Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 12 Pro 4G yang Siap Dijual di Indonesia

Xiaomi Indonesia dalam waktu dekat akan meluncurkan smartphone baru untuk segmen menengah, yaitu Redmi Note 12 Pro 4G. Ya, ini adalah varian yang lebih terjangkau dari saudaranya, Redmi Note 12 Pro 5G, yang sudah lebih dulu meluncur beberapa waktu yang lalu.

Dari segi fitur dan spesifikasi tentu ada penyesuaian. Namun dalam artikel kali ini, kami ingin mengulas soal desain dan paket penjualannya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Desain khas Redmi Note 12 Series

Redmi Note 12 Pro 4G

Sama seperti anggota Redmi Note 12 Series lainnya, Redmi Note 12 Pro 4G mengusung bahasa desain yang kurang lebih sama. Tepiannya datar dengan sudut yang dibuat melengkung sedikit. Susunan kameranya berbeda dengan versi 5G.

Smartphone ini terasa cukup nyaman di genggaman. Pengoperasian dengan satu tangan pun mudah. Xiaomi memang merancang bodinya cukup tipis sehingga pas untuk masuk ke saku celana. Sekadar informasi, Redmi Note 12 Pro 4G punya rating IP53 yang artinya tahan terhadap cipratan air.

Redmi Note 12 Pro 4G 2

Di bagian depan terdapat layar AMOLED berukuran 6,67 inci Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Selama kami mencobanya, tampilan layar tersebut tampak jernih dan tajam, dengan tingkat kecerahan yang juga cukup baik untuk digunakan di bawah sinar matahari terik.

Redmi Note 12 Pro 4G 3

Seperti terlihat pada foto, layar ponsel ini sudah menggunakan desain punch hole. Bezelnya lumayan tipis, tapi di bagian dagu sedikit lebih tebal dibanding sisi lainnya. Tombol power dan volume berada di sebelah kanan. Sementara di bawah ada port USB-C bersama dengan lubang speaker.

Redmi Note 12 Pro 4G 4

Paket penjualan

Sejauh ini Xiaomi selalu memberikan paket penjualan yang cukup komplit pada setiap ponsel terbarunya. Redmi Note 12 Pro 4G pun demikian. Anda akan langsung disuguhkan charger 67W sesuai dengan teknologi pengisian dayanya. Selain itu softcase bening juga tersedia, dan layarnya telah dilindungi anti gores.

Redmi Note 12 Pro 4G 1

Tes kamera

Dalam acara hands-on experience di Jakarta, Rabu (24/5), Yangcanggih.com berkesempatan untuk mengulik sejenak kemampuan kamera dari Redmi Note 12 Pro 4G. Menurut Xiaomi, konfigurasi kameranya adalah sensor utama 108 MP f/1.19, sensor 8 MP dengan lensa ultra-wide 120 derajat, serta kamera makro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 16 MP di depan.

Berikut beberapa hasil foto menggunakan kamera Redmi Note 12 Pro 4G:

Redmi Note 12 Pro 4G (9)

Redmi Note 12 Pro 4G (8)

Redmi Note 12 Pro 4G (10)

Redmi Note 12 Pro 4G (12)

Pada kondisi cahaya yang ideal, terlihat hasil foto kamera utama sudah amat memadai untuk bikin konten di media sosial. Gambarnya tajam, warnanya pun cenderung natural. Untuk pemotretan indoor pun masih cukup baik tanpa harus mengaktifkan mode malam.

Redmi Note 12 Pro hadir dengan fitur filmCamera dan ProCut yang mendorong kreativitas dalam pengambilan gambar maupun video. Dengan fitur filmCamera, pengguna dapat mengambil foto atau video berkualitas 4K. Selain itu ada fitur ProCut memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memodifikasi video dengan mudah.

Spesifikasi dan harga Redmi Note 12 Pro 4G

Untuk spesifikasi lainnya, Xiaomi mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 732G. Baterainya sebesar 5.000 mAh, dan seperti disebutkan di atas, teknologi pengisian dayanya sudah 67W sehingga bisa penuh lebih cepat.

Soal harga masih tanda tanya, namun menurut bocoran Xiaomi, bakal bermain di kisaran 3 jutaan rupiah. Redmi Note 12 Pro 4G dijadwalkan meluncur pada 31 Mei 2023.

Redmi Note 12 Pro 4G 6

Kesan pertama

Kalau soal desain dan kamera, menurut kami oke-oke saja. Tampilannya modern, nyaman digenggam, dan untuk bikin konten foto maupun video pun cukup memadai. Dua hal yang menjadi catatan kami adalah chipset Snapdragon 732G yang lumayan lawas untuk ukuran ponsel keluaran tahun 2023, serta sistem operasinya yang masih Android 11.

Xiaomi memang menjanjikan update hingga 2 versi Android, tapi bagi kami tetap terasa kurang menggiurkan karena sebagian besar smartphone masa kini sudah langsung mengadopsi Android 13 sejak awal. Kalau Anda tidak masalah dengan dua hal tersebut, Redmi Note 12 Pro 4G layak ditunggu kehadirannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button