NewsCamera RoomMobile GadgetProduct NewsSmartphone

Tips Memaksimalkan Kamera Samsung Galaxy Z Fold5 untuk Foto Portrait

Kualitas kamera hp kelas flagship seperti Samsung Galaxy Z Fold5 sudah amat memadai untuk menghasilkan foto menawan. Konfigurasi tiga kamera utama yang terdiri dari kamera ultra lebar, kamera lebar dan kamera 3x zoom juga ideal untuk menghasilkan foto unik dari berbagai sudut.

samsung fold5 camera utama

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan Fold5 selama beberapa minggu, kami ingin berbagi tips menghasilkan foto Portrait dengan subyek manusia.

Perhatikan waktu jika memotret di luar ruangan

Kualitas cahaya harus selalu menjadi pertimbangan utama, apa pun kameranya. Saat memotret di luar ruangan, perhatikan juga arah cahaya. Saat matahari tepat di atas kepala biasanya bukan waktu yang ideal untuk memotret, kecuali memang itu efek yang dicari. Selain bayangan yang keras, subyek biasanya akan silau oleh sinar matahari dan terlalu panas untuk berkonsentrasi. Tentunya ini tidak berlaku di Indonesia yang hampir tiap hari disinari mentari yang berlimpah.

Kami rekomendasikan pagi hari atau sore hari untuk mendapatkan foto Portrait  keren dengan cahaya matahari yang lebih lembut. Seperti foto berikut yang diambil sekitar pukul 4 sore.

20230905_155036

Foto ini diambil dengan mode normal. Jika diinginkan, Anda bisa menambahkan efek Portrait untuk memberikan efek bokeh di latar subyek seperti berikut.

portrait effect

Ambil foto selfie dengan kamera utama

Untuk mengambil swafoto dengan hasil lebih baik, Anda bisa menggunakan kamera utama. Caranya amat mudah. Dalam kondisi Fold5 terlipat, jalankan aplikasi kamera dan pilih menu Selfie di kiri atas. Lalu buka Fold5 untuk menampilkan preview foto selfie sebelum dijepret.

Jika ingin mengambil foto group-selfie, Anda tinggal mengaktifkan kamera ultra lebar untuk memutar lebih banyak subyek seperti foto ini.

20230727_151149

Perhatikan cahaya untuk menciptakan mood

Kamera Fold5 juga bisa diandalkan untuk pemotretan yang lebih serius. Pada contoh ini, kami memotret di dalam ruangan dengan pencahayaan artifisial yang ditata rapi untuk menciptakan mood sendu. Hasilnya, Fold5 mampu menangkap mood tersebut dengan baik seperti terlihat di foto ini.

20230830_160852

20230830_170718

Mode yang digunakan cukup mode Normal dengan pengaturan otomatis. Jika dibutuhkan, Anda bisa beralih ke mode Pro yang memberikan pengaturan shutter speed, ISO, white balance dan fokus secara manual.

Percaya diri menggunakan zoom

Kualitas kamera zoom 3x yang baik membuat kami pede menggunakannya untuk menghasilkan Portrait yang minim distorsi. Sebagai informasi, kamera zoom 3x Fold5 memiliki rentang fokal setara 66mm di kamera full-frame.

20230830_164650

Mode zoom 3x ini juga efektif untuk membuat subyek terlihat lebih tirus atau kurus. Sebagai catatan, pencahayaan perlu diperhatikan agar foto tetap tajam.

Masukkan elemen di foreground

Sebuah foto portrait tidak melulu wajib diisi detil wajah saja. Masukkan sebagian elemen luar di bagian depan (foreground) agar foto tampak lebih unik seperti foto berikut.

20230830_170132

Dengan desain lipatnya, menciptakan foto dari sudut unik akan lebih mudah dengan Fold5. Namun satu hal yang pasti, kualitas foto Fold5 yang masuk kategori hp flagship akan memudahkan pengguna awam sekalipun untuk menghasilkan foto Portrait yang menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button