Quantcast
Camera RoomNewsProduct News

Tips Memotret Malam dengan Kamera Samsung Galaxy Z Fold5

Dengan semakin canggihnya fitur kamera di hp, pengguna juga semakin percaya diri memotret saat malam hari atau dalam kondisi cahaya minim. Untuk mengulas kemampuan kamera smartphone, kami juga sering mengujinya dalam kondisi tersebut. Tapi ada yang berbeda saat kami mengulas hp dengan desain lipat seperti Samsung Galaxy Z Fold5 berikut ini.

Samsung Galaxy Z Fold5

Ada beberapa hal yang dimudahkan oleh desain lipatnya, yang membedakannya dengan hp konvensional lainnya. Berikut beberapa tips praktis memotret dengan kamera Galaxy Z Fold5 di malam hari atau kondisi cahaya temaram.

Maksimalkan Night Mode

Sama seperti smartphone kelas atas lainnya, Fold5 juga punya fitur Night Mode yang menyala otomatis saat kondisi cahaya meredup. Gunakan fitur ini jika ingin menghasilkan foto yang lebih terang dari kondisi aslinya. Dengan fitur Night Mode, bagian yang terlalu terang dan terlalu gelap akan ditangkap dengan lebih maksimal secara otomatis.

Night mode

Foto rumah di tepi kolam ini akan terlihat jauh lebih gelap jika dipotret tanpa menggunakan Night Mode. Ketajaman juga terjaga, selama lensa kamera dalam kondisi bersih.

20230830_185428

Manfaatkan Pro Mode tanpa tripod

Bagi yang kurang cocok dengan hasil foto di Night Mode, masih ada Pro Mode yang memberikan pengaturan fotografi secara manual. Dalam Pro Mode, Anda bisa mengatur shutter speed, ISO, white balance, fokus, dan exposure. Untuk hasil foto malam hari yang bersih dan bebas noise, atur ISO seminim mungkin (antara 50-100). Agar foto tetap tajam dan tidak kabur walaupun tidak menggunakan tripod, letakkan Fold5 di permukaan rata dan arahkan lensa kamera ke subyek.

samsung fold5 camera fold

Contohnya seperti foto dengan kecepatan rana rendah (slow shutter speed) berikut yang dipotret dengan menaruh Fold5 di pinggir kolam. Jadi Anda tidak selalu butuh tripod jika memotret malam dengan Fold5.

Pro mode

Begitu juga dengan foto kota Jakarta di saat senja yang ditangkap dengan meletakkan Fold5 di jendela parkiran mal.

pro mode

Gunakan Zoom 3x

Night Mode juga dapat digunakan pada setting kamera zoom 3x. Hasilnya tergolong bagus, selama tangan tetap stabil agar hasil foto tetap tajam dan bebas kabur. Carilah subyek dan obyek dengan cahaya yang menarik untuk hasil foto malam hari yang menawan.

20230831_181123

20230905_212302

Selain zoom 3x, Anda juga bisa merekam foto dengan kamera ultra lebar Fold5. Berikut perbandingan tiap kamera Fold5 saat memotret di kondisi malam hari.

hasil foto ultra-wide Fold5
20230831_181635

hasil foto normal zoom Fold5
20230831_181641

hasil foto 3x zoom Fold5
20230831_181632

Samsung Galaxy Z Fold5 juga telah dilengkapi mode Expert RAW yang bisa merekam foto dalam format RAW. Foto dalam format ini akan lebih mudah untuk diulik menggunakan aplikasi penyunting foto seperti Adobe Lightroom atau Snapseed. Tapi kami tidak merekomendasikannya untuk pengguna awam atau pengguna yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyunting hasil foto.

Singkat cerita, Samsung Galaxy Z Fold5 mampu diandalkan untuk merekam foto di kondisi minim cahaya dengan baik. Apalagi desain lipatnya juga memberikan keleluasaan ekstra untuk menghasilkan foto malam hari yang tajam. Informasi lain tentang Samsung Galaxy Z Fold5 bisa dibaca di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button