Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Samsung Galaxy S23 Ultra

Smartphone Android Tercanggih di Awal Tahun 2023

desain samsung galaxy s23 ultra lime
Review Samsung Galaxy S23 Ultra
Dengan segala fungsionalitas dan fasilitas yang masih dipertahankan seperti S-Pen, layar ekstra terang dan jernih serta desain yang elegan, Samsung Galaxy S23 Ultra layak dinobatkan sebagai smartphone Android tercanggih di awal tahun 2023.
Desain
8
Fitur
9
Performa
9
Kamera
9.5
Harga
8.5
Reader Rating2 Votes
9.4
8.8
Cek Harga

Samsung membuka tahun 2023 dengan meluncurkan smartphone flagship andalannya yaitu Galaxy S23 Ultra. Inilah penerus Samsung Galaxy S22 Ultra dengan beragam peningkatan seperti chipset terbaru yang diracik khusus untuk Samsung yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, sensor kamera 200 megapixel, serta pilihan warna baru.

Seperti apa performanya? Berikut ulasan YANGCANGGIH.COM tentang Samsung Galaxy S23 Ultra.

Desain flat dan ergonomis

Tampilan fisik Samsung Galaxy S23 Ultra identik dengan S22 Ultra, dengan konsep garis desain yang rapi dan bodi cenderung kotak dengan lengkungan halus di sudut-sudutnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari S23 Ultra adalah bobotnya. Dengan bobot 233 gram, ponsel ini termasuk yang paling berat di kelasnya. Ini berarti S23 Ultra sedikit lebih berat dibandingkan S22 Ultra yang “hanya” 228 gram.

desain samsung galaxy s23 ultra lime

Dengan layar berukuran 6,8 inci, ponsel ini punya dimensi yang lebih besar dari kebanyakan ponsel Android. Meskipun begitu, bodinya termasuk ergonomis saat digunakan dengan satu tangan sekalipun. Tentunya jika tangan Anda cukup besar untuk menggenggamnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan, mengingat lensa kamera belakangnya yang cukup besar, selalu ada kemungkinan jari akan “mampir” dan membuat lensanya kotor. Hal ini cukup sering terjadi ketika memegang ponsel untuk bermain game dalam posisi landscape. Namun ini mudah diatasi dengan memberikan case yang memiliki penutup lensa kamera.

Untuk kualitas layar, tidak ada yang perlu diragukan lagi. Layar Super AMOLED dengan resolusi QuadHD+ yang ada di S23 Ultra mampu menampilkan visual yang tajam dan kaya warna, serta memiliki tingkat kecerahan tinggi yang membuatnya dapat digunakan di bawah pancaran sinar matahari dengan cukup nyaman. Sebagai catatan, layar S23 Ultra dapat tampil lebih terang dan lebih redup dibandingkan layar S22 Ultra.

layar samsung galaxy s23 ultra

Layar S23 Ultra juga mendukung refresh rate adaptif hingga 120Hz. Fitur ini cocok bagi yang gemar bermain game. Dengan refresh rate tinggi, animasi di game terlihat halus dan bebas dari efek sendatan yang kadang mengganggu sebagian pengguna.

Tersedia pula fitur Vision Booster yang kini mendukung tiga tingkat pengaturan cahaya agar layar bebas silau saat digunakan di siang hari. Samsung juga menyediakan pengaturan seperti color tones dan tingkat kontras untuk memastikan tampilan layarnya sesuai dengan selera pengguna. Singkatnya, layar S23 Ultra merupakan yang terbaik untuk smartphone Android, baik dari sisi kualitas visual maupun fiturnya.

Hasil foto dan video amat baik

Fitur utama yang dijual Samsung dengan Galaxy S23 Ultra adalah kemampuan kameranya untuk merekam foto dan video. Ada empat kamera di belakang dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Kamera Utama: Sensor 200MP 1/1.3″ 0.6 micron pixels, lensa f/1.7, PDAF, AF, OIS
  • Kamera Ultra-wide: Sensor 12MP 1/2.55″, 1.4 micron pixels, lensa f/2.2, PDAF, AF, OIS
  • Kamera Tele 1: Sensor 10MP 1/3.52″, 1.12 micron pixels, lensa 3x optical zoom f/2.4, PDAF, OIS
  • Kamera Tele 2: Sensor 10MP 1/3.52″, 1.12 micron pixels, lensa 10x optical zoom f/4.9, PDAF, OIS

Fitur kamera yang diberikan cukup lengkap, mulai dari Night Mode, Pro Mode, Pro Video, Portrait, Panorama, hingga Slow-Motion dan Dual View Video. Samsung juga memberikan fitur Expert RAW untuk merekam foto dalam format RAW yang memberi keleluasaan saat menyunting hasil foto. User interface di aplikasi kamera juga tidak mengalami perubahan, sehingga pengguna ponsel Samsung akan langsung akrab menggunakannya.

Selama menggunakan kameranya, tidak terasa lag yang mengganggu kecuali saat memotret dalam mode 200 megapixel yang membuat ponsel terpaku selama 2 detik sebelum dapat digunakan lagi. Untuk mempercepat kinerja S23 Ultra saat memotret, Anda bisa memasang aplikasi Camera Assistant dari Samsung yang dapat mengatur kecepatan memotret serta mengatur beragam fungsi lain yang cukup berguna seperti pengambilan foto menggunakan timer otomatis serta pengaturan Auto HDR dan peralihan lensa otomatis.

Lalu bagaimana dengan kualitas fotonya? Kami mencoba memotret dengan setting default Samsung Galaxy S23 Ultra yang ada di setting foto 12 megapixel. Hasil foto pada mode 12 megapixel di kondisi cahaya ideal terlihat amat baik, dengan ketajaman, detil dan warna yang enak dilihat. Berikut contoh hasil foto S23 Ultra tanpa penyuntingan.

20230222_082027

20230222_133758

1x zoom, indoor

Untuk memotret foto 50 megapixel dan 200 megapixel, Anda harus memilih opsinya terlebih dahulu di menu. Dari pengujian, menggunakan mode 200 megapixel tidak menghasilkan foto yang lebih baik dibandingkan mode 12 megapixel. Dari pengujian, hasil foto 200 megapixel tidak setajam 12 megapixel. Berikut perbandingan foto 200 megapixel dan 12 megapixel dari S23 Ultra.

12 megapixel

20230222_072348

200 megapixel

200 megapixel

Memotret foto 200 megapixel juga menghasilkan file berukuran amat besar yang menyita ruang di memori internal ponsel. Sebagai catatan, keuntungan menggunakan mode 200 megapixel hanya pada saat ingin melakukan crop atau mencetak ukuran besar (dalam hitungan meter). Namun jika hanya sekedar mencetak 10R atau melihat hasil foto di layar ponsel atau komputer, resolusi foto 12 megapixel sudah lebih dari cukup.

Detil pada foto 12 megapixel terlihat lebih baik dibandingkan foto 200 megapixel, terutama di kondisi minim cahaya. Ini tentunya sejalan dengan konsep pixel binning yang diterapkan. Pada mode 12 megapixel, sensor akan menggabungkan 16 pixel menjadi 1 pixel berukuran lebih besar. Hasilnya pixel yang lebih besar itu akan lebih sensitif menangkap cahaya sehingga menghasilkan foto low-light lebih baik.

Berikut contoh hasil foto Samsung Galaxy S23 Ultra dalam kondisi minim cahaya.

20230221_201401

20230221_211319

Satu hal yang dijagokan Samsung adalah kemampuan zoom 100x. Dari pengujian, detil foto pada zoom 100x sudah cukup meningkat dibandingkan generasi sebelumnya. Namun masih jauh dari memadai untuk obyek seperti wajah manusia. Mode zoom 100x ini lebih cocok untuk memotret obyek dengan detil yang tidak rumit seperti papan nama, rambu lalu lintas, atau obyek sederhana lainnya. Berikut contoh hasil foto dengan zoom 100x.

100x zoom

Untuk hasil foto pada setting zoom optikal, yaitu zoom 3x dan 10x, hasilnya amat baik. Terutama di kondisi cahaya ideal seperti di luar ruangan pada siang hari, seperti terlihat pada contoh foto berikut.

3x zoom

3x zoom

10x zoom

10x zoom

3x zoom

zoom 3x

10x zoom

10x zoom

30x zoom

30x zoom

Di kondisi cahaya minim, seperti malam hari atau dalam ruangan dengan pencahayaan remang-remang, hasil foto zoom 3x dan 10x Samsung Galaxy S23 Ultra masih memadai untuk dibagikan ke media sosial atau dicetak dengan ukuran hingga 10R. Berikut contoh hasil jepretan Samsung Galaxy S23 Ultra di kondisi minim cahaya.

3x zoom

20230221_211200

10x zoom

10x zoom

Satu keunggulan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra terletak pada mode Portrait. Anda dapat memanipulasi efek bokeh setelah mengambil foto dalam mode ini. Berikut contoh hasil foto S23 Ultra dalam mode Portrait dengan efek Studio. Efek ini membuat wajah tampil lebih cerah dan tidak terlihat gelap karena efek bayangan obyek di sekitar.

20230222_181042

Mode Portrait juga bisa bekerja untuk obyek selain manusia, seperti ayam jago berikut ini.

portrait 3x

Kualitas video Samsung Galaxy S23 Ultra juga amat baik di segala kondisi cahaya, selama tidak menggunakan zoom digital. Berikut contoh video yang kami rekam saat konser Raisa di GBK dalam kondisi minim cahaya menggunakan lensa zoom.

https://www.youtube.com/watch?v=GfDC4qrDXSM&t=112s

Mode Pro Video juga memberikan pengaturan yang cukup lengkap, seperti pengaturan kecepatan shutter dan ISO serta mikrofon yang dapat disetel arahnya atau menggunakan headset Bluetooth. Juga ada fitur Super Steady yang amat efektif meredam efek guncangan tangan atau gerakan saat merekam video. Kami dapat berjalan cukup cepat sambil merekam dan hasil video akhir terlihat amat stabil tanpa efek guncangan yang mengganggu.

Kamera depannya juga mampu menghasilkan video yang memikat dengan tangkapan audio yang baik seperti terlihat pada contoh berikut.

kamera depan

Performa kencang

Satu hal istimewa terletak pada chipset yang digunakan. Samsung Galaxy S23 Ultra menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang dirancang khusus untuk S23 Series. Dipadukan dengan RAM LPDDR5 dan UFS 4.0 yang tercepat saat ini, S23 Ultra dapat menjalankan semua aplikasi dengan gegas.

s23 ultra PCMarkPonsel ini juga punya sistem manajemen panas yang efektif sehingga tidak pernah terasa sangat panas saat di genggaman. Dua skenario penggunaan yang membuat ponsel cukup hangat adalah saat menggunakan kamera untuk memotret dan merekam video dalam waktu cukup lama serta saat bermain game intensif. Selain itu, suhu ponsel tetap terjaga dan nyaman di genggaman.

Bagi penggemar game, S23 Ultra juga akan cocok digunakan untuk bermain game apapun dengan nyaman. Game berat seperti Genshin Impact, CarX Street dan sebagainya dapat dijalankan dengan nyaman. Suhu pada bodi ponsel juga terjaga sehingga tetap membuat main game berjalan dengan nyaman.

Satu hal yang patut diacungi jempol adalah ketahanan baterainya. Dari pengujian kami, baterai S23 Ultra bisa bertahan hingga 18 jam saat digunakan dengan pola pemakaian aplikasi perpesanan dan email amat sering, memotret dan media sosial cukup sering, serta menjalankan beragam aplikasi sesekali. Jika menggunakan kamera atau bermain game cukup lama, maka baterainya akan bisa bertahan sekitar 12 jam. Dari pengamatan kami, baterai S23 Ultra mampu bertahan sekitar 2 jam lebih lama dibandingkan S22 Ultra.

Smartphone flagship Android terbaik saat ini

Ada tiga peningkatan yang dibawa Samsung Galaxy S23 Ultra yaitu kualitas kamera, daya tahan baterai dan kinerja. Semuanya itu dirangkai dalam software dan UI yang lebih matang, serta nyaman dan mudah digunakan. Dari pengalaman kami menggunakannya, kemampuan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra memang layak mendapat pujian dengan peningkatan kualitas dan fitur jika dibandingkan S22 Ultra.

Yang menarik, harga S23 Ultra ini tidak berbeda dengan S22 Ultra. Berbeda dengan ponsel flagship lain yang generasi terbarunya dijual lebih mahal. Dengan segala fungsionalitas dan fasilitas yang masih dipertahankan seperti S-Pen, layar ekstra terang dan jernih serta desain yang elegan, Samsung Galaxy S23 Ultra layak dinobatkan sebagai smartphone Android tercanggih di awal tahun 2023.

Kelebihan Samsung Galaxy S23 Ultra

  • Hasil foto di semua lensa amat baik, terutama di kondisi cahaya ideal
  • Hasil video amat baik di berbagai kondisi
  • Penyetabil video bekerja efektif
  • Layar lebih terang sehingga cukup nyaman digunakan saat siang hari di  bawah sinar matahari
  • Speaker internal lantang dan jernih
  • Pilihan warna yang unik dan tidak pasaran
  • Ada S Pen yang berguna
  • Daya tahan baterai panjang, meningkat dari S22 Ultra
  • Bodi ponsel hanya terasa hangat saat bekerja maksimal

Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra

  • Bodi relatif besar dan berat
  • Lensa kamera terlalu besar sehingga sering tersentuh tidak sengaja saat main game atau menelpon
  • Zoom 100x hanya cocok untuk memotret obyek minim detil dan di siang hari
  • Penyetabil gambar saat merekam video hanya terbatas pada setting ultrawide dan 1x zoom
  • Batere cukup boros jika digunakan bermain game atau merekam foto dan video secara intensif
  • Pengisian baterai tidak secepat kompetitornya
  • Tidak ada adapter listrik di paket penjualannya

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Kamera
Harga
Final Score

Back to top button