Mobile GadgetNewsSmartphone

Deretan Fitur Baru Samsung One UI 5.1

Samsung One UI 5.1 pertama kali diperkenalkan melalui perangkat Galaxy S23 Series 5G. Sistem operasi terbaru ini menawarkan beragam fitur baru yang cukup menarik, dan diklaim dapat menunjang lebih banyak kreativitas, personalisasi, serta kenyamanaan penggunaan.

Fitur baru Samsung One UI 5.1

Samsung One UI 5.1
Photo Remaster

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (21/2), Samsung menjelaskan bahwa One UI 5.1 menawarkan peningkatan fitur kamera yaitu Expert RAW yang kini tersedia langsung melalui aplikasi Galaxy Camera. Cukup pilih’More’saat mengambil foto untuk mengambil bidikan berkualitas tinggi dalam format mentahnya.

Selain itu ada juga Photo Remaster, fitur berbasis AI yang secara otomatis dapat memperbaiki foto mulai dari meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, hingga membuat koreksi warna bahkan dalam adegan dengan cahaya latar. Fitur ini juga menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan.

Samsung One UI 5.1 Weather Widget
Dynamic Weather Widget

Fitur anyar One UI 5.1 lainnya adalah dynamic weather widget yang dapat menganalisis kondisi saat ini dan membuat desain khusus yang mencerminkan iklim. Fungsi Modes and Routines juga telah diperluas untuk mengaktifkan kustomisasi wallpaper, nada dering, sensitivitas sentuhan, dan huruf yang dapat mempersonalisasi aktivitas tertentu untuk kenyamanan lebih. Sementara Smart suggestions dapat merekomendasikan lagu dan playlist Spotify berdasarkan aktivitas pengguna, seperti musik untuk road trip atau relaksasi.

Samsung One UI 5.1 Smart Suggestion Spotify
Smart Suggestion

Yang tidak kalah menarik, pengguna dapat menikmati ekosistem yang terhubung di ponsel dan PC mereka dengan ekspansi Multi control antara Galaxy Book dan smartphone, termasuk memakai perangkat tambahan seperti mouse, keyboard, atau trackpad.

Samsung One UI 5.1 Multi Control
Multi Control

“One UI 5.1 adalah contoh terkini dari komitmen Samsung untuk menyediakan inovasi terbaru kepada pengguna Galaxy sesegera mungkin,” kata Janghyun Yoon, EVP and Senior Executive, Software Office.

Jadwal update Samsung One UI 5.1

Setelah Galaxy S23 Series, Samsung One UI 5.1 dijadwalkan mulai meluncur untuk berbagai perangkat Galaxy lainnya antara lain Galaxy S22 series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy S21 series, dan Galaxy S20 series. Dalam beberapa minggu mendatang, Samsung juga akan merilis update untuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button