Quantcast
Game RoomHome GadgetNewsVisual

Deretan Fitur Gaming Samsung Neo QLED 4K TV, Ideal untuk Konsol hingga PC

Samsung Neo QLED 43QN90C 43 inci dan 50QN90C 50 inci didukung beragam fitur yang ditujukan khusus untuk para gamer. Yang menarik deretan fitur tersebut membuat TV ini ideal untuk dipasangkan dengan konsol seperti PlayStation 5, Xbox Series X, dan Nintendo Swith, maupun PC gaming.

Fitur gaming Samsung Neo QLED 4K TV

Samsung Neo QLED 50QN90C

Dalam acara media experience di Jakarta, Rabu (5/7), Samsung menjelaskan bahwa ada beberapa faktor utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih layar untuk main game, mulai dari input lag, kualitas visual, responsiveness, ukuran, keberadaan teknologi adaptive sync, hingga akurasi warna.

Yang pertama adalah input lag rendah. Bagi yang belum tahu, input lag mengacu pada penundaan antara input (seperti menekan tombol atau menggerakkan mouse) dan action terkait yang terjadi di layar. Makin rendah input lag, makin real-time dan akurat antara input dan action yang terjadi. Samsung Neo QLED 43QN90C dan 50QN90C diklaim mampu memberikan input lag yang rendah.

Yang lebih menarik, TV ini dilengkapi teknologi Motion Xcelerator Turbo Pro dengan refresh rate 4K 144Hz. Cocok untuk mengoptimalkan pengalaman saat bermain game dengan genre racing atau First-Person Shooter (FPS). Selain itu, TV ini juga sudah memiliki teknologi AMD FreeSync Premium Pro untuk gameplay yang bebas dari efek tearing dan stuttering, serta low latency.

“Fitur FreeSync Premium Pro dengan tampilan HDR gaming akan membuat semua gerakan battle, fighting, sampai balapan terasa lebih smooth, real, dan anti lagging. Selain itu, konsumen juga bebas memilih bermain dengan console generasi terbaru manapun dengan 4 Port HDMI 2.1, membuat pengalaman gaming di Neo QLED 4K TV menjadi luar biasa,” kata Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia.

Rangkaian fitur gaming pada TV Samsung Neo QLED 4K bisa diakses melalui Game Bar 3.0, termasuk untuk mengaktifkan VRR dan memantau Frame Rate secara real-time. Lewat Game Bar 3.0m gamer juga dapat menggunakan fitur Minimap Zoom untuk menampilkan map dengan ukuran yang lebih besar, hingga Virtual Aim Point untuk game shooter.

Game Mode 3.0 Samsung Neo QLED 4K TV
Game Mode 3.0

Dari segi visual, Samsung Neo QLED 4K TV memiliki teknologi Quantum Matrix Technology dengan Quantum Mini LED dan Shape Adaptive Light Control. Samsung mengklaim kombinasi tersebut akan memberikan gambar yang lebih tajam dan jernih, serta menampilkan warna yang akurat dan sudah tervalidasi Pantone. Sementara Neural Quantum Processor 4K memungkinkan upscaling konten menjadi setara 4K.

Virtual Aim Point Samsung Neo QLED 4K TV
Virtual Aim Point

Untuk urusan audio, Samsung membekalinya dengan multi-speaker yang didukung Dolby Atmos untuk 3D Surround Sound. Ada juga fitur Q-Symphony, agar suara yang dikeluarkan oleh TV akan berharmonisasi dengan suara yang dikeluarkan dari perangkat soundbar.

Terakhir, fitur Object Tracking Sound+ (OTS+) dari Samsung akan memperdengarkan 3D sound yang realistik dan dinamis, sound akan bergerak sesuai dengan gerakan yang ditampilkan di layar.

Samsung Neo QLED 4K TV gaming

 

Harga Samsung Neo QLED 4K TV

Bagi yang berminat, Samsung Neo QLED 43QN90C 43 inci dijual dengan harga hRp13.499.000. Sedangkan Neo QLED 50QN90C harganya Rp17.999.000. Pembelian bisa melalui Samsung.com, gerai offline, ecommerce, dan MOIE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button