Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

Tips Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra untuk Food Photography

Galaxy S23 Series 5G

Dengan kemampuan kamera yang mumpuni, Samsung Galaxy S23 Ultra dapat diandalkan untuk beragam jenis fotografi, Salah satunya adalah fotografi makanan atau Food Photography. Kami telah menggunakan S23 Ultra selama beberapa bulan dan merangkai beberapa kiat atau tip memaksimalkan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra untuk memotret makanan.

Untuk hasil foto yang ditampilkan, semua tidak melalui proses penyuntingan atau editing sama sekali. Kami juga tidak menggunakan cahaya tambahan seperti flash atau continuous light. Kumpulan tip ini juga bisa digunakan untuk Samsung Galaxy S23 dan S23 Plus.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk merekam foto makanan dengan baik menggunakan kamera Samsung Galaxy S23 Series.

1. Perhatikan pencahayaan

Ini merupakan tip dasar yang selalu wajib diperhatikan. Tidak hanya dari segi kuantitas cahaya, tapi juga kualitas agar hasil foto mendapatkan kontras yang nyaman dipandang. Contohnya, Anda bisa duduk di tepi jendela saat makan siang agar mendapatkan cahaya yang lebih baik saat memotret makanan yang mampir ke meja Anda.
Menariknya, kamera Samsung Galaxy S23 Ultra tetap bisa dipakai dengan maksimal dalam kondisi cahaya yang kurang ideal, seperti di dalam ruangan di malam hari.

Berikut beberapa contoh foto makanan dalam kondisi cahaya kurang ideal.

1x zoom, indoor

1x zoom indoor

Dua foto ini diambil di dalam ruangan di malam hari. Yang harus dilakukan agar foto terlihat terang, naikkan exposure compensation hingga tingkat yang dirasa pas dan jepret. Mudah kan?

2. Foto dari jarak dekat

Dengan Samsung Galaxy 23 Ultra, menangkap tekstur dari makanan dapat dilakukan dengan mudah. Pastikan Anda akrab dengan jarak fokus terdekat semua kamera S23 Ultra untuk mendapatkan hasil yang tajam dan tidak kabur.

Berikut contoh foto makanan dari jarak dekat.

20230703_191533

20230629_204926

3. Manfaatkan fitur Focus Enhancer

Untuk mendapatkan foto dengan depth of field yang luas, yaitu bagian depan dan latar yang sama-sama fokus, Samsung memberikan fitur Focus Enhancer. Jika diaktifkan, kamera akan otomatis beralih ke mode ultra-lebar dengan area fokus yang lebih luas.

Fitur ini berguna jika Anda ingin menangkap banyak elemen yang tidak sejajar dalam satu frame. Contohnya seperti foto sashimi berikut.

Focus Enhancer OFF
20230703_183802

Focus Enhancer ON
20230703_183808

4. Hidupkan Grid Lines

Fitur Grid Lines di setting aplikasi kamera Samsung Galaxy S23 Ultra tidak hanya menampilkan garis-garis bantuan untuk mengatur komposisi. Sebagai tambahan, kamera juga mampu mendeteksi apakah ponsel dalam kondisi yang sejajar dan tidak miring saat membidik obyek.

Ini amat berguna bagi Anda yang ingin memotret makanan dengan angle dari atas ke bawah atau istilahnya flat-lay. Dengan fitur ini, hasil foto akan terlihat sejajar sempurna jika dipotret dari atas seperti contoh berikut.
20230703_080305

5. Perhatikan latar

Anda juga bisa memilih untuk tidak memenuhi frame dengan makanan saja, tapi juga memikirkan latar agar foto dapat bercerita lebih dari makanan yang difoto. Contohnya seperti semangkuk rice bowl yang disantap dengan latar sungai di belakangnya.

20230628_155105

6. Tangkap cerita di balik layar

Dengan banyaknya restoran yang mengadopsi dapur terbuka, Anda bisa menangkap cerita di balik layar saat makanan tersebut dibuat. Contohnya seperti penjual kebab di pinggir jalan berikut yang kami tangkap saat sedang asyik mempersiapkan kebab bagi kami.

Konfigurasi empat kamera Samsung Galaxy S23 Ultra (atau tiga kamera S23 dan S23 Plus) memberikan keleluasaan untuk membuat foto yang lebih bercerita.

20230704_184643

20230704_184755

20230704_184756

7. Menyunting dengan aplikasi Gallery

Aplikasi Gallery memang lebih sering digunakan untuk melihat foto. Tapi aplikasi ini sebenarnya telah dilengkapi beberapa fitur penyunting foto yang canggih. Sebut saja Remaster Picture yang dapat meningkatkan kejernihan sebuah foto dengan otomatis. Atau object eraser yang dapat menghilangkan pantulan dan bayangan dengan mudah dan semi otomatis.

Tentunya selain dengan foto, Anda juga bisa merekam video 4K yang berkualitas amat baik. Anda juga bisa memanfaatkan mode Live Photos atau Single Take jika ingin menangkap foto dan video pendek sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button