Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Pengalaman Menggunakan OPPO A98 5G sebagai Daily Driver untuk Jalan-jalan di TMII

OPPO A98 5G telah meluncur di Indonesia. Untuk membuktikan beragam keunggulannya, OPPO mengajak YANGCANGGIH.com untuk jalan-jalan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sambil membawa smartphone tersebut sebagai daily driver.

Sejak pagi hingga sore hari, kami menggunakan ponsel ini untuk memotret, merekam video, mengakses media sosial, dan masih banyak lagi. Yang menarik, setelah semua hal yang kami lakukan ternyata konsumsi dayanya amat efisien.

Penasaran seperti apa pengalaman kami seharian bersama OPPO A98 5G? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Desain oke dan nyaman digenggam

Bicara soal desain, OPPO A98 5G mengusung DNA yang kurang lebih sama dengan beberapa smartphone OPPO di tahun 2023 ini. Tampilannya atraktif dan cukup menawan, terutama untuk varian warna Dreamy Blue yang kami gunakan.

OPPO A98 5G

Menggenggam A98 5G terasa nyaman. Pengoperasian dengan satu tangan pun mudah. Bodinya memang lumayan tipis, yaitu 8,20mm saja. Sementara bobotnya menurut kami pas, 192 gram, sehingga enak untuk disimpan di saku celana.

Dipegang sejak pagi sampai sore, dengan tangan yang mungkin kotor dan agak berminyak, ternyata bodi bagian belakang ponsel tetap terlihat bersih. Kami baru ingat kalau A98 5G memakai proses OPPO Glow pada back cover-nya, sehingga tahan sidik jari.

OPPO A98 5G Dreamy Blue 3

Untuk layar, ukurannya 6,72 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz. Selama di TMII, kami menilai layarnya punya tingkat kecerahan yang cukup baik sehingga konten tetap terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari.

OPPO A98 5G Dreamy Blue 1

Sekadar informasi tambahan, A98 5G juga telah melewati 6 proses pengujian untuk membuktikan ketangguhannya, seperti tes jatuh, air, radiasi, perubahan iklim, sampai stabilitas sinyal.

OPPO A98 5G Dreamy Blue 4

Kamera OPPO A98 5G: asyik untuk foto-foto

Bagi yang belum tahu, OPPO A98 5G menawarkan kamera AI 64 MP yang ditemani depth sensor 2 MP dan lensa mikro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera depan 32 MP. Lensa mikronya bisa melakukan pembesara hingga 40 kali.

Di TMII, kami diajak mengunjungi Taman Burung yang kini hadir dengan wajah baru setelah melalui revitalisasi. Ada banyak spot foto di sini, namun tetap yang menjadi bintang utama adalah kumpulan burung-burung eksotis dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada mode normal, kamera A98 5G menyediakan opsi untuk memotret dengan 2x zoom. Ini cukup memudahkan kami dalam mendapatkan foto burung dengan baik tanpa harus menyodorkan kamera ponsel terlalu dekat, yang berpotensi membuat burung-burung tersebut pergi.

Dari segi ketajaman dan warna, kamera utama 64 MP mampu menghasilkan foto yang cukup bagus pada kondisi cahaya ideal. Contohnya seperti foto-foto di bawah ini.

Auto (2x Zoom) (5)

Auto (2x Zoom) (1)

Auto (2x Zoom) (4)

Tekstur pada bagian bulunya terlihat tajam, warnanya pun lebih hidup tapi tidak terlalu jauh dari kondisi aslinya. Hasilnya fotonya cukup bagus dan mampu mewakili kecantikan burung-burung di TMII saat dipamerkan di media sosial.

Normal

2x Zoom

IMG20230919125644

IMG20230919105137

IMG20230919103855

IMG20230919103607

Dari segi dynamic range, kamera utama A98 5G sudah memadai tapi masih agak kurang untuk kamera depannya. Yang juga kami suka adalah lensa kamera utama mampu memberikan efek bokeh yang natural pada background, tanpa harus menghidupkan mode portrait.

Beralih ke Museum Komodo, saatnya kami mencoba kemampuan kameranya di kondisi pemotretan indoor alias di dalam ruangan. Museum ini juga telah melalui proses revitalisasi. Jauh lebih bagus dan terkesan lebih modern.

Di dalam Museum Komodo kami memotret berbagai reptil dengan hanya mengandalkan lampu di tiap kandangnya. Hasilnya ternyata masih tergolong bagus, meski pemotretan harus kami lakukan dari balik kaca. Berikut beberapa foto indoor menggunakan kamera OPPO A98 5G:

Auto (2x Zoom) (8)

IMG20230919135556

Auto (2x Zoom) (7)

Baterai awet

Perjalanan kami dimulai pukul 9.30 pagi dan berakhir sekitar jam 4.00 sore. Setelah seharian menggunakan OPPO A98 5G, ternyata baterai yang tersisa masih sekitar 80 persen. Sangat awet! Padahal, sepanjang hari sangat banyak foto dan video yang kami abadikan menggunakan ponsel ini.

Selain untuk foto dan merekam video, kami juga meng-install aplikasi seperti WhatsApp dan Instagram. Sudah mengaktifkan jaringan seluler, tapi untuk Internet masih terhubung lewat hotspot dari ponsel lain. Pada artikel review nanti kami akan menguji ulang ketahanan baterainya dengan gaya pemakaian yang lebih intens.

OPPO A98 5G 4

Smartphone all-rounder, cocok untuk berbagai tipe pengguna

OPPO A98 5G dipersenjatai chipset Snapdragon 695 5G dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Teknologi fast charging-nya adalah 67W SuperVOOC, yang dapat mengisi hingga 100 persen dalam waktu hanya 44 menit saja.

Dengan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, menurut kami OPPO A98 5G merupakan smartphone all-rounder yang cocok untuk berbagai tipe pengguna. Kinerja gegas, kamera oke, baterai awet, dan charging-nya juga ngebut.

Bagi yang berminat, OPPO A98 5G dijual dengan harga Rp4.899.000. Pre-order dibuka 14-21 September 2023, melalui Shopee dan OPPO Online Store. Sedangkan untuk pemesanan secara luring dapat melalui OPPO Store, OPPO Gallery, dan toko rekanan resmi OPPO di seluruh Indonesia. Ada bonus Bluetooth Earbuds untuk pemesanan selama periode pre-order.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button