Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Nikon Z8: Bawa Spesifikasi Nikon Z9 dengan Bodi yang Lebih Ringkas

Nikon resmi mengumumkan kehadiran mirrorless full frame Z8. Kamera ini membawa semua teknologi Nikon Z9 sebelumnya. Tapi, dengan desain bodi yang lebih ringkas dan ringan.

Nikon Z8

Spesifikasi Nikon Z8

Z8 hadir dengan desain yang berbeda dengan Z9. Paling utama Z8 tidak dilengkapi vertikal grip seperti Z9. Absennya vertikal grip tersebut menjadikan dimensi Z8 30% lebih ringkas dari Z9.

Nikon Z8

Bobotnya pun berkurang signifikan. Bobot Z8 sekitar 910 gram. Sementara, Z9 di kisaran 1,34 Kg. Kendati demikian, bodinya tetap tangguh dengan rancangan tahan cuaca. Material bodinya mengusung magnesium alloy dan komposit serat karbon.

Di sektor spesifikasi Z8 berbagi spesifikasi dengan Z9. Kamera ini menggunakan sensor stacked BSI-CMOS full frame yang resolusinya 45.7 megapixel. Sensor tersebut disokong prosesor Nikon EXPEED 7.

Dengan spesifikasi yang sama di atas kertas Z8 menawarkan performa mirip Z9. Seperti misalnya kemampuam memotret tanpa henti yang sangat cepat di resolusi tinggi dan bisa rekam video hingga resolusi 8K.

Tapi, tetap ada perbedaan di antara keduanya. Di mode foto Z8 bisa memotret dengan format 10-bit HEIFF, 140bit RAW dan 8-bit JPEG. Z9 belum mendukung format HEIFF tersebut. Di mode foto Z8 juga mendapatkan dua tambahan fitur baru yakni Portrait Impression Balance dan Skin Softening. Kedua mode ini bisa digunakan untuk memotret orang dengan tonal warna kulit yang lebih baik.

Nikon Z8

Perbedaan lain ada di modus video. Meski sama-sama bisa merekam hingga resolusi 8K, durasi perekaman yang didukung keduanya berbeda. Z9 bisa merekam tanpa batas waktu di resolusi 4K dan video 8K dengan durasi hingga 2 jam.

Sementara, Z8 mendukung perekaman video 4K dengan durasi sekitar 2 jam dan terbatas hanya 90 menit di resolusi 8K. Kompromi ini cukup wajar. Dengan dimensi bodi yang lebih bongsor Z9 punya ruang ekstra untuk sistem manajemen pembuangan panas yang lebih baik. Dengan begitu durasi perekaman videonya jelas bisa lebih lama.

Kompromi lain ada di sektor baterai dan slot kartu memori. Dimensi Z8 yang lebih ringkas hanya menyediakan satu slot CFexpress dan satu slot kartu memori SD UHS-II. Di Z9 tersedia dua slot CFexpress Type B.

Baterai Z8 ukurannya lebih kecil dari Z9. Baterai yang digunakan EN-E15c. Sama seperti mirrorless Nikon Z6 dan Z7. Baterai ini bisa digunakan untuk memotret hingga sekitar 370 jepretan foto tanpa menggunakan jendela bidik elektronik dan mode Energy Saving aktif. Dengan skema penggunaan yang sama, baterai EN-EL18d yang lebih besar di Z9 bisa menghasilkan 770 jepretan foto.

Harga Nikon Z8

Nikon Z8 rencananya akan tersedia mulai 25 Mei 2023 dengan harga US$4000 atau sekitar 59 Jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button