Quantcast
Foto & VideoCamcorderNewsProduct News

Z CAM E2-F6: Kamera Sinema 6K Murah Alternatif RED Komodo

Kamera sinema dari RED memang dibanderol harga yang mahal. Sebagai alternatif yang lebih murah para pembuat film kini bisa melirik kamera asal Tiongkok Z CAM E2.

Z-CAM E2-F6

Spesifikasi Z CAM E2-F6

Z CAM E2 bukanlah kamera sinema baru. Kamera ini diluncurkan perdana tahun 2018 dengan kemampuan rekam video hingga resolusi 4K dan mendukung warna 10-bit. Menyusul suksesnya tersebut kemudian hadir Z CAM E2-F6 yang bisa rekam 6K dan E2-F8 dengan kemampuan rekam video 8K.

Sayangnya, Z CAM memang kalah populer dengan RED. Tapi, yang perlu Anda ketahui kamera ini juga ambil bagian di film Mission Impossible: Dead Reckoning Part 1 yang sedang tayang di bioskop. Model yang digunakan adalah Z CAM E2-F6.

Z-CAM E2-F6

Berkat dimensinya yang sangat ringkas E2-F6 diandalkan untuk seluruh pengambilan gambar Tom Cruise di seluruh adegan aksi yang sulit. Seperti misalnya adegan kejar-kejaran mobil, tabrakan kereta, hingga aksi skydiving motorcross yang mendebarkan.

Selain dimensi yang ringkas keunggulan lain dari kamera ini adalah sensor CMOS full frame. Jadi, berbeda dengan kamera sinema Komodo dari RED yang menggunakan sensor Super35. Dengan sensor tersebut E2-F6 bisa mendukung perekaman video hingga resolusi 6K 60fps dan 4K hingga 120 fps.

Z-CAM E2-F6

Kamera ini juga bisa mendukung perekaman video RAW dengan format ZRAW dan menjanjikan dynamic range hingga 15 stop. Jika disambungkan ke perangkat perekaman eksternal seperti misalnya Atomos Ninja V bisa mendukung perekaman 12-bit ProRes RAW lewat port HDMI.

Untuk lensanya E2-F6  kompatibel dengan semua lensa Canon EF. Opsi lain tersedia aksesoris tambahan untuk menggunakan lensa Leica M, PL atau Micro Four Third (MFT).

Harga Z CAM E2-F6

Lalu berapa harga jualnya? Kamera ini dijual dengan harga US$2999 atau sekitar 45 Jutaan Rupiah.

Kesan Pertama

Desain dan fiturnya memang mirip kamera sinema RED yang dijual ratusan juta Rupiah. Dengan harga jual yang lebih murah, kamera ini adalah solusi yang lebih hemat untuk para pembuat film yang memerlukan kamera sinema ringkas dengan kemampuan rekam video mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button