Quantcast
Mobile GadgetNews

Qualcomm Snapdragon X75 Hadir untuk Dukung 5G-Advanced

Setelah Snapdragon X35, Qualcomm memperkenalkan dua modem terbarunya yaitu Qualcomm Snapdragon X75 dan Snapdragon X72. Selain untuk perangkat mobile, modem tersebut juga dirancang untuk kendaraan, PC, hingga perangkat IoT industri.

Fitur Qualcomm Snapdragon X75

Qualcomm Snapdragon X75

Menurut Qualcomm, Snapdragon X75 siap untuk mendukung 5G Advanced, yang diklaim sebagai fase 5G selanjutnya. Qualcomm membenamkan dukungan 10-carrier aggregation dan kemampuan downlink 10 Gbps baik melalui WiFi 7 maupun koneksi 5G.

Qualcomm juga menggunakan solusi modem-to-antenna generasi ke-6 yang memakai arsitektur baru, serta membawa modul antena QTM565 yang dapat menurunkan biaya produksi, kompleksitas board, hardware footprint, dan konsumsi daya.

Snapdragon X75

Dengan modem tersebut, ketahanan baterai bisa lebih lama lagi berkat dukungan fitur Qualcomm 5G PowerSave Gen 4 dan Qualcomm RF Power Efficiency Suite. Ada pula teknologi DSDA Gen 2 yang memungkinkan Dual Data pada dua SIM-card secara bersamaan. Sementara Qualcomm Smart Transmit Gen 4 memungkinkan upload jarak jauh yang lebih cepat dan andal.

Jadwal ketersediaan

Perangkat komersial yang dibekali Qualcomm Snapdragon X75 maupun Snapdragon X72 diperkirakan baru akan meluncur ke pasaran pada akhir tahun 2023 mendatang.

Sekadar informasi tambahan, Qualcomm sebelumnya juga mengumumkan kehadiran Snapdragon X35 5G Modem-RF System sebagai sistem 5G NR-Light pertama di dunia. Menurut Qualcomm, NR-Light merupakan kelas baru 5G yang mengisi kesenjangan antara broadband seluler berkecepatan tinggi dan perangkat NB-IoT dengan bandwidth sangat rendah. Yang menarik, perangkat NR-Light yang ditenagai oleh Snapdragon X35 dapat berukuran lebih kecil, lebih hemat biaya, dan memberikan daya baterai lebih lama dibandingkan perangkat broadband seluler tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button