Quantcast
Mobile GadgetAudio VideoReview

Review Adidas RPT-02 SOL

8.8
Cek Harga

Perkembangan TWS atau headphone nirkabel tidak selalu soal kualitas suara saja. Tapi, ketahanan daya baterai juga terus ditingkatkan. Untuk menjawab tantangan tersebut Adidas merilis RPT-02 SOL. Headphone nirkabel ini datang dengan fitur pengisian daya mengandalkan cahaya. Penasaran bagaimana performa? Simak ulasannya berikut ini.

Adidas RPT-02 SOL

Kelebihan Adidas RPT-02 SOL:

+ Desain modular dan bisa dicuci
+ Baterai tahan lama
+ Pengisian daya mengandalkan cahaya
+ Kualitas suara oke
+ Tersedia fitur EQ

Kekurangan Adidas RPT-02 SOL:

– Bobot agak berat
– Rancangan on-ear mudah terlepas untuk aktivitas olahraga intens
– Tidak dilengkapi fitur penangkal bising aktif atau ANC (Active Noise Cancellation)

Spesifikasi Adidas RPT-02 SOL:

Warna: Night Grey
Tipe Headphone: On-Ear
Driver: 40 mm
Respon Frekuensi: 20Hz – 20kHz
Impedansi: 32? +/- 15%
Konektivitas: Bluetooth
Baterai: Hingga 80 jam waktu pemakaian; 2 jam waktu pengisian
Berat: 256 g
Mikrofon: Ya
Tahan air: Ya IPX4
Aplikasi: Headphone adidas (iOS & Android)
Port: USB-C

Desain sporty minimalis

Adidas RPT-02 SOL

RPT-02 Sol datang dengan rancangan yang minimalis. Warnanya serba hitam. Jadi, tidak mudah kotor meski sering digunakan. Headphone ini masuk kategori on-ear. Berarti bagian earpad-nya tidak menutup telinga secara penuh.

Adidas RPT-02 SOL

Di bagian ear-pad tersebut bisa ditemukan dua tombol. Earpad kiri terdapat tombol aksi. Tombol ini bisa dikustomisasi. Tekan sekali untuk cek kondisi pencahayaan. Tekan dua kali atau tiga kali bisa diatur untuk tombol pintas ke asisten virtual. Atau, bisa diatur untuk tombol pintas ke aplikasi seperti Spotify dan Adidas Running.

Adidas RPT-02 SOL

Di sebelah kanan adalah tombol navigasi 4 arah. Atas dan bawah untuk mengurangi dan menambah volume suara. Sementara, depan dan belakang untuk maju atau mundur ke lagu yang ada di playlist.

Tombol ini juga berfungsi sebagai tombol on/off dan pairing. Untuk pairing hanya perlu tekan tombolnya beberapa detik saja. Tunggu hingga lampu indikator berubah warna biru dan headphone siap untuk disambungkan ke smartphone, tablet atau PC.

Adidas RPT-02 SOL

Pada bagian headband bisa ditemukan lapisan Powerfoyle. Lapisan inilah yang berfungsi untuk menyerap cahaya dan mengubahnya menjadi energi untuk mengalirkan daya ke baterai. Adidas juga menyematkan indikator berbentuk tiga lingkaran untuk mengetahui kondisi pencahayaan. Alternatif lain pengisian dayanya bisa mengandalkan port Type-C. Port ini bisa ditemukan di bagian kanan earpad.

Rancangan modular dan bisa dicuci

Adidas RPT-02 SOL

Sebagai headphone yang ditujukan untuk olahraga Adidas memilih material kain pada bagian headband dan earpad. Saat digunakan memang terasa lebih adem jika dibandingkan material kulit seperti headphone pada umumnya.

Anda juga tidak perlu khawatir saat headphone ini terkena keringat atau cipratan air. Pasalnya, rancangan bodinya sudah tahan air dan keringat dengan peringkat IPX4.

Fitur menarik lain adalah rancangannya yang modular. Bagian lapisan dalam headband dan earpad yang terbuat dari kain ini bisa dilepas pasang dengan mudah untuk dicuci. Jadi, bisa tetap higienis meski sering terkena keringat saat olahraga.

Cukup nyaman digunakan

Secara keseluruhan RPT-02 SOL terasa sangat kokoh. Bobotnya yang sekitar 256 gram memang bukan yang paling ringan. Tapi, masih cukup nyaman digunakan untuk olahraga atau menemani aktivitas sehari-hari.

Adidas RPT-02 SOL

Mengingat bobot dan desain on-ear yang diusungnya, headphone ini memang tidak untuk semua jenis olahraga. Dari pengujian kami kurang ideal untuk olahraga dengan beragam gerakan yang intens. Pasalnya, headphone ini akan mudah terlepas dari kepala. RPT-02 Sol lebih cocok untuk olahraga santai dengan tingkat intensitas rendah. Seperti misalnya, jalan, jogging, sepeda statis, Yoga dll.

Kualitas suara memuaskan

Reproduksi suara RPT-02 SOL mengandalkan driver berukuran 40mm. Untuk mengujinya kami menghubungkan headphone ini ke smartphone Huawei Mate 20.

Untuk prose pairing ke smartphone tergolong mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Adidas Headphone Adidas dari Play Store atau App Store. Setelah terinstall, Anda hanya perlu mengikuti semua arahan yang ada di aplikasi untuk proses pairing.

Adidas RPT 02 SOL 8

Untuk menguji kualitas suaranya kami memutar beragam jenis musik. Pertama, kami memutar HUSH – Weird Genius & Yellow Claw ft. Reikko versi remix Feel Koplo. Di lagu ini RPT-02 Sol kami acungi jempol. Kami bisa menikmati suara gebukan bass yang bertenaga tanpa mendominasi suara vokal. Beragam insturmen elektronik, gendang dan tamborin yang menjadi cir khas musik koplo di latar juga bisa terdengar sangat rapih dan jelas.

Lanjut ke lagu Psychosocial – Slipknot di lagu bergenre rock ini RPT-02 Sol juga masih tetap bisa diandalkan. Suara teriakan-teriakan dari sangat vokalis, efek gitar, bass dan gebukan drum semua bisa terdengar dengan jelas tanpa mendominasi satu sama lain dan membuat telinga terasa pedas.

Terakhir, kami mendengarkan lagu Raisa – Nyaman tak cukup. Di lagu ini RPT-02 Sol kembali bisa menghadirkan suara yang nyaman di telinga. Suara vokal Raisa terdengar sangat jernih. Suara vokal di latar dan instrumen pengiring di latar juga bisa terdengar dengan jelas.

Singkatnya, kami sangat puas dengan kualitas suara RPT-02 SOL. Di atas rata-rata headphone olahraga kebanyakan. Pada umumnya headphone untuk olahraga hanya mengutamakan fungsi dan fitur. Kualitas suara tergolong standar atau cenderung dominan di suara bass.

RPT-02 SOL tidak demikian. Headphone ini sanggup menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga. Karakter suaranya termasuk netral dengan komposisi bass, mid, high yang sangat berimbang. Menjadikannya sangat ideal untuk mendengarkan beragam jenis musik.

Karakter suaranya kurang cocok? Tenang saja, di aplikasinya tersedia fitur EQ. Adidas menyediakan enam opsi preset EQ (Adidas, Rock, Pop, Hip Hop, Electronic, Vocal Boost) dan satu opsi custom. Jadi, bisa mendongkrak performa suaranya agar sesuai dengan kapasitas telinga masing-masing pengguna.

Di aplikasinya ini Adidas juga langsug mengintegrasikan tombol navigasi yang terhubung langsung ke Spotify. Jadi, lebih praktis saat memutar musik di Spotify kendalinya semua bisa lewat aplikasi Adidas. Satu hal yang cukup disayangkan headphone ini belum dilengkapi fitur penangkal bising aktif atau ANC (Active Noise Cancelling).

Baterai tahan lama

Adidas RPT 02 SOL 7 apps

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? RPT-02 SOL menawarkan waktu guna total hingga 80 jam. Selama pengujian pun kami tidak pernah sama sekali kehabisan baterai. Pasalnya, panel Powerfoyle yang merupakan material sel cahaya di bagian headband-nya secara konstan akan menyerap cahaya dan mengisi daya baterai.

Cahaya matahari atau lampu ruangan bisa diserap untuk diubah menjadi energi. Jadi, memang tidak perlu lagi dukungan fitur isi ulang daya cepat seperti headphone lain. Singkatnya, selama bagian headband terpapar cahaya Anda tidak perlu khawatir baterai akan cepat habis. Daya baterainya ini juga bisa dipantau langsung lewat aplikasinya di smartphone.

Kesimpulan

Adidas RPT-02 SOL adalah jawaban untuk Anda yang mengincar headphone dengan waktu guna yang panjang. Patut diakui berkat teknologi Powerfoyle yang diusungnya headphone ini memang menawarkan waktu guna di atas rata-rata headphone nirkabel pada umumnya.

Kualitas suaranya juga memuaskan. Untuk Anda yang mementingkan kebersihan rancangan modularnya yang bisa dilepas pasang dan dicuci juga menjadi satu nilai tambah. Menjadikannya semakin ideal untuk teman olahraga dan aktivitas sehari-hari.

Denga harga jual Rp3.599.000 Adidas RPT-02 SOL kami rekomendasikan untuk para penggemar olahraga dan siapa saja yang membutuhkan headphone nirkabel dengan kualitas suara oke dan tidak ingin repot isi ulang baterai.

Kami rekomendasikan untuk para penggemar olahraga dan siapa saja yang membutuhkan headphone nirkabel dengan kualitas suara oke dan tidak ingin repot isi ulang baterai
8.8
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button