Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO A78 5G

OPPO A78 5G
7.2
Cek Harga

OPPO melengkapi jajaran ponsel 5G kelas menengahnya dengan meluncurkan OPPO A78 5G beberapa waktu yang lalu. Tampil dengan desain yang modern, ramping, dan juga ringan, perangkat ini punya sederet fitur unggulan sebagai modal bersaing di segmen 3 jutaan rupiah.

OPPO A78 5G

Penasaran seperti apa kemampuan dari OPPO A78 5G? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Kelebihan OPPO A78 5G:

  • Desain ramping dan cantik
  • Performa mulus untuk berbagai kebutuhan sehari-hari
  • Kamera oke pada kondisi cahaya ideal
  • Baterai awet
  • Paket penjualan cukup lengkap
  • Masih ada port audio jack 3.5mm

Kekurangan OPPO A78 5G:

  • Desain layar masih poni, belum punch hole
  • Resolusi layar HD+, akan lebih menarik jika sudah FHD+
  • Tidak ada kamera ultrawide

Bodi ramping, warna menarik

Dibanding seri A7x sebelumnya, yaitu A77s, OPPO tidak lagi menawarkan material kulit fiberglass pada A78 5G. Cover belakangnya dilapisi finishing OPPO Glow yang memberikan efek berkilau berpadu dengan lapisan matte bebas sidik jari.

OPPO A78 5G

Desain panel belakangnya cukup berbeda dari pendahulunya. OPPO tidak lagi memakai frame kamera kotak, melainkan dua frame bulat berukuran besar. Yang atas menampung sensor kamera utama, sementara yang bawah untuk depth camera dan lampu flash.

Varian warna yang kami ulas adalah Glowing Purple. Dibanding varian Glowing Black, menurut kami Glowing Purple tampil jauh lebih menawan dan tampak kekinian. Warna ungunya pun masih tergolong unisex, artinya tidak terlalu feminin.

Smartphone ini tampil cukup ramping dengan ketebalan hanya 7,99mm. Bukan cuma itu, OPPO mengklaim A78 5G telah melalui lebih dari 320 uji kualitas secara menyeluruh dan lebih dari 130 uji keandalan ekstrem untuk memastikan kualitas perangkat yang tahan lama, tahan cipratan air, tahan goresan, dan keausan lainnya. Pengujian seperti itu cukup penting untuk memastikan durabilitas ponsel, sehingga ideal untuk penggunaan jangka panjang.

OPPO A78 5G 5

Beralih ke depan, Anda disuguhkan layar 6,56 inci dengan desain yang sayangnya masih poni waterdrop. Tentu akan lebih modern jika menggunakan layar punch hole. Bezelnya masih cukup tipis pada sisi kiri, kanan, dan atas, namun lebih tebal di bagian dagunya.

Tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari diletakkan di sebelah kanan. Di kiri ada tombol pengaturan volume, sementara di bawah terdapat port USB-C, lubang speaker dan mikrofon, serta port audio jack 3.5mm.

OPPO A78 5G 4

Sedikit membahas paket penjualannya, di dalam kemasan Anda langsung diberikan charger 33W SuperVOOC, kabel USB-C, dan pastinya softcase dengan kualitas yang menurut kami cukup bagus.

Layar 90Hz

OPPO A78 5G punya layar berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz untuk pengalaman visual yang mulus. Sementara fitur All-Day AI Eye Comfort dibenamkan untuk memberi kenyamanan mata dan perlindungan agar mata tidak cepat lelah.

OPPO A78 5G 1

Yang menjadi catatan kami adalah resolusinya yang masih HD+ saja. Di satu sisi, resolusi HD+ membuat kinerja menjadi lebih ringan dan lancar serta lebih hemat daya. Di sisi lain, konsumen yang sering membandingkan spesifikasi di atas kertas akan menilai ini sebagai sebuah kekurangan. Bagi kami, meski belum FHD+ layar ini masih terlihat tajam.

Soal audio, OPPO telah membenamkan speaker stereo pada A78 5G. Kualitas audionya standar saja, tapi cukup oke untuk sekadar menemani bermain games atau menonton video dari YouTube dan TikTok.

Kamera 50 MP

OPPO A78 5G 3

Beralih ke sektor kamera, OPPO A78 5G menawarkan kamera utama 50 MP yang ditemani kamera portrait 2 MP dan kamera selfie 8 MP di depan. OPPO juga melengkapinya dengan serangkaian fitur pencitraan cerdas seperti AI Portrait Retouching, AI Scene Enhancement, dan Ultra Night Mode.

Hasil fotonya cukup oke saat dilihat langsung pada layar A78 5G. Untuk kondisi cahaya yang ideal, kamera ini mampu menangkap detil dengan baik dan mereproduksi warna yang natural. Kalau ingin warnanya lebih hidup, aktifkan mode AI. Dynamic range-nya pun cukup memadai.

Auto (7)

Auto (6)

Auto (8)

Auto (9)

Portrait

Auto (3)

Memotret pada kondisi minim cahaya juga masih terlihat oke, asalnya tidak terlalu gelap. Mode malam bisa Anda aktifkan jika butuh hasil foto yang lebih terang. Namun kalau ingin nuansanya lebih kalem, cukup turunkan exposure pada mode normal atau Pro.

Night Mode (1)

2x Zoom Night Mode

Sangat disayangkan untuk sebuah ponsel dengan harga nyaris 4 juta rupiah, OPPO belum membekalinya dengan kamera ultrawide. Padahal, menurut kami lensa sudut lebar amat berguna untuk skenario pemotretan sehari-hari.

Sedikit membahas perekaman video, OPPO A78 5G hanya menawarkan resolusi maksimum di 1080p 30fps saja. Tidak ada opsi perekaman 60fps apalagi 4K.

Kinerja mulus, cukup oke untuk gaming

Untuk urusan performa, perangkat ini dipersenjatai chipset MediaTek Dimensity 700 5G yang didukung RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Fitur RAM Expansion tentu tetap tersedia untuk bisa menambah RAM hingga 8 GB lagi. Sedangkan untuk ruang penyimpanan ekstra, terdapat slot microSD hingga 1 TB.

Selama pengujian, kami menilai A78 5G mampu memberikan kinerja yang mulus untuk berbagai kebutuhan standar seperti komunikasi, media sosial, menonton video, dan sebagainya. Untuk gaming pun lumayan. Mobile Legends bisa dijalankan tanpa kendala. PUBG Mobile juga lancar dengan setting grafis yang tepat.

Baterainya sebesar 5.000 mAh dan punya ketahanan yang memuaskan untuk menemani aktivitas kami seharian penuh, bahkan hingga keesokan harinya Fitur-fitur penghemat baterai seperti All-Day AI Power Saving, Super Power Saving Mode, dan Super Night Standby kembali tersedia di sini. Teknologi charging 33W SuperVOOC mampu mengisi daya hingga 100 persen dalam waktu sekitar 1 jam saja.

OPPO A78 5G berjalan dengan sistem operasi ColorOS 13 berbasis Android 13. Pengguna juga akan menemukan beberapa fitur yang berguna untuk pemakaian sehari-hari seperti NFC, Flex Drop untuk multitasking yang lebih efisien, serta terjemahan tiga jari dengan Google Lens.

Kesimpulan

OPPO A78 5G merupakan smartphone dengan desain yang menawan dan cocok digunakan oleh pengguna casual yang membutuhkan perangkat 5G untuk chatting, update media sosial, foto-foto, hingga gaming ringan.

Bagi yang berminat, OPPO A78 5G dijual dengan harga Rp3.999.000. Pembelian bisa melalui Eraspace.com.

OPPO A78 5G
OPPO A78 5G
Smartphone ini cocok digunakan oleh pengguna casual yang membutuhkan perangkat 5G untuk chatting, update media sosial, foto-foto, hingga gaming ringan.
7.2
Cek Harga

Satu komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button