Mobile GamingMobile GadgetNews

Qualcomm Snapdragon G Series: Chipset Gaming untuk Konsol Genggam

Qualcomm mengumumkan portofolio terbarunya yang dirancang khusus untuk konsol genggam. Disebut Qualcomm Snapdragon G Series, lini chipset ini diyakini akan menjadi senjata utama bagi konsol gaming portabel di masa depan.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon G Series

Qualcomm Snapdragon G Series

Qualcomm Snapdragon G Series terdiri dari Snapdragon G1, Snapdragon G2, dan Snapdragon G3. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Snapdragon G1 didesain untuk menenagai perangkat handheld gaming tanpa kipas saat streaming game, baik secara lokal ataupun melalui cloud.

Menurut Qualcomm, G1 fokus untuk menghadirkan konektivitas bebas hambatan dan hemat daya baterai, agar gamer dapat bermain dalam jangkau waktu lebih lama. Snapdragon G1 mengusung Snapdragon G1 Gen 1 Platform yang ditenagai oleh CPU Qualcomm Kryo (8 Core) dan GPU Qualcomm Adreno A11.

Sementara Snapdragon G2 dibuat untuk menghadirkan game mobile dan cloud dengan fitur lengkap. Chipset ini mengandalkan Snapdragon G2 Gen 1 Platform dengan CPU Kryo terbaru (8 core) dan GPU Adreno A21 yang dioptimalkan untuk gaming. Selain itu, ada juga dukungan Snapdragon X62 5G Modem-RF System, serta Wi-Fi 6/6E dari Qualcomm FastConnect 6700 Mobile Connectivity System.

Terakhir, Snapdragon G3, merupakan chipset kelas flagship yang menawarkan performa tinggi dan kemampuan gaming inovatif. Chipset ini menggunakan Snapdragon G3x Gen 2 dengan CPU Kryo (8 core) dan GPU Adreno A32.

Qualcomm Snapdragon G Series Specs

Kinerja CPU-nya 30 persen lebih dan dibanding Snapdragon G3x Gen 1 yang ada pada Razer Edge 5G. Sedangkan GPU-nya diklaim 2x lebih cepat. Fitur canggih seperti Ray Tracing, resolusi super untuk gaming, XR Glass Tethering, audio Bluetooth premium berlatensi rendah dengan Snapdragon Sound Technology Suite, dan Wi-Fi 7 High-Band Simultaneous (HBS) serta 5G sub-6 dan mmWave juga tersedia.

“Perangkat yang ditenagai generasi terbaru Snapdragon G Series akan menjadi medium terbaik bagi para gamer untuk memainkan game favorit mereka, dengan kemampuan untuk memilih bermain melalui cloud, konsol, Android, atau PC saat mereka sedang dalam perjalanan,” kata Mithun Chandrasekhar, Senior Director of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Jadwal rilis Qualcomm Snapdragon G Series

Sayangnya belum ada informasi kapan perangkat gaming pertama dengan Qualcomm Snapdragon G Series akan meluncur ke pasaran. Qualcomm berjanji, pengumuman produk secara lebih rinci akan dibagikan di
waktu yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button