Latitude 9440

Cek Harga

 

dell latitude 9440 2 in 1 main

Laptop bisnis 2-in-1 lain yang mencuri perhatian adalah Latitude 9440 dari Dell. Keunggulan laptop ini ada di layarnya. Dengan layar InfinityEdge 16:10 Latitude 9440 2-in-1 menawarkan 7% area pandang yang lebih luas jika dibandingkan laptop bisnis premium lain.

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan sederetan fitur keamanan ekslusif seperti Dell SafeID, Dell SafeBIOS, dukungan chip TPM, sensor sidik jari, dan fitur penutup webcam untuk melindungi privasi. Untuk performanya Latitude 9440 bisa dikonfigurasi dengan prosesor Intel Core Generasi Ke-13.

Paling menarik di laptop ini tersedia dukungan fitur Collaboration Touchpad. Touchpad tersebut dilengkapi tambahan empat tombol pintas khusus untuk mendukung konferensi video yang tidak akan ditemukan di laptop manapun.

Lenovo V14 Gen 4 AMN

Cek harga

Lenovo V14 Gen 4

Lenovo V-Series adalah lini laptop binsis kelas entry dari Lenovo. Performanya juga bisa diandalkan dengan opsi prosesor hingga AMD Ryzen 5 7520U, RAM 8GB dan SSD dengan kapasitas hingga 512GB.

Paling menarik memasuki generasi keempatnya V14 kini hadir dengan rancangan bodi tahan banting dengan standar militer MIL-STD-810H. Fitur keamanan yang ditawarkan juga cukup lengkap. Mulai dari dukungan chip keamanan TPM 2.0, kensingtion nano security slot, dan kamera webcam dengan fitur penutup untuk melindungi privasi. Dengan harga jual mulai 5 jutaan Rupiah laptop ini ideal untuk para pebisnis pemula dan UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button