Quantcast
Future TechNewsOtomotifProduct News

Tampil Lebih Futuristik dan Jarak Tempuh Lebih Jauh, Hyundai IONIQ 6 Resmi Hadir di Indonesia

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 PT Hyundai Motors Indonesia (HMDI) resmi meluncurkan IONIQ 6. Suksesor IONIQ 5 ini menawarkan sederetan pembaruan. Mulai dari fitur, teknologi dan jarak tempuh yang lebih jauh.

Hyundai IONIQ 6-

“IONIQ 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. Hadirnya IONIQ 6 pun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia.” ujar WooJune Cha, President Director of HMID.

Tampil lebih futuristik

IONIQ 6 hadir dengan mengusung konsep Electrified Streamliner yang tampil sporty dan modern. Desain eksteriornya terlihat sangat sleek dan futuristis. Kesan futuristis semakin menonjol dengan rancangan lampu Parametric Pixel di bagian depan dan belakang, serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler.

Hyundai IONIQ 6-

IONIQ 6 adalah kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah yakni 0,21. Menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini. Aspek aerodinamis juga ditekankan pada detil-detil eksterior lain. Seperti misalnya pada gagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles yang telah dirancang saksama untuk meningkatkan aerodinamika dari kendaraan. Flush Door Handles yang rata dengan bodi saat mobil terkunci juga memastikan keamanan dari IONIQ 6. Aspek ini didukung oleh penampilan stylish IONIQ 6 dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Hyundai IONIQ 6-

Untuk meneruskan komitmennya mendukung kelestarian lingkungan IONIQ 6 dilapisi dengan bodi yang dilapisi cat pigmen dari material sampah ban yang didaur ulang.

Area kabin luas dan nyaman

Mengusung platform E-GMP IONIQ 6 memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model elektrik lainnya. Area kabinnya yang luasnya didukung dengan sederetan fitur canggih. Seperti misalnya Relaxtion Comfort Seat yang memungkinkan posisi bantalan kursi, sandaran, dan penyangga kaki bisa diatus sesuai keinginan.

Hyundai IONIQ 6-

Kemudian, hadir juga bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. IONIQ 6 juga dilengkapi glove box sebagai ruang penyimpanan yang efisien. Sebagai pelengkap hadir fitur Dual Color Ambient Lighting yang memungkinkan pengguna untuk memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia.

Spesifikasi Hyundai IONIQ 6

Pengembangan arsitektur E-GMP pada IONIQ 6 menawarkan peningkatan signifikan terhadap kenyamanan berkendara secara keseluruhan. Terutama pada sektor performa dan jarak tempuh. Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, IONIQ 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Hal tersebut memungkinkan IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimum mencapai 185 km/jam.

Hyundai IONIQ 6-

Konsumsi dayanya juga hemat. Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), IONIQ 6 bisa menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km. Dengan begitu, IONIQ 6 menjadi salah satu BEV paling efisien daya saat ini. Sebagai gambaran, berdasarkan pengukuran tersebut IONIQ 6 dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah, dalam satu kali pengisian daya baterai. Menjadikannya semakin ideal untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

Peningkatan platform E-GMP juga memungkinkan pengisian daya yang lebih optimal. IONIQ 6 mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V. Jadi, pengisian daya bisa lebih singkat. Hanya sekitar 18 menit baterai bisa terisi 10%–80% menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW.

Untuk menikmati fitur ini pengguna bisa memanfaatkan stasiun pengisian Ultra Fast Charging Station Hyundai di Plaza Indonesia, Jakarta. IONIQ 6 juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10%–80%) dan AC standard charging dengan daya 7kW dengan waktu pengisian sekitar 12 jam (0%–100%).

Seperti IONIQ 5, IONIQ 6 juga menawarkan teknologi Vehicle-to-Load (V2L). Dengan menawarkan kapasitas hingga 3.600 watt, fitur ini memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan. Jadi, pengguna bisa mengisi daya perangkat listrik apa pun. Mulai dari sepeda listrik, skuter listrik, hingga peralatan berkemah, langsung dari kendaraan. Selain memiliki power outlet eksternal, IONIQ 6 juga menyediakan power outlet di interior kendaraan untuk mengisi daya smartphone, laptop, dan gadget lainnya dengan praktis.

Untuk fitur lainnya IONIQ 6 telah dibekali sistem infotainment kendaraan Supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, 8 BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting, serta dilengkapi koneksi Bluetooth. Untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih aman IONIQ 6 juga dilengkapi fitur pintar Hyundai SmartSense.

Harga Hyundai IONIQ 6

Hyundai IONIQ 6 sudah tersedia di seluruh dealer Hyundai di Indonesia dengan harga (On The Road Jakarta) Rp1.197.000.000. Untuk pilihan warnanya ada lima yakni Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, dan Biophilic Blue Pearl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button